Apakah Kuliah di Luar Negeri Susah? Tips Ini Akan Mengubah Perspektifmu!
1 Oktober 2020
pengalaman kuliah s3 di luar negeri
Manfaat Punya Pengalaman Kuliah S3 di Luar Negeri
14 Oktober 2020

Ingin Kuliah di The University of Adelaide? Baca Informasinya di Sini!

university of adelaide

Sumber: katalyst.com

Australia merupakan salah satu destinasi studi yang paling diminati oleh pelajar dalam di tanah air. Salah satu alasannya adalah karena Australia merupakan negara berbahasa Inggris yang maju, namun tidak terletak begitu jauh dari Indonesia. Selain itu, pendidikan Australia juga sudah sangat maju dan terdepan, terbukti dengan banyaknya institusi ranking teratas di dunia berada di negara ini. Salah satu universitas terbaik di Australia adalah University of Adelaide yang terletak di Australia Selatan. 

Bagi kamu yang tertarik dengan University of Adelaide, kali ini SUN Education akan membuat rangkuman informasinya. Mulai dari sejarah singkat dan fakta universitas, fasilitas, program studi dan lain-lain. Jadi, simak informasinya sampai akhir ya!

University of Adelaide

university of adelaide

Sumber: college.adelaide.edu.au

University of Adelaide atau yang terkadang disebut Adelaide University, seperti namanya, adalah universitas yang terletak di Adelaide, South Australia. Berdiri sejak tahun 1874, universitas ini merupakan universitas tertua ketiga di Australia. Sebagai salah satu universitas terbaik di Australia, universitas ini juga termasuk salah satu yang terdepan dalam hal riset. 

Jumlah siswa yang terdaftar di University of Adelaide saat ini adalah sekitar 22.000 di mana 49% di antaranya adalah wanita. Pelajar Asia sendiri merupakan pelajar yang dominan di University of Adelaide, termasuk Indonesia. Alumni universitas ini juga banyak yang merupakan orang-orang penting dan terkenal, salah satunya adalah Robin Warren, seorang ahli patologi yang memenangkan nobel bersama Barry Marshall pada tahun 2005. 

Kampus dan fasilitas

University of Adelaide memiliki tiga kampus di South Australia yaitu North Terrace, Roseworthy, dan Waite, serta satu kampus di Melbourne, Victoria. Kampus utama North Terrace terletak di pusat kota Adelaide, berdekatan dengan Galeri Seni, Museum dan Perpustakaan Negara Bagian South Australia. Sebagian besar fasilitas dan kegiatan dilakukan di kampus utama, sementara kampus Roseworthy dan Waite lebih menjadi pusat untuk studi terkait pertanian. 

Sejak tahun 2016, fasilitas di ketiga kampus di South Australia mulai mendapat rencana peningkatan sarana. Peningkatan sarana ini termasuk penyediaan jalur untuk pesepeda dan pejalan kaki agar lebih nyaman dan aman bagi mahasiswa. Selain itu, berbagai fasilitas juga ditambah dan ditingkatkan seperti akomodasi dalam kampus, hingga fasilitas rekreasi, termasuk gym. 

Pendidikan 

Dalam hal fokus pendidikan, University of Adelaide memiliki lima fakultas yang masing-masingnya dibagi lagi menjadi beberapa sekolah. 

Faculty of Engineering, Computer & Mathematical Sciences 

– Australian School of Petroleum
– School of Chemical Engineering
– School of Civil, Environmental & Mining Engineering
– School of Computer Science
– School of Electrical & Electronic Engineering
– School of Mathematical Sciences
– School of Mechanical Engineering

Faculty of Health and Medical Sciences

– University of Adelaide School of Dentistry
– School of Medicine
– School of Nursing
– School of Public Health
– School of Psychology

Faculty of Arts 

– Elder Conservatorium of Music
– School of Humanities
– School of Education
– School of Social Sciences

Faculty of the Professions 

– School of Architecture, and Built Environment
– Adelaide Business School; School of Economics
– Adelaide Law School.

Faculty of Sciences 

– School of Agriculture, Food, and Wine
– School of Physical Sciences
– School of Biological Sciences
– School of Animal and Veterinary Sciences

Peringkat

Bicara mengenai peringkat, University of Adelaide termasuk dalam 150 besar di seluruh dunia dalam berbagai pengurutan peringkat. Berdasarkan data terbaru, University of Adelaide berada dalam peringkat #=106 dalam QS World, #=118 dalam THE, serta termasuk dalam 150 besar dalam ARWU World 2020. University of Adelaide juga termasuk dalam 10 besar universitas terbaik di Australia. 

Tertarik untuk melanjutkan studi di University of Adelaide?

the university of adelaide

Sumber: nextmedia.com.au

Diterima di salah satu universitas terbaik di Australia tentunya adalah kebanggaan tersendiri bagi pelajar Indonesia. Hanya saja, persaingan untuk dapat diterima seringkali sangat sulit dan kompetitif karena peminatnya juga sangat banyak. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di University of Adelaide, salah satu cara yang dapat kamu tempuh adalah mengambil program pathway atau program persiapan di University of Adelaide College. Kamu bisa mengkonsultasikannya dengan SUN Education, lho! Segera kunjungi cabang SUN Education terdekat atau hubungi 0821-3334-3536 ya!

Comments are closed.