Syaraf manusia
Fakta Jurusan Biologi yang Bikin Banjir Peminatnya
12 Juli 2022
PTE Academic Test
4 Keunggulan PTE Academic Test Buat yang Mau Tes Bahasa Inggris
14 Juli 2022

Syarat Masuk Jurusan Kehutanan; Eksplorasi, Bukan Eksploitasi!

Pesona keindahan alam

Semua pasti setuju kalau kualitas kayu kita di dunia industri menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Salah satu faktornya adalah pengolahan industri hasil hutan yang bisa kamu dapatkan di jurusan kehutanan. Mulai tertarik? Eits, sebelumya kita cek dulu bersama yuk apa saja sih syarat masuk jurusan kehutanan biar jadi lulusan yang cinta akan alamnya!

Mungkin kamu akan berpikir, jika kayu-kayu pohon di hutan terus digunakan untuk keperluan industri, sama saja mendukung pembabatan hutan dong? Eits sebelum kamu salah kaprah, kamu harus memahami bahwa sekarang sudah ada pengelolaan Hutan Tanaman Industri dan ini legal adanya.

Dengan adanya Hutan Tanaman Industri kita bisa menyeimbangkan antara ketersediaan kayu untuk industri tanpa harus mengeksploitasi sumber daya alam yang ada.

 

BACA JUGA: Pengertian Hingga Prospek Kerja Teknik Lingkungan yang Wajib Kamu Tahu!

 

Syarat Masuk Jurusan Kehutanan

Nantinya, lulusan jurusan kehutanan akan banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja di alam bebas. Makanya, ada syarat yang harus kamu penuhi agar bisa beradaptasi dan menjadi lulusan Kehutanan yang bisa diandalkan.

1. Mencintai alam beserta isinya 

Ini tentunya jadi syarat wajib buat kamu yang mau masuk jurusan kehutanan. Karena kamu diharapkan akan berada di garda terdepan dalam merawat dan memelihara kondisi hutan, serta jadi yang pertama untuk melawan jika ada oknum yang berniat merusak alam kita.

syarat masuk jurusan kehutanan

Berbicara dengan ekosistem alam, kita akan melibatkan banyak hal. Mulai dari alam itu sendiri seperti hutan dan gunung, flora dan fauna yang bergantung pada kondisi alam, termasuk masyarakat asli yang tinggal di kawasan tersebut. 

2. Suka mengeksplorasi

Alam kita sangatlah luar biasa luasnya, dan sebagian belum sempat tereksplorasi. Kalo diliat, masih banyak hutan yang terbentang luas, hamparan padang rumput yang hijau, dan ribuan jenis flora di luar sana. Makanya, kamu harus punya jiwa eksplorasi yang tinggi nih!

syarat masuk jurusan kehutanan

Namun harus kamu ingat, selama proses eksplorasi, kamu juga harus mengutamakan keberlangsungan hidup flora dan fauna di sekitar kamu. Jangan sampai karena berniat mengeksplorasi, kamu malah merusak alam yang ada. Inget ya, eksplorasi boleh, tapi jangan eksploitasi!

3. Cepat mengambil keputusan

Selama perkuliahan dan di dunia profesional nanti, kamu akan sering berada di alam bebas untuk meneliti dan mengeksplorasi wilayah hutan dan seisinya. Sayangnya, alam tidan bisa kita prediksi kondisinya. Bisa jadi kamu harus menghadapi situasi berbahaya seperti kebakaran lahan, pohon tumbang, hingga tanah retak yang bisa memicu terjadinya longsor di lokasi sekitar kamu.

syarat masuk jurusan kehutanan

Itu mengapa kamu harus mampu berpikir cepat dan mengambil keputusan. Bukan hanya demi keselematan dirimu, tapi juga kelompok tim dan orang-orang di sekitar kamu. Selain belajar dari teori di dalam kelas, kemampuan berpikir cepat juga akan berkembang seiring pengalaman kamu berada di alam bebas. 

4. Bisa bekerjasama dalam tim

Sebagai orang yang sering bekerja di alam bebas, kamu harus bisa mengandalkan kerjasama tim dalam menyelesaikan suatu projek. Sebab, sulit rasanya jika hanya mengandalkan seorang diri saat berhadapan kondisi alam yang sangat luas dan penuh dengan ketidakpastian. 

syarat masuk jurusan kehutanan

Di sini, kamu harus punya kemampuan komunikasi yang baik agar alur pekerjaan bisa selesai sesuai rencana. Ingat, kamu berhadapan dengan kondisi alam yang bisa berubah. Artinya, kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal untuk tim kamu nih!

5. Kemampuan manajerial yang baik

Seperti kita bahas sebelumnya, karena kita akan mengelola lahan hutan yang secara administrasi milik negara, makan setiap projek kehutanan akan melibatkan banyak pihak. Di sinilah kamu harus mampu mengatur segala hal, mulai dari tahapan eksplorasi, perizinan, dan lain sebagainya.

Kamu harus mampu mengatur kelompok tim kamu dan kemampuan negosiasi di hadapan pihak pemerintah daerah. Satu hal lagi yang harus kamu ingat, kamu juga harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat adat setempat.

syarat masuk jurusan kehutanan

Seringkali, mereka merasa tidak terlibat dan mendapat informasi terkait projek yang melibatkan hutan yang jadi tempat tinggal mereka. Akibatnya, kesalahan informasi seperti ini yang bisa memicu konflik di antara mereka.

 

BACA JUGA: 5 Jurusan Unik yang Belum Pernah Kamu Dengar Sebelumnya

 

Agar dapat memenuhi syarat masuk jurusan kehutanan, kamu harus punya mental baja untuk terus belajar dan pantang menyerah. Setiap jurusan yang menuntut kemampuan eksplorasi menuntut kamu untuk punya jiwa yang tangguh agar mampu menyelesaikan studi dengan baik, dan mampu melanjutkan karir di bidang yang terbaik.

Kalo kamu masih bingung memilih universitas mana yang menawarkan Jurusan Kehutanan, terutama universitas di luar negeri, kamu bisa nih konsultasi bersama SUN Education. Berbagai informasi seputar program studi, program beasiswa, akomodasi mahasiswa, dan info menarik lainnya bisa kamu dapatkan. Soal biaya, tenang aja karena kamu bisa konsultasi secara GRATIS!

 

Cek juga SUN E-Guide Book untuk mencari tahu lebih jauh tentang informasi program beasiswa di universitas luar negeri. Kamu bisa akses langsung dari gadget kamu, kapan pun dan di manapun! Tambah seru lagi karena ini semua dijamin GRATIS! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Sumber foto: Unsplash

Tinggalkan Balasan