TOEFL ITP Workshop 11 June 2022
11 Mei 2022
Ternyata Bisa Kuliah Jurusan-Jurusan Ini di Australian Catholic University!
Ternyata Bisa Kuliah Jurusan-Jurusan Ini di Australian Catholic University!
13 Mei 2022

Transportasi Umum di Kuala Lumpur Termurah di Asia Tenggara?

Transportasi Umum di Kuala Lumpur

Calon mahasiswa internasional pasti harus banyak riset soal negara dan kota tujuan studi nantinya, hal ini penting biar kamu nggak culture shock dan bingung saat nanti tinggal di sana. Sama halnya kalo kamu berencana kuliah di Kuala Lumpur, Malaysia! Kamu pasti harus cari tau mulai dari biaya hidup hingga hal-hal yang terkait dengan transportasi umum di Kuala Lumpur.

Tapi tau nggak sih kalo menurut studi, transportasi di Kuala Lumpur ternyata termasuk yang termurah di Asia Tenggara lho!

Ini bisa banget jadi salah satu faktor kamu memutuskan untuk kuliah di Kuala Lumpur. Soalnya, sebagai anak rantau pasti kamu akan cari cara untuk menghemat pengeluaran sebisa mungkin kan? Lumayan banget bisa cut some cost kalo jalan-jalan pake transportasi umum di Kuala Lumpur!

 

BACA JUGA: Transportasi Malaysia Yang Bisa Kamu Gunakan Saat Berkuliah

 

KL Paling Murah?

Menurut The Star, sebuah studi yang dilakukan oleh lembaga Taxi2Airport menyatakan bahwa Kuala Lumpur emang memiliki transportasi umum termurah di Asia Tenggara!

Laporan itu menyatakan bahwa harga rata-rata transportasi umum di Kuala Lumpur adalah RM3.00. Lebih lanjut, report Taxi2Airport juga menyebutkan bahwa perjalanan singkat di Kuala Lumpur biasanya memakan waktu RM0.95 sementara perjalanan jauh hanya merogoh biaya sebesar RM5.10.

Dengan biaya sebesar itu, emang nggak salah sih kalo bilang transportasi umum di Kuala Lumpur termurah di Asia Tenggara! Soalnya kalo dibandingkan, biaya transportasi umum di Singapura menyentuh RM4.35, RM4.40 di Bangkok, dan RM4.25 di Phuket.

Menurut laporan yang sama, secara global biaya transportasi umum di kota-kota besar rata-rata berkisar RM9.20. Lebih lanjut, laporan itu menyatakan bahwa bus, kereta, dan tram jadi moda transportasi umum yang paling populer digunakan di seluruh dunia.

Ngomong-ngomong soal moda transportasi umum, pasti kepo soal detil-detil transportasi umum di Kuala Lumpur? Yuk baca selengkapnya di bawah ini!

 

Need to Know: Transportasi Umum di Kuala Lumpur

 

KL Sentral Station

Transportasi Umum di Kuala Lumpur

 

Kalo kamu mau berkeliling Kuala Lumpur menggunakan kereta atau bus, KL Sentral akan jadi tempat utama untuk membiasakan diri! Stasiun ini berfungsi sebagai stasiun utama atau transit yang memungkinkan pendatang untuk berpindah ke hampir semua jalur kereta yang tersedia.

Biar nggak bingung, pastikan kamu udah tau rutenya ke stasiun mana yang agar transit kamu lancar.

KL Sentral juga merupakan stasiun yang paling muda diakses dalam hal mendapatkan informasi wisata lho! Di stasiun ini tersedia banyak konter  yang bisa memberikan informasi soal wisata di kota itu!

 

Tiket

Transportasi Umum di Kuala Lumpur

 

Tiket sekali jalan umumnya tersedia di mesin-mesin tiket dan konter yang ada. Nah umumnya konter tiket akan meminta uang pas jadi pastikan kamu punya uang pas terutama kalo kamu berencana pakai transportasi umum pas jam sibuk di stasiun-stasiun besar.

Kalo kamu berencana pakai transportasi umum untuk sebagian besar dari perjalananmu, sangat disarankan untuk nggak menggunakan uang tunai. Instead, kamu bisa beli kartu Touch ‘n Go seharga sekitar RM20 yang mencakup pembelian kredit sebesar RM10.

Kartu ini adalah smartcard prabayar yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan tap in dan tap out di mesin-mesin yang tersedia di setiap stasiun. Bahkan suka ada diskon lho buat pemegang kartu ini!

Nggak usah bingung, kamu bisa beli kartu Touch ‘n Go di bandara atau stasiun kereta besar di mana pun, serta bisa diisi ulang di sebagian besar gerai dan konter supermarket.

 

BACA JUGA: 7 Kota Dengan Transportasi Terbaik di Amerika Serikat

 

Jalur MRT

Transportasi Umum di Kuala Lumpur

 

Jalur Mass Rapid Transit (MRT) menjadi salah satu pilihan moda transportasi umum di Kuala Lumpur yang bisa kamu ambil! Dengan menggunakan MRT, kamu dapat dengan mudah mengakses beberapa tempat wisata seperti Museum Nasional dan Central Market.

MRT juga jadi pilihan banyak orang lainnya karena menyediakan akses langsung ke banyak mal, dan bahkan memiliki stasiun di Bukit Bintang yang merupakan pusat perbelanjaan besar di Kuala Lumpur.

Sebagian besar stasiun MRT besar punya jaringan terowongan bawah tanah dan layanan bus untuk menghubungkan jalur ke fasilitas sekitarnya. Biaya perjalanan berkisar antara RM1.10 hingga RM6.40. Harga lebih murah tersedia kalo kamu mengambil opsi cashless dari kartu Touch ‘n Go.

 

KTM Komuter

 

Mau berasa kayak warga lokal? Coba pake commuter rail system di Kuala Lumpur yang dikenal sebagai KTM Komuter. Emang sih, KTM Komuter nggak sepraktis MRT tapi kereta ini lebih banyak ditumpangi oleh penduduk lokal daripada turis.

Keuntungannya? It’s cheaper of course! Dengan naik KTM Komuter, kamu bisa hemat biaya ke berbagai destinasi yang terbilang jauh. Daripada naik bus wisata atau taksi, KTM Komuter jadi pilihan transportasi umum di Kuala Lumpur yang tepat buatmu!

 

GO KL City Bus

 

This is one of the easiest way to get around in KL! Kamu bisa banget pake GO KL City Bus, layanan bus kota gratis dengan empat rute yang mencakup sebagian besar tempat wisata utama Kuala Lumpur seperti Bukit Bintang, Chinatown, dan KLCC.

Bus warna pink ini pasti gampang ditemui! Kamu bisa naik GO KL City Bus di setiap pemberhentiannya dengan interval sekitar 15 menit sekali. Setiap bus udah full AC dan dilengkapi WiFi gratis pula! 

 

LRT

 

Selain MRT, transportasi umum di Kuala Lumpur lainnya juga mencakup Light Rail Transit (LRT) yang merupakan sistem transportasi umum yang paling banyak digunakan. Banyak yang menilai LRT sebagai pilihan terbaik untuk menjangkau sebagian besar wilayah Kuala Lumpur yang nggak begitu dekat dengan di pusat kota.

Stasiun LRT sering terletak di area populer di Kuala Lumpur dan berfungsi sebagai titik tengah  tetapi seringkali mereka nggak jadi stasiun transit yang menyediakan akses langsung. Jadi kalo berencana pakai LRT, kamu kemungkinan harus jalan agak jauh atau naik taksi/mobil ke tempat tujuan. 

 

Taksi/Aplikasi Online

 

Taksi di Malaysia punya reputasi buruk karena sering nggak menggunakan argo mereka dan menipu turis untuk bayar biaya yang tinggi banget. Maka dari itu, banyak orang Malaysia yang nggak  pakai taksi dan beralih ke aplikasi transport online seperti Grab atau Uber yang punya tarif fixed.

Kalo emang mepet dan harus pakai taksi, sebaiknya kamu menggunakannya dengan hati-hati. Sebelum naik taksi, tanya apakah pengemudi bisa mengantarmu ke tujuan dan apakah mereka menggunakan argo. Jika mereka coba barter, tolaklah dengan sopan.

Udah tau semua kan mulai dari harga, jenis, dan fakta-fakta lainnya soal transportasi umum di Kuala Lumpur? Jangan lupa untuk eksplorasi kota baru dengan hati-hati ya!

Untuk tau lebih lengkap dan banyak mengenai kuliah di Malaysia dan negara top lainnya, baca SUN E-Guide Book sekarang! Akses secara GRATIS dari gadget manapun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash, Wikipedia, thrculturetrip.com

Tinggalkan Balasan