Kamu Pelajar ber-Visa Jepang dan ‘Stuck’ di Masa Pandemi? Coba Ikut ‘Virtual Tour’ Seru Ini!
11 September 2020
universitas teknik terbaik di jerman
10 Universitas untuk Belajar Teknik Terbaik di Jerman
22 September 2020

Syarat Mengambil S2 di Luar Negeri

syarat mengambil s2

Sumber: Freepik

Melanjutkan studi di luar negeri adalah keinginan banyak orang Indonesia, tidak hanya dari kalangan pelajar, namun juga profesional dan peneliti. Banyak orang yang di tahun-tahun akhir pendidikan sarjananya sudah berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri untuk tingkat pascasarjana. Namun tidak jarang juga orang yang sudah bekerja, tertarik untuk kembali melanjutkan studi demi peningkatan kualitas diri serta karir di kemudian hari. 

Sebelum kamu mematangkan rencanamu untuk melanjutkan studi pascasarjana di luar negeri, ada baiknya kamu mengenali dulu apa saja yang perlu kamu persiapkan. Terutama dari segi persyaratan dan akademis, sehingga kamu dapat menentukan pilihan negara, universitas serta jurusan yang sesuai dengan bakat, minat dan rencana masa depan. Nah, kali ini SUN Education akan berbagi mengenai syarat mengambil pendidikan S2 atau program master di luar negeri. 

Alasan Melanjutkan Studi ke Luar Negeri

syarat s2 di luar negeri

Sumber: Freepik

Jika kamu memahaminya dengan baik, keinginan kuliah di luar negeri jelas bukan hanya untuk gengsi dan keren-kerenan belaka. Berikut adalah beberapa alasan yang dapat meyakinkan dirimu mengapa kamu harus kuliah di luar negeri. 

Kualitas pendidikan yang lebih baik

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Indonesia bukanlah tempat terbaik untuk melanjutkan studi di banyak bidang tertentu, terutama di tingkat yang lebih lanjut setelah sarjana. Hal ini akan semakin terasa di tingkat yang lebih tinggi seperti PhD dan doktor. Banyak sekali bidang pendidikan yang masih terbatas di Indonesia, sehingga studi di luar negeri menjadi satu-satunya pilihan. 

Kesempatan pengalaman multinasional

Kamu mungkin tidak akan meragukan dirimu dalam beradaptasi di kota manapun di dalam negeri, tetapi bagaimana caranya tetap hidup dengan baik di negeri asing adalah sebuah tantangan tersendiri. Berada di tempat kamu menjadi mayoritas akan mempermudah hidupmu, namun pengalaman menjadi minoritas di tempat yang jauh jelas akan memberimu banyak pelajaran. Pada dasarnya, pengalaman kuliah di luar negeri juga bagian dari meningkatkan kualitas diri sendiri. 

Terbukanya peluang karir yang lebih baik

Pendidikan setelah sarjana umumnya sudah berorientasi kepada praktik dan aplikasi yang membuatmu banyak terlibat dengan industri. Hal ini membukakan peluang bagimu untuk membangun koneksi dan mencari celah untuk karir yang lebih baik di level global. Kesempatan ini jarang ditemui di Indonesia, mengingat pendidikan yang belum sepenuhnya terkoneksi dengan industri. 

Syarat Mengambil S2 di Luar Negeri

syarat s2 di luar negeri

Sumber: Freepik

Setelah mengetahui alasan mengapa kamu harus melanjutkan pendidikan pascasarjana di luar negeri, hal yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah persyaratannya. Hal ini akan membantumu untuk mempersiapkan diri, dan meningkatkan peluang untuk diterima nantinya. 

Menyelesaikan pendidikan Diploma atau Sarjana dalam bidang yang sesuai

Hal ini adalah persyaratan umum yang pertama dan utama untuk mengambil kuliah S2 di luar negeri. Alasannya adalah agar bidang yang kamu ambil sesuai dengan pengetahuan dasar yang sudah kamu terima di bangku sarjana, sehingga kamu tidak akan tertinggal atau kesulitan untuk memahaminya. Meski demikian, ada beberapa bidang yang tidak mementingkan kesesuaian bidang yang dipelajari sebelumnya dan yang ingin didalami selanjutnya. Secara umum, kamu perlu memiliki IPK 3.0 untuk bisa dengan bebas menentukan pilihan. 

Memiliki sertifikasi kemampuan bahasa Inggris dan ujian internasional tertentu 

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dituturkan secara luas di berbagai negara. Sebagai pelajar internasional, di mana pun negara tujuanmu, kamu wajib memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup. Umumnya adalah 6.5-7.0 untuk IELTS dan 90 untuk TOEFL. Selain itu, jurusan tertentu di negara tertentu bisa jadi juga mensyaratkan kemampuan lainnya seperti GRE dan GMAT. 

Pengalaman kerja di bidang yang relevan

Lalu apakah persyaratan akademik merupakan satu-satunya syarat agar dapat mengambil S2 di luar negeri? Tidak. Beberapa bidang di universitas tertentu juga menerima pengalaman kerja sebagai syarat penerimaan yang utama. Namun biasanya harus sudah berada di level manager atau setidaknya telah memiliki 5 tahun pengalaman kerja di bidang yang relevan dengan studi yang ingin diambil. 

Siap Melanjutkan S2 ke Luar Negeri?

Nah, itu dia persyaratan umum untuk mengambil S2 di luar negeri. Jika saat ini kamu masih sedang menempuh pendidikan sarjana, hal-hal tersebut sudah bisa kamu persiapkan sejak dari sekarang. Selain itu, kamu juga sudah dapat berdiskusi dengan SUN Education untuk merencanakan studi S2-mu di luar negeri. Hubungi SUN Education sekarang ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!