cyber security
Cyber Crime dan Cyber Security: Bukan Lagi Sekadar Bualan Science Fiction
29 Mei 2019
Monika Irene: Lingkungan UMass Lowell Navitas GSSP Sempurna Untuk Proses Belajar
29 Mei 2019

The Green Signpost: Lebih Dari Sekadar Mengeksplor Keindahan Alam Utrecht University

Sebagai universitas yang peduli terhadap keseimbangan lingkungan, Utrecht University (UU) memiliki tekad untuk menciptakan lingkungan yang bebas karbon dioksida di tahun 2030 mendatang. Kampus ini bahkan membentuk Green Office Utrecht (GOU) ̶  sebuah wadah untuk para siswa dan staf kampus dimana ide-ide keberlanjutan (keseimbangan ekologi) diciptakan, berbagai rencana disatukan, dan proyek-proyek diadakan dengan tujuan untuk membuat Utrecht University lebih ramah lingkungan.

Sumber: Utrecht University

Salah satu proyek mereka adalah The Green Signpost, yang diluncurkan pada tanggal 8 Mei lalu. Hasil proyeknya dapat dilihat di kawasan hijau sebelah perpustakaan Utrecht Science Park (USP). The Green Signpost ini didesain oleh seniman Ron dan Sil Bokje dan tidak hanya berupa plang saja. Disekitarnya juga terdapat bangku kotak yang terbuat dari kayu bertanda FSC ramah lingkungan. Bangku tersebut tentunya dapat digunakan oleh para pengunjung yang ingin beristirahat ketika tidak memiliki waktu lebih untuk mengunjungi tempat hijau lainnya.

Sumber: Utrecht University

Disamping itu, berbagai ruang terbuka hijau yang dapat dieksplor dimulai dari Ringed Snake Forest – Envirornmental Monitor, Biologist’s Forest ‘The Triangle’, Nightingale Grove, Utrecht Botanic Gardens, Amelisweerd, Oostbroek estate, hingga Tiny Forest, yang rencananya akan dilakukan penanaman pada musim gugur tahun ini. Para siswa dan staf kampus tentu dapat menikmati berbagai tempat hijau ini di sela-sela waktu istirahat mereka.

Sumber: Utrecht University

Michiel Scherrenburg, selaku Programme Manager Sustainability UU, mengatakan bahwa ia dan seluruh pihak kampus berharap The Green Signpost dapat menciptakan langkah-langkah selanjutnya yang mampu meningkatkan nilai ekologis dari area ini. Selain sifat Signpost yang dapat memberikan petunjuk bagi para pengunjung, tujuan dibalik proyek tersebut sebenarnya sangat bermanfaat. Karena tidak hanya membuat para siswa dan staf kampus memiliki pengalaman menyenangkan saat waktu istirahat, tetapi The Green Signpost juga memiliki dampak positif yang kedepannya dapat meningkatkan kesadaran mereka dengan memberikan pengetahuan lebih akan pentingnya lingkungan yang seimbang dan terjaga.

Comments are closed.