Lisa Mclaren, Lawan Perubahan Iklim Usai Lulus Dari Victoria University of Wellington
Lisa McLaren, Lawan Perubahan Iklim Usai Lulus Dari Victoria University of Wellington 
8 Juni 2022
Jurusan Engineering/Teknik
Engineering / Teknik
9 Juni 2022

7 Teknik Gampang Buat Improve English Speaking Skills

improve english speaking

Bahasa Inggris adalah lingua franca dunia, bahasa umum yang bisa digunakan orang dengan bahasa ibu yang berbeda untuk berkomunikasi. Nowadays, you need to be able to speak English. Biar nggak ketinggalan dengan perkembangan zaman dan selalu mudah berkomunikasi, you also need to improve English speaking skills.

Semakin lancar berbahasa Inggris, semakin banyak wawasan yang bisa kamu serap. Secara, bahasa Inggris adalah bahasa dunia! 

Bahasa Inggris telah menjangkau berbagai negara dan budaya, dan kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik akan membuka banyak pintu untuk karir dan kehidupan sosial. Semakin fasih berbahasa Inggris, semakin banyak percakapan yang menarik, mengasyikkan, dan berwawasan luas yang dapat kita lakukan.

Jadi kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik memungkinkan kita untuk mendapatkan pengalaman yang memperkaya hidup seperti bepergian, belajar, dan bekerja di luar negeri, nggak cuma di Amerika Serikat tetapi juga banyak negara lain di mana bahasa Inggris digunakan secara luas.

Daftar Isi (Klik Untuk Buka)

Cara Improve English Speaking Skill

1. Perluas Kosakata

improve english speaking

 

Tips paling gampang pertama untuk improve English speaking skill adalah dengan mempelajari kata-kata baru setiap harinya. Biar gampang, coba buat target yang bisa kamu raih misalnya pelajari tiga hingga sepuluh kata baru per harinya!

Bahkan kalo kamu cuma punya waktu untuk belajar satu kata per hari, it’s still worth to try. Dengan belajar satu kata baru per hari secara konsisten selama setahun, artinya kamu akan punya 365 kata bahasa Inggris baru pada akhir tahun nanti.

Beberapa sumber yang mudah dan bagus untuk menyerap kata-kata baru adalah melalui media berita, lagu, dan acara TV. Kalo kamu suka dengerin musik, coba deh perhatikan liriknya dan catat kata-kata yang belum pernah kamu denger sebelumnya! Lagu seringkali mengandung banyak kosakata, frasa, dan ekspresi yang berguna untuk dipelajari.

Selain itu, cara lain yang bisa kamu gunakan buat belajar kosakata baru adalah mempelajari kata-kata dalam frasa atau potongan lengkap. Misalnya nih, kalo menyebut minuman sebagai “a glass of wine”, “a pint of beer”, “a cup of tea”, atau “a pot of coffee“. 

 

BACA JUGA: 9 Rekomendasi Aplikasi Listening Bahasa Inggris Buat Kamu!

 

2. Tingkatkan Pelafalan

improve english speaking

 

Kamu mungkin udah tau banyak kata dan mengembangkan kosakata, tapi kalo kamu gagal melafalkannya dengan jelas, kata itu nggak bakal dipahami. Nah, biar nggak buang-buang waktu, kamu perlu pastikan untuk meningkatkan pelafalan bahasa Inggris-mu juga!

Saat menggunakan kamus online kayak Macmillan atau Merriam-Webster, manfaatkan simbol speaker kecil untuk memeriksa pengucapan dari kata-kata yang kamu sendiri belum yakin pelafalannya bagaimana.

Nggak sering pake kamus online? Bukan masalah! Banyak banget video tutorial pengucapan bahasa Inggris di YouTube atau podcast-podcast yang tersedia di banyak platform streaming. Menonton video yang dibawakan oleh English-speaking person itu penting untuk meningkatkan pelafalanmu karena kamu mendengar cara pengucapan dari native speaker.

 

3. Pelajari Alur Kalimat

improve english speaking

 

Tips improve English speaking skill selanjutnya adalah dengan mempelajari natural flow atau aliran alami dari bahasa Inggris. Kenapa ini penting? Karena mampu melafalkan kata-kata dengan benar itu bagus, tapi rahasia berbicara bahasa Inggris dengan lancar terletak pada alur kalimat.

Setiap kali kamu membaca buku, menonton film, atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris, coba perhatikan beberapa hal ini:

Linking

Perhatikan bagaimana native speaker menghubungkan kata-kata, mereka menggabungkan dua suara atau mengubah pelafalan agar alur kalimat lebih enak didengar.

Contractions

Contractions adalah bentuk singkat dari dua kata, misalnya:

  • I + am = I’m
  • he + will = he’ll
  • they + have = they’ve
  • do + not = don’t
Stress

Ada suku kata yang ditekankan dalam sebuah kata dan kata-kata yang ditekankan dalam sebuah kalimat. 

Rhythm

Ritme adalah hasil keseluruhan dari stres, kontraksi, dan hubungan. Ini adalah nada bicara, pengambilan nafas atau pemenggalan kalimat, dan bisa disebut sebagai “musical feature” dari bahasa Inggris.

 

4. Bangun Kepercayaan Diri

 

Salah satu hambatan terbesar untuk improve English speaking skill adalah kepercayaan diri alias nggak pede.  Ini pasti sesuatu yang semua orang yang mempelajari bahasa baru alami, dan salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berlatih terus-menerus.

One of the best ways is to try speaking English with strangers! Asah kepercayaan dirimu! You’re only as good as you think you are.

 

BACA JUGA: 6 Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris yang Paling Mudah

 

5. Speech Shadowing

 

Singkatnya, teknik ini intinya adalah imitasi. Kamu akan mencoba dengerin gimana native speaker mengatakan sesuatu dan kemudian mengimitasinya.

Pertama, coba pilih video favorit kamu yang punya opsi subtitle bahasa Inggris lalu dengarkan berkali-kali. Ulang-ulang terus sambil baca subtitlenya untuk memahami konten dan alur dengan baik.

Next step adalah untuk meniru pelafalan, alur bicara, intonasi per kalimat yang diucapkan narator. Imitasi atau ikuti pola bicara narator sebaik mungkin. Dengan shadowing ini, kamu secara alami bakal semakin terdengar sebagai native speaker deh!

 

6. Ngobrol Sama Diri Sendiri

 

Cobain deh ngobrol pada diri sendiri dalam bahasa Inggris secara keras atau out loud. Latihan ini bisa berupa apa saja dari saran seperti, “Shall we go get a glass of water?” atau pengingat kayak, “I need to go tidy up my room right now.”

Lebih lanjut, kamu juga bisa ambil buku dan baca beberapa halaman dengan lantang. Latihan ini mungkin memperlambat membacamu, tetapi akan mempercepat improve English speaking skills yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa lho rekam diri sendiri pas ngomong bahasa Inggris, mendengarkannya ulang dan cari tau apakah kamu melafalkan sesuatu dengan salah.

 

7. Berpikir dalam Bahasa Inggris

 

Jika kamu berpikir dalam bahasa Inggris, kamu akan butuh lebih sedikit waktu untuk menghasilkan atau merespons dalam percakapan sehari-hari. Nggak perlu terjemahan!

Cara yang baik untuk mulai kebiasaan ini adalah dengan membuat buku harian di mana kamu mengungkapkan pemikiran sehari-hari dalam bahasa Inggris. Nggak perlu sempurna, ini lebih tentang mengeluarkan pemikiran dalam bahasa Inggris dengan sedikit usaha.

Itu dia beberapa teknik gampang yang bisa kamu coba demi improve English speaking skills! Gampang banget dan bener-bener hanya membutuhkan latihan, usaha, dan konsistensi doang, nggak pake modal besar lainnya. 

Udah belajar sendiri tapi merasa kalo progress-nya dikit banget? Merasa butuh bantuan pihak profesional? Tenang aja! Semua persiapan bahasa Inggris baik untuk kepentingan personal, akademik, maupun profesional bisa dibantu oleh SUN English lho! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk meningkatkan kemampuan bahasamu. Yuk cepetan daftarkan diri di SUN English!

Kemampuan bahasa Inggris udah keren banget, sayang nggak sih kalo nggak dipake buat belajar di luar negeri? Cari tau kesempatan kuliah di luar negeri dan keuntungan yang bisa kamu dapat hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan