kuliah ke luar negeri
5 Hal Penting Sebelum Kuliah ke Luar Negeri
12 Februari 2020
evan aditya
Talk the Talk: Alumni & Current Student Sharing Experience Evan Aditya S2 Di Amerika
12 Februari 2020

5 Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

tips memilih jurusan kuliah

tips memilih jurusan kuliah

Pendidikan tinggi adalah investasi waktu dan uang, sehingga kamu harus benar-benar memilih dan menentukan apa yang ingin kamu pelajari di tingkat ini. Akan ada banyak kerugian jika kamu salah memilih jurusan kuliah, mulai dari tidak menikmati perkuliahan, hingga benar-benar menyerah untuk melanjutkan studi. Oleh karena itu, kamu harus lebih teliti dalam mempersiapkan pendidikan di tingkat universitas dan perhatikan 5 tips memilih jurusan kuliah berikut ini ya!

5 Tips Memilih Jurusan Kuliah

tips memilih jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Setidaknya ada 5 hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih jurusan yang tepat sehingga kamu dapat menjalani perkuliahan dengan baik. Beberapa hal di poin-poin di bawah ini barangkali sudah bisa kamu pikirkan dan persiapkan sejak tahun 1 atau 2 SMA. Simak baik-baik ya!

1. Kenali kemampuan dan potensi diri

Hal paling pertama yang harus kamu kenali ketika ingin menemukan jurusan yang tepat untukmu adalah potensi yang kamu miliki. Bersamaan dengan itu, kamu juga harus mengukur kemampuan kamu baik secara akademik maupun non akademik. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu dapat mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri atau mencari suatu potensial yang kami miliki, misalnya prestasi atau pencapaian dalam bidang tertentu. Selain itu, kamu juga dapat mendengarkan pendapat teman-teman atau keluarga mengenai dirimu. 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Bagi yang sudah mengenali potensi yang dimiliki, maka kamu sudah selangkah lebih maju. Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan cara mengembangkannya menjadi prestasi dan pencapaian. Terutama jika kamu masih duduk di bangku kelas 1 atau kelas 2 SMA, kamu masih memiliki banyak waktu untuk mengukir prestasi yang membuktikan potensimu. 

2. Temukan passion atau ketertarikan terbesarmu

Cara memilih jurusan kuliah yang selanjutnya adalah mempertanyakan hal berikut:

“Apa hal yang paling membuatmu tertarik serta bergairah untuk melakukannya?”

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah hal yang disebut dengan passion. Untuk dapat bertahan dan mengerjakan sesuatu dengan baik dan mendapatkan hasil sempurna, kamu dapat menjadikan passion sebagai acuan pilihanmu. Tanpa passion, kamu mungkin bosan dan rentan kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu. Dalam perkuliahan, hal ini dapat menyebabkan terhambatnya proses belajar kamu. Kamu mungkin akan merasa lelah serta kehilangan motivasi untuk melanjutkan perkuliahan. Jadi, kamu harus mempertimbangkan hal ini ya!

3. Pertimbangkan cita-cita dan hobi

Jika kamu masih belum menemukan sesuatu yang ingin kamu pelajari, tips memilih jurusan kuliah sambil kerja selanjutnya adalah merenungkan kembali cita-citamu. Selain itu, sadari pula bahwa hobi seringkali adalah hal yang membuat kita selalu bersemangat dan bergairah. Hobi memiliki kaitan yang erat dengan passion, sehingga memang sangat pantas untuk kamu jadikan acuan dalam menentukan jurusan kuliah. 

Baca Juga : Bagusan Mana? Kuliah di Luar Negeri VS di Dalam Negeri

Sementara itu, cita-cita seringkali adalah hal yang memotivasi kamu untuk bergerak maju dan melangkah jauh. Meski terlihat sepele, kedua hal ini bisa jadi sangat membantu atau minimal memberi petunjuk. Jika kamu memiliki cita-cita yang konsisten sejak kecil, hal tersebut barangkali dapat kamu pertimbangkan untuk dijadikan bidang untuk kamu dalami.  

4. Pikirkan peluang karir

Potensi dan ketertarikan memang merupakan hal utama yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih jurusan kuliah. Namun, kamu harus mencoba untuk melihat apakah kedua hal tersebut dapat memberikan peluang karir untukmu di masa depan. Bagaimanapun, melanjutkan studi adalah investasi uang dan waktu yang akan kamu tuai suatu saat. 

Layaknya investasi, kamu tentu tidak ingin sesuatu yang tidak mendatangkan keuntungan, bukan? Selain itu, ilmu yang kamu dapat selama kuliah bertahun-tahun bisa jadi tidak terpakai dan terbuang sia-sia. Oleh sebab itu, pastikan jurusan yang ingin kamu ambil memiliki peluang karir yang jelas serta memiliki potensi yang bagus di masa depan ya!

5. Lakukan riset dan pencarian informasi

Jika semua tips memilih jurusan kuliah yang menjamin masa depan sebelumnya telah kamu lakukan, maka kamu akan mendapatkan gambaran bidang apa saja yang mungkin untuk kamu dalami. Setelah itu, kamu sudah dapat maju ke tahap selanjutnya di mana kamu harus mulai banyak melakukan riset. Kamu harus segera mencari tahu universitas mana saja yang menyediakan program sesuai bidang yang kamu inginkan. Selain itu kamu juga harus membandingkan suatu program dengan program lainnya di universitas yang berbeda. 

Baca Juga : Yuk, Intip Biaya Kuliah di Jerman!

Selamat Mencoba!

tips memilih jurusan kuliah

Sumber: Freepik

Meskipun baru duduk di tahun pertama SMA, kamu sudah bisa mulai untuk melakukan tips-tips memilih jurusan kuliah di atas agar kamu dapat lebih mempersiapkan diri. Semakin cepat kamu mengenali dan mempersiapkan segala hal, maka akan sangat membantu ketika sudah tiba saatnya kamu memutuskan kelak. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!