5 Alumni University of Exeter yang Keren Banget, Ada Penulis Terkaya di Dunia!
5 Alumni University of Exeter yang Keren Banget, Ada Penulis Terkaya di Dunia!
15 Desember 2021
Biaya Jurusan Komunikasi di 5 Kampus Top Inggris Ini Berapa, Sih?
Biaya Jurusan Komunikasi di 5 Kampus Top Inggris Ini Berapa, Sih?
17 Desember 2021

5 Tips & Trik Makanan Buat Mahasiswa Asing yang Belajar di Amerika!

makanan dari amerika

Source; Unsplash

College is difficult, that’s the truth. Pindah dari kampung halaman dan pergi ke luar negeri bahkan lebih sulit lagi. Untuk itu, perlu tau informasi menguntungkan yang bisa mempermudah perkuliahanmu. Contohnya kalau kamu mau belajar di Amerika Serikat, pasti kamu kudu tau tips dan trik makanan dari Amerika Serikat selama kamu kuliah di sana!

Menurut data dari Migration Policy Institute yang terbit pada awal 2021, lebih dari 1 juta siswa melakukan perjalanan ke Amerika Serikat setiap tahunnya untuk studi pendidikan tinggi mereka. Terlepas dari banyaknya pelajar asing yang tersebar di seluruh Amerika Serikat, kehidupan sebagai siswa internasional belum tentu mudah.

Kenapa, sih, penting buat tau tips dan trik makanan dari Amerika Serikat selama studi di negaranya? Makanan, pada dasarnya, berhubungan dengan banyak hal. Bukan cuma kesehatan dan keuangan, makanan bisa menjadi obat rindu kalau kamu lagi kangen rumhah, lho.

Banyak pelajar internasional yang menghadapi masalah kayak homesick, kesulitan keuangan, dan sulit beradaptasi dengan perubahan budaya. Semua masalah ini sebenarnya juga berhubungan dengan makanan!

Biar kamu bisa belajar di Amerika Serikat tanpa dihantui masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas, baca terus ya! SUN Education bakal share tips-tips terkait makanan dari Amerika Serikat buat pelajar internasional!

 

1. Plin-plan? Meal Plan Aja!

makanan dari amerika

Source: Unsplash

Tips pertama untuk makanan dari Amerika Serikat buat kamu yang sedang studi di sana adalah membuat meal plan atau rencana makan untuk seminggu ke depan.

College is all about being organized! Alih-alih “planning as going“, coba tetapkan dan membuat rencana terkait makananmu selama seminggu ke depan. Hal ini memungkinkanmu untuk membeli bahan-bahan yang hanya dibutuhkan dan menyisihkan dana untuk hal-hal lainnya. 

Pastinya bakal tetap ada hasrat spontan atau craving makanan lain, misalnya tiba-tiba kamu pengen banget makan pizza atau kebab. Ini sama sekali bukan masalah. Namun, kalau memiliki meal plan, kami nggak akan kesulitan memutuskan apa yang perlu dimasak dan dimakan setiap hari.

Selain itu, membiasakan diri membuat rencana semacam ini juga bisa jadi membantu memotivasimu untuk membuat rencana serupa untuk masalah akademis atau tugas-tugas kuliahmu!

 

2. Buat Anggaran untuk Makan di Luar

makanan dari amerika

Source: Unsplash

Sebagai mahasiswa, mungkin saja kamu bisa menghabiskan ratusan dolar untuk makan di luar kampus setiap minggunya. Ngerti, sih, pasti mudah kebawa suasana untuk menjelajahi area kampus setempat dan pergi makan malam setiap minggu dengan teman-teman. Tapiiii, gaya hidup seperti itu bisa makan banyak biaya, terutama jika kamu tinggal di kota, seperti New York.

Meskipun senang bisa makan di restoran, kamu harus ingat sebagai anak rantau, kamu harus bertanggung jawab secara finansial. Daripada makan di luar seminggu sekali, coba bataskan jadi sekali setiap dua minggu.

Atau alternatifnya kamu bisa coba tempat makan kecil yang mungkin lebih murah atau harganya lebih aman buat kantong mahasiswa!

 

3. Manfaatin Diskon!

Source: Unsplash

Selanjutnya, tips terkait makanan dari Amerika Serikat bagi kamu yang mau belajar di sana adalah maksimalkan potongan harga. There’s no shame in being a discount hunter! Mencari diskon atau menggunakan kupon potongan harga justru adalah strategi hemat yang pintar! Kalau makan di restoran atau tempat makan apa pun, coba cari tau dulu apakah mereka menawarkan diskon khusus pelajar. Sementara dengan kupon belanja di toserba, kamu bisa menghemat ratusan dollar per bulan dalam pengeluaran belanja makanan.

 

4. Mie Instan to the Rescue

Source: Unsplash

Mie instan memang jadi makanan darurat bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan. Sebagai makanan yang gampang ditemukan, murah, dan enak, nggak pernah salah untuk memilih mie instan sebagai makanan daruratmu.

Namun, ternyata banyak jenis makanan yang bisa kamu kreasikan dari mie instan lho! Dari menambahkan telur rebus dan kimchi, hingga ide-ide lebih ekstrim kayak pakai Cheetos. Coba explore dish apa yang bisa kamu coba hanya dengan mie instan aja! 

5. Manfaatkan Aplikasi Makanan

Siapa pun itu pasti pingin hemat uang dan brand-brand makanan tau akan ini. Untuk itu, banyak makanan cepat saji populer dan makanan pokok yang menawarkan diskon untuk menggunakan aplikasi seluler mereka.

Di era teknologi ini, semakin penting bagi brand untuk melakukan diversifikasi dan menjangkau pelanggan menggunakan berbagai metode. Nah, kamu bisa memanfaatkannya sepenuhnya jika memungkinkan. Misalnya, beberapa franchise cepat saji raksasa di Amerika Serikat akan kasih kamu potongan harga cukup besar kalau kamu sudah menyentuh batas minimal belanja mereka.

Itu dia beberapa tips dan trik terkait makanan dari Amerika Serikat bagi kamu yang berencana studi di sana! 

Bottom line is, pindah dari rumah untuk belajar di luar negeri memang nggak mudah, but it’s not impossible. Dalam hal makanan, ada banyak cara untuk beradaptasi di lingkungan baru dan tetap sukses secara akademis.

Dengan menggunakan tips di atas dan lebih banyak lagi yang kamu temukan, proses transisi kamu sebagai mahasiswa internasional akan lebih baik dan cepat. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan