Test Passion
10 Desember 2019
SUN English Test
English Quick Test
10 Desember 2019

Tips Mengatasi Homesick

Saat harus memulai kuliah dan tinggal lama di luar negeri, biasanya pelajar merasakan homesick terutama yang belum pernah berpergian jauh dan harus tinggal dalam waktu lama sebelumnya. Meskipun segala sesuatu sudah dipersiapkan dengan matang, tetap saja rasa kangen rumah (homesick) itu pasti ada. Homesick terjadi karena perubahan lingkungan yang jauh berbeda dari lingkungan rumah, seperti keluarga, teman, budaya, makanan, dan lainnya.

Sumber: Freepik

Homesick itu wajar dialami para pelajar yang melanjutkan studi di luar negeri, terutama mereka yang baru menjalani tahun pertama sebagai mahasiswa. “Homesick pasti ada ya, tapi lama-lama bisa terbiasa sendiri dengan lingkungan kampus”, ujar Deasyana, salah satu alumni RMIT University, Australia. Tapi, homesick bukan alasan pelajar susah berkonsentrasi belajar. Sudah pasti orang tua kita akan lebih kecewa kalau kita tidak bisa belajar dengan baik hanya karena perasaan homesick. Untuk itu, kita sendiri yang harus mengatasinya dan melanjutkan studi dengan benar.

Nah, bagaimanakah cara untuk mengatasi perasaan tersebut? Disini kami sharing beberapa tipsnya:

1. Bergaul dengan teman-teman baru. Terutama teman-teman dari luar, kemungkinan mereka juga merasa homesick, jadi bisa sharing cerita dan pengalaman masing-masing.

2. Tidak lupa menghubungi orang rumah secara rutin baik telepon, email, chatting, video conference, atau lainnya.

3. Belajar adaptasi dengan lingkungan dan budaya baru.

4. Kembali ke daerah/negara asal kalau lagi ada waktu luang kuliah, misalnya sesudah selesai ujian semester.

5. Cari aktivitas di luar rumah, misalnya aktif di kegiatan kampus, berolahraga, ataupun keluar bareng teman.

6. Menganggap kampus sebagai rumah kedua, menyibukkan diri dengan kegiatan belajar di kampus.

7. Ubah suasana kamar seperti rumah sendiri jadi merasa betah. Dengan bisa mengatasi rasa homesick, diharapkan pelajar bisa fokus dalam belajar.

Comments are closed.