Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional
Sudah Tahu Biaya Kuliah Jurusan Hubungan Internasional 4 Kampus di Australia Ini?
19 Oktober 2021
5 Budaya Amerika Serikat yang Sering Bikin Pelajar Indonesia Culture Shock
5 Budaya Amerika Serikat yang Sering Bikin Pelajar Indonesia Culture Shock
21 Oktober 2021

Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Desain Interior? Lihat di Sini!

syarat masuk jurusan desain interior

Source: Pixabay

Kalau kamu memiliki kreativitas tinggi dan menyenangi bidang desain, jurusan desain interior mungkin menjadi pilihan yang pas! Mahasiswa yang mengambil jurusan desain interior mempelajari cara mengubah ruangan menjadi nyaman dan estetis. Desain interior adalah perencanaan tata letak dan ruang di dalam bangunan. Desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati, dan mempertimbangkan kepribadian dari penghuni. Oleh karena itu, tujuan dari perancangan interior adalah pengembangan fungsi, pengayaan estetis, dan peningkatan psikologi ruang interior. Melihat pengertian di atas, dapat diartikan bahwa desain interior merupakan seni dan ilmu untuk memahami kebiasaan manusia di dalam ruang dengan tujuan untuk menciptakan ruang yang fungsional di dalam struktur bangunan. Aktivitas desain interior melibatkan tiga tahap, yakni perencanaan, mendesain dan mengeksekusi hasil rancangan. Seorang desainer interior harus dapat mewujudkan keinginan klien dalam waktu singkat dan dengan biaya minimum. Lulusan program sarjana desain interior akan mulai bekerja sebagai desainer junior dan harus banyak belajar dari desainer interior yang sudah berpengalaman. Desainer interior bertugas untuk membuat ruang interior fungsional, aman, dan indah dipandang. Mereka melakukan hal ini dengan menentukan kebutuhan ruang dan memilih barang-barang dekoratif seperti warna, pencahayaan, dan segala hal yang cocok mendekorasi suatu ruangan. Desainer interior akan membaca blueprint dan harus mengetahui kode bangunan, peraturan inspeksi, hingga standar aksesibilitas universal. Sebelum mengetahui syarat masuk jurusan desain interior, kamu terlebih dahulu perlu tahu jenis pekerjaan yang mereka lakukan. Sebagai seorang desainer interior kamu akan mencari dan menawarkan proyek desain baru, menentukan tujuan dan persyaratan klien untuk sebuah proyek, serta mempertimbangkan bagaimana ruang akan digunakan dan bagaimana orang akan bergerak melalui ruang tersebut.

Nah, sekarang ayo simak apa saja syarat masuk jurusan desain interior di bawah ini!

1. Suka Seni… dan Hitung-Hitungan

syarat masuk jurusan desain interior

Source: Pixabay

Syarat masuk jurusan desain interior yang pertama sangat mudah yaitu penjurusanmu bisa IPA atau IPS saat SMA. Yes, you heard it right, jurusan desain interior terbuka bagi kedua penjurusan tersebut!

Ini karena jurusan desain interior nggak sepenuhnya “seni” dan justru mengandung unsur teknik, lho! Pada dasarnya desain interior memerlukan baik ilmu teknik maupun ilmu seni, keduanya sama penting pada bidang studi ini. Kamu akan belajar soal warna, ruang, garis, titik, dan tekstur. Di  sisi lain, kamu juga akan bertemu dengan gambar teknik, tinjauan desain, dan bahkan konstruksi bangunan yang mengandalkan ilmu teknik. 

Jadi, kalau alasan kamu memilih desain interior untuk menghindari mata pelajaran yang berbau hitungan seperti matematika atau fisika, you’re in for a surprise! Kamu perlu tahu bahwa desain interior menggabungkan teknik, yang membutuhkan perhitungan angka, dan kreativitas. 

Desainer interior bekerja sama dengan arsitek, insinyur sipil, insinyur mesin, dan pekerja konstruksi dan pembantu untuk menentukan bagaimana ruang interior akan berfungsi, terlihat, dan dilengkapi. Desainer interior membaca cetak biru dan harus mengetahui kode bangunan dan peraturan inspeksi.

Selain itu, umumnya kamu juga akan mempelajari ilmu bisnis dan komunikasi jika mengambil jurusan desain interior. Selain membuat desain, desainer interior juga bertanggung jawab atas rencana dan gambar untuk konstruksi dan pemasangan. Ini mungkin termasuk rencana konstruksi dan pembongkaran, tata letak listrik, serta dokumen yang diperlukan untuk izin bangunan.

2. Skill Menggambar

syarat masuk jurusan desain interior

Source: Pixabay

Syarat masuk jurusan desain interior setelahnya adalah kemampuan menggambar. Meskipun syarat ini nggak mutlak karena mungkin beberapa universitas tujuanmu tidak mempermasalahkan kemampuan menggambar, tetap saja memiliki basic skills adalah keuntungan bagimu. Siapa tahu kamu masuk ke universitas yang mengharuskanmu memiliki skill lebih dalam menggambar. Untuk itu, sebaiknya mulai dari sekarang kamu mengasah kreativitas dan kemampuan menggambarmu.

Mulai dari hal-hal kecil seperti menggambar titik, garis, bidang, hingga benda bervolume. Asah kemampuan menggambarmu dengan setidaknya menggambar secara konsisten setiap hari. Hal ini akan membuat tanganmu terbiasa menggambar, serta melatih kemampuan dan kreativitasmu. Perbanyak referensi mengenai seni dan desain, maka kreativitasmu akan terbangun dengan sendirinya.

Skill menggambarmu terutama perlu dikembangkan dan dilatih karena beberapa universitas mungkin akan meminta contoh hasil desainmu sebagai salah satu syarat masuk jurusan desain interior. Kemampuan menggambar akan sangat berguna bagimu karena saat belajar desain interior kamu akan diminta membuat sketsa rencana desain awal, termasuk tata letak dan partisi. 

Meskipun beberapa sketsa atau gambar mungkin digambar dengan tangan, mayoritas desainer interior menggunakan perangkat lunak computer-aided design (CAD) untuk sebagian besar gambar mereka. Sepanjang proses desain, desainer interior sering menggunakan perangkat lunak building information modeling (BIM) untuk membuat visualisasi 3D yang mencakup elemen konstruksi seperti dinding atau atap.

3. Syarat Bagi Mahasiswa Internasional

Source: Pixabay

Di luar syarat masuk jurusan desain interior yang sudah dipaparkan di atas, jika kamu ingin berkuliah di luar negeri, pastinya ada beberapa persyaratan bagi mahasiswa internasional. Persyaratan ini berbeda-beda tergantung universitas internasional mana yang ingin kamu tuju. Namun, biasanya mahasiswa asing perlu memenuhi sejumlah persyaratan umum seperti GPA saat lulus SMA dan persyaratan bahasa Inggris yang diukur melalui skor TOEFL, IELTS, dan Pearson Test of English (PTE).  

Setelah tahu beberapa syarat masuk jurusan desain interior di atas, kamu perlu tahu alasan kenapa desain interior adalah bidang studi yang tepat untukmu!

Mengembangkan Keterampilan

Desain interior memungkinkanmu mengembangkan keterampilan kreatif dan bisnis. Kamu akan belajar bagaimana merancang sesuai dengan brief klien dan juga mempertimbangkan sisi keuangan, termasuk penganggaran atau budgeting suatu desain. Gambaran ini akan memantapkan perencanaan dan strategi bisnismu.

Mengembangkan Kreativitas

Source: Pixabay

Kalau kamu seseorang yang menyukai sesuatu yang kreatif atau seseorang yang selalu memperhatikan dekorasi rumah, maka jurusan desain interior cocok untukmu! Saat belajar desain interior, kamu akan melihat skema warna yang berbeda, memikirkan apa yang cocok, tergantung pada kebutuhan klienmu.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan