Salah Satu Proyek Horizon 2020 ini Dipimpin oleh University College Dublin
22 Juli 2019
University of Canterbury Mt. John Observatory: Satu-satunya Wisata Astronomi di Selandia Baru
22 Juli 2019

Tak Hanya Menarik, Prospek Studi ‘Cybersecurity’ Juga Dicari di Singapura

Setelah Singapura mengalami insiden peretasan data pribadi, perusahaan memiliki peningkatan demand akan individu dengan keterampilan dalam melindungi jaringan komputer.

Sumber: Freepik

Insiden peretasan sangat tinggi. Tak hanya kasus WannaCry dan Petya—Singapura juga sempat mengalami peretasan data pribadi warga negara sebanyak 1,5 juta orang. Peretas membobol pusat data kesehatan pemerintah dan mengambil data seperti nama, alamat, serta informasi tentang obat-obatan yang diberikan kepada pasien rawat jalan.

Dilansir dari Business Times (4/22/19), konsultan perekrutan bernama Robert Half mengatakan bahwa permintaan spesialis keamanan dunia maya sedang meningkat. Hal tersebut dikarenakan mulai meningkatnya kesadaran akan ancaman dunia maya dan pengenalan proses pengaturan baru untuk memerangi ancaman tersebut.

Sumber: Coventry University

Untuk kamu yang tertarik dengan pekerjaan di lingkup tersebut—ini adalah langkah bagus dalam memulai studi keamanan siber dan peretasan etis. Di Singapura sendiri ada PSB Academy. PSB Academy merupakan kampus swasta terkemuka di Singapura. Dikenal sebagai “The Future Academy”, PSB berhasil meraih penghargaan Education Institution of The Year oleh APAC Insider di tahun 2017. Mereka berfokus dalam menyajikan pendidikan berkualitas yang mampu mendidik dan membentuk individu agar mencapai yang terbaik secara pribadi dan profesional.

Sumber: Freepik

Salah satu program undergraduatenya—Bachelor of Science with Honours in Ethical Hacking and Cybersecurity, dikenal menjadi jurusan sains menarik yang ada di kampus tersebut. Dalam jurusan ini, siswa akan diberikan ilmu pengetahuan dan skill dalam memerangi kriminal siber serta melindungi keamanan aset. Pembelajaran mengenai manajemen keamanan komputer hingga penilaian ancaman keamanan juga akan kamu temukan saat menempuh studi dalam program ini.

Disamping itu, pembimbing akan mengajarkan pemahaman komprehensif mengenai topik keamanan spesialis seperti peretasan etis, forensik digital, dan juga algoritma enkripsi. Tentu saja—seluruh komponen pembelajaran tersebut penting untuk dipelajari karena nantinya berguna dalam menjaga dan mencegah penyalahgunaan akses data dalam sistem teknologi informasi.

Sumber: Freepik

Selain kualitas pengajaran yang bagus, Ethical Hacking and Cybersecurity sendiri akan membantumu menjadi lebih kritis, tekun, serta semakin handal dalam memecahkan masalah. Prospek kerjanya tentu penuh akan kesempatan—karena mulai banyak perusahaan berusaha mengamankan data-data pentingnya, saat itulah kemampuan yang kamu peroleh pasti akan dibutuhkan.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!