Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika di Tahun Pertama di Singapura
Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika di Tahun Pertama di Singapura
19 Mei 2022
6 Keunikan Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu
6 Keunikan Negara Malaysia yang Wajib Kamu Tahu
23 Mei 2022

5 Tips Belajar Desain Interior untuk Pemula

belajar desain interior untuk pemula

Pernah nggak sih ngeliat suatu ruangan dan bener-bener takjub sama penataan furnitur bahkan sampe pencahayaan ruangan itu? Kalo iya, berarti kamu punya ketertarikan dengan desain interior! Lucky for you, kali ini SUN Education mau bahas 5 tips belajar desain interior untuk pemula. Read carefully ya!

Sebelum bahas lebih dalem nih, udah pada tau belum apa itu jurusan desain interior? 

 

BACA JUGA: Apa Saja Syarat Masuk Jurusan Desain Interior? Lihat di Sini!

 

Jurusan Desain Interior

Jurusan desain interior adalah jurusan yang biasanya termasuk dalam fakultas seni visual. Menurut penjelasan situs My Majors, dalam jurusan ini, kamu akan belajar prinsip dan teknik terkait perencanaan, perancangan, perlengkapan, dan perabotan profesional ruang interior pada area perumahan maupun komersial.

Jangan salah, desain interior nggak cuma bersinggungan dengan ngatur-ngatur furnitur doang! Sebagai mahasiswa desain interior, kamu juga bakal dapet ilmu cara menggunakan aplikasi komputer dan teknik grafis, hingga prinsip pencahayaan interior, akustik suatu ruangan, integrasi sistem dan koordinasi warna. 

Bahkan hal-hal seperti tekstil, gaya interior pada periode tertentu, sejarah desain interior, sampai penerapan pada ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda juga akan kamu pelajari! Contohnya, interior untuk kantor, hotel, pabrik, hingga restoran nggak mungkin sama kan?

So, in conclusion, desain interior fokus pada arsitektur dan perencanaan ruang. Kamu akan belajar cara menciptakan desain yang kohesif dan aesthetic untuk interior dengan beragam kegunaan.

Nah, to be a professional interior designer, you need a degree! Biar kamu dapet head start nih, baca terus untuk tau 5 tips belajar desain interior untuk pemula di bawah ini!

 

BACA JUGA: 10 Universitas Jurusan Desain Interior Terbaik di Dunia

 

Tips Belajar Desain Interior untuk Pemula

Mulai dari skema warna hingga jenis karpet yang cocok, dunia desain interior bisa terasa sangat sulit kalo kamu coba belajar semuanya sekaligus. Untungnya, emang ada beberapa tips desain interior yang bisa kamu pelajari dengan mudah sebagai pemula.

 

1. Bijak Berbelanja

belajar desain interior untuk pemula

 

Pas kamu baru mulai belajar atau bahkan berkarir dalam bidang desain interior, sebaiknya jangan terburu-buru memutuskan barang mana yang bakal jadi center piece atau item paling mahal dalam ruangan yang lagi kamu desain.

Tip yang perlu diingat adalah sebaiknya kamu mengeluarkan banyak biaya untuk perabotan seperti sofa atau tempat tidur—soalnya mereka adalah furnitur besar yang pasti menyita mata, jadi pastikan mereka terlihat bagus. Setelah menemukan item-item esensial, kamu bisa mengisi kekosongan ruangan dengan accent items dan dekorasi rumah DIY.

 

2. Jangan Lupa Pencahayaan

belajar desain interior untuk pemula

 

Kamar yang udah dirancang dengan baik bisa rusak hanya karena pencahayaan yang nggak tepat. Jadi, pastikan untuk memasukkan pencahayaan dalam budgeting kamu ya!

Jendela untuk dapet cahaya alami, lampu lantai, lampu di atas kepala, beberapa aksentuasi pencahayaan, hingga dinding dan furnitur putih bisa jadi cara yang bagus untuk membuat ruangan kecil lebih terang.

 

3. Gunakan Accent Pieces

 

Tips belajar desain interior untuk pemula selanjutnya berkaitan dengan accent pieces atau furnitur yang menonjol dari dekorasi atau gaya ruangan lainnya. Beberapa desainer interior umumnya fokus pada bagian-bagian “besar” dalam sebuah ruangan—seperti sofa, karpet, lemari pakaian, hingga meja—dan melupakan hal-hal kecil yang sama pentingnya.

Accent piece adalah cara yang bagus untuk membuat ruangan terasa lebih personal dan lebih menarik secara visual. Untuk itu, beri perhatian juga ada detail kecil kayak mangkuk, buku, dan dekorasi lain yang bisa kamu pakai untuk meramaikan rak dan meja kopi.

 

4. Room to Breathe

 

Bukan, “room to breathe” maksudnya bukan desain ruangan biar kamu bisa nafas dengan lega, tapi ini justru ditujukan buat furniturmu! Saat kamu membeli perabot baru, ada kecenderungan alami untuk mendorongnya sampe mepet ke dinding. Nah, justru hal ini bisa membuat ruangan terasa kaku dan datar.

A tip for you, jauhkan furniturmu seenggaknya beberapa sentimeter dari dinding untuk memberikan ruanganmu kesan yang lebih luas dan nggak sumpek!

 

5. Bukan Showroom

 

Sebagai mahasiswa desain interior, kamu pasti juga bakal coba bikin proyek pribadi dong! Iseng aja, nyoba-nyoba mengerjakan dekorasi dan interior rumah kamu sendiri. The best tip for you is not to treat it as a showroom.

Jangan coba buat rumahmu keliatan seperti foto katalog IKEA atau apa yang kamu lihat secara online. Kenapa? Foto-foto itu biasanya dimaksudkan untuk tujuan komersial dan memamerkan prinsip-prinsip desain dan furnitur sementara a home is meant to be lived in.

Daripada buat rumahmu jadi showroom, mending dekorasi rumah dengan beberapa perabot yang eklektik, unik, dan sentimental supaya kamu dapet keseimbangan sempurna antara desain cantik dan daya huni tinggi. 

Here we are finally, akhirnya udah tau kan soal tips belajar desain interior untuk pemula? Gampang banget dan bisa langsung kamu praktekkan saat belajar di universitas nanti!

Eits kamu bisa belajar desain interior di luar negeri lho! Penasaran soal pilihan universitasnya? Mending baca SUN E-Guide Book buat tau informasi terlengkap soal studi di luar negeri! Praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu akses dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Vogue HK, Architectural Digest, pinterest

Tinggalkan Balasan