pertanyaan wawancara beasiswa dan jawabannya
Udah Tahu Belum? Ini Dia Pertanyaan Wawancara Beasiswa dan Jawabannya
5 Agustus 2020
Kuliah Jurusan Akuntansi Susah Gak Sih?
5 Agustus 2020

Tips Lancar Berbahasa Inggris Sampai Jadi Fast-Learner!

tips lancar berbahasa inggris

Sumber: Freepik

Kita tentu tahu bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa yang global. Yup—bahasa ini merupakan bahasa internasional yang menjadi penghubung antara negara satu dengan lainnya. Memahami Bahasa Inggris sangatlah penting, terutama di era ini. Menguasai Bahasa Inggris akan memudahkanmu dari segi komunikasi menghadapi globalisasi, dan teknologi yang semakin berinovasi. Bahkan, kemampuan berbahasa Inggris bisa membawamu ke dalam jenjang studi yang lebih tinggi, menggapai karir di perusahaan besar atau yang qualified, dan juga lebih mudah saat mengunjungi luar negeri. Namun, beberapa orang masih menemukan kesulitan dalam mempelajarinya. Jika kamu merupakan salah satunya, jangan khawatir! Yuk ikuti secara konsisten rekomendasi tips lancar berbahasa Inggris berikut yang bisa menggiringmu sampai menjadi fast-learner!

Banyak Membaca

Sumber: Freepik

 

Kamu harus sering membaca literatur berbahasa Inggris agar semakin familiar dan bisa memperkaya kosakata baru loh. Dengan membaca teks berbahasa Inggris, kamu melatih otak dan daya pikir untuk lebih ‘akrab dan mengenal’ suatu kata dan strukturnya. Semakin sering dan banyak yang kamu baca, kamu akan semakin memahami secara luas bacaan serta arti yang terkandung dalam teks Bahasa Inggris tersebut.

 

Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

 

Yang satu ini sudah terkenal jitu dalam tips lancar berbahasa Inggris! Kamu pasti mengalaminya kan? Dengan memiliki playlist lagu berbahasa Inggris dan mendengarkannya, kamu dipastikan tidak hanya sekadar mendengarkan musik saja. Kamu akan tertarik untuk mengetahui lirik dan bahkan artinya. Kalau kamu sudah melakukan hal tersebut, good job! Tinggal maksimalkan saja. Untuk semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, kamu bisa mendengarkan liriknya baik-baik, mencatatnya, dan mencari tahu arti serta maknanya melalui kamus. Selain menambah tingkat listening kamu, kamu juga bisa memperkaya pengetahuan akan lexical choices.

Menonton Film Berbahasa Inggris

 

Menonton film berbahasa Inggris adalah salah satu cara menyenangkan dalam mempelajari Bahasa Inggris! Apalagi jika tema ceritanya menarik ataupun pemainnya adalah aktor favoritmukamu pasti semakin semangat kan? Nah, dengan menonton film berbahasa Inggris, kamu akan meningkatkan kemampuan listening, daya tangkap, dan juga memperkaya kosakata baru. Terlebih, akan jauh lebih baik jika menontonnya dengan subtitle Bahasa Inggris! Agar jika kamu sempat tidak memahami ucapan para pemain, kamu bisa menyimak text box yang berisi terjemahan dan dicatat untuk kemudian dipelajari.

 

Latihan Speaking!

 

Saat membaca buku, mendengarkan lagu, maupun menonton film berbahasa Inggris dan menemukan kata-kata asing yang tidak dimengerti, cobalah untuk catat dan lafalkan! Dengan cara ini, kamu tidak hanya menghafal kosakata baru, namun juga melatih cara pronunciation serta berbicara menggunakan bahasa Inggris. Terlebih, cara ini juga punya keunggulan sangat baik karena kamu jadi berkesempatan untuk memaksimalkan accent Bahasa Inggris!

 

Manfaatkan Internet untuk Belajar

 

Di internet ada banyak sekali situs atau platform untuk mempelajari Bahasa Inggris. Carilah sumber yang kredibel dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Selain kebanyakan bersifat gratis, kamu juga jadi lebih fleksibel saat mengaksesnya.

 

‘Make Friends and Learn’

 

Coba perhatikan sekitarmu, apakah ada teman, keluarga, atau kerabat yang fasih berbahasa Inggris? Nah, jika ya, disinilah kesempatan kamu untuk belajar lebih. Kamu bisa latihan speaking maupun bertukar knowledge mengenai Bahasa Inggris itu sendiri. Disamping itu, kamu juga bisa menjalin koneksi dengan orang-orang dari luar Indonesia maupun via online untuk melatih kemampuan berbahasa Inggrismu. Tidak perlu sungkan dalam berkenalan, kamu bisa mengatakan niat dan tujuanmu saat berkomunikasi bersama mereka.

 

Bergabung dalam Klub atau Komunitas

 

Dalam sekolah menengah hingga perkuliahan, kamu bisa menjumpai berbagai klub atau komunitas yang disediakan! Klub atau komunitas berbahasa Inggris ini sangat berguna sekali dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu. Kamu tidak hanya berkesempatan mempraktekan bahasa Inggris, tetapi juga memperbanyak kegiatan bersosialisasi maupun bekerjasama. Siapa tahu, kamu jadi punya proyek dalam mengerjakan sesuatu bersama kan?

tips lancar berbahasa inggris

Sumber: Freepik

Nah, itulah dia beberapa tips lancar berbahasa Inggris yang bisa kamu coba lakukan! Jangan lupa, kamu harus konsisten dan semangat dalam melakukannya ya.

Keep learning and do your practice!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat.

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!