negara dengan sistem pendidikan terbaik
5 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
9 April 2020
universitas di jepang dan jurusannya
Universitas di Jepang dan Jurusannya
13 April 2020

5 Jurusan S2 yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah mimpi bagi banyak orang. Setelah menyelesaikan program sarjana, ada yang lanjut untuk bekerja dan ada juga yang memutuskan untuk melanjutkan kuliah S2. Beberapa dari mereka memilih jurusan dengan beragam pertimbangan masing-masing. Mengingat sangat banyak jurusan S2 yang paling dibutuhkan alias in demand hingga saat ini, beberapa dari mereka ada yang mempertimbangkan alasan karir dalam memilih jurusan.

Sumber: Freepik

Selain karir, beberapa mempertimbangkan alasan ingin meningkatkan dan memaksimalkan kemampuan dalam bidang tersebut. Keduanya merupakan hal yang memang bisa didapatkan saat kamu tekun dan serius dalam menempuh studi S2. Saat melanjutkan pendidikan S2, kamu akan bertemu dengan banyak penelitian yang bisa mengembangkan kemampuan intelektual.

Selain itu, program pascasarjana juga termasuk tempat yang sangat bagus untuk menjalin koneksi baru. Kamu akan berdiri dalam sebuah kelompok untuk mengerjakan suatu proyek tertentu. Tentunya ini adalah hal baik karena koneksi yang terjalin di masa studi S2 bisa jadi mampu membuka jalan kamu dalam menempuh karir.

Sumber: Freepik

Memiliki gelar Master pun akan membuat kamu dilirik oleh banyak perusahaan. Perusahaan mampu menyadari bahwa kemampuan serta wawasan yang kamu miliki merupakan nilai unggul yang membedakanmu dari yang lain. Karena pengambilan jurusan kuliah S2 harus memperhatikan motivasi serta kepedulian dengan problema terkini yang ada, kamu perlu memutuskan baik-baik sekiranya apa yang dibutuhkan saat ini serta apa kebutuhan dunia kerja pada masa mendatang.

Jika masih bingung dengan preferensi, dibawah ini ada 5 jurusan S2 yang paling dibutuhkan dan bisa membantumu dalam menentukan pilihan!

Engineering

Engineering adalah salah satu gelar pascasarjana paling populer hingga di tahun 2020. Dalam dunia kerja, permintaan insinyur profesional ataupun engineering graduates memang meningkat setiap tahun. Bagaimana tidak? Berbagai jurusan teknik selalu lekat dengan perusahaan, bahkan start up, ataupun industri. Mulai dari infrastruktur, mesin untuk efisiensi, manufaktur, sistem manajemen industri, telekomunikasi, robotik, hingga energisemuanya memiliki keterkaitan dengan teknik.

Hampir seluruh universitas di dunia juga menawarkan banyak spesialisasi di bidang Engineering. Kamu bisa memilih untuk melanjutkan S2 di bidang Mechanical Engineering, Electrical Engineering, Biomedical Engineering, ataupun spesialisasi teknik lainnya. Karena perusahaan mencari calon pekerja dengan kemampuan yang mumpuni, disinilah kamu dengan seluruh wawasan serta skill yang didapatkan semasa S2 akan dicari dan dibutuhkan!

Computer Science

Kita hidup di era digital. Dengan dunia yang semakin tergantung pada komputer dan teknologi canggih, permintaan akan lulusan Computer Science selalu tinggi. Orang-orang dengan gelar ini memiliki keterampilan khusus yang memungkinkan mereka untuk bekerja dalam beragam industri yang melakukan berbagai fungsi. 

Mereka dapat berfungsi sebagai personel dukungan teknis atau bekerja di departemen TI di perusahaan besar. Contohnya saja seperti perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia, alias startup berbau teknologi sedang berkembang pesat. Terlebih dengan Indonesia yang mulai mendorong kemajuan industri kreatif berbasis teknologi, dibutuhkanlah para pekerja dengan keahlian yang mumpuni.

Untuk alasan ini, sebagian besar universitas banyak yang menawarkan bermacam-macam spesialisasi Computer Science seperti; IT Security, Video Games & Multimedia, Data Science, dan lainnya.

Business

Prinsip ekonomi tidak akan pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Dengan bisnis, penerapan keduanya tentu juga akan selalu digunakan dan dibutuhkan sampai kapan pun dalam setiap aspek dan industri tanpa terkecuali. Oleh karena itu, bisnis selalu menjadi salah satu bidang yang terus dan tetap dibutuhkan hingga detik ini.

Untuk kamu yang menyenangi bidang bisnis bisa menggeluti bidang ini di tahap S2. Kamu bisa memilih jurusan master seperti Marketing, Risk Management, Supply Chain and Logistics, Digital Economy, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan maupun rencana fokus karir kedepannya.

Design

Bidang desain adalah bidang yang hingga saat ini high demand dan kompetitif. Sesuatu yang attractive tentu bisa menarik banyak minat dan hal tersebut berguna sebagai kebutuhan brand maupun market. Bagi kamu yang bersemangat dengan seni, suka mengutak atik model, atau membuat sesuatu serta mempercantik dan membuatnya terlihat appealing, Design bisa menjadi pilihanmu.

Banyak lulusan dari berbagai spesialisasi Design yang dicari-cari oleh perusahaan saat ini. Mulai dari desainer visual, konten, hingga desainer busana. Kamu yang passionate dengan estetika visual bisa memilih jenis spesialisasi sesuai keinginan, seperti; graphics designer, advertising editor, fashion designer, visual artist, dan masih banyak lagi.

Hospitality

Hospitality masuk dalam jurusan S2 yang paling dibutuhkan! Jurusan ini punya prospek karir yang menjanjikan. Selain merupakan bisnis yang berkembang pesat, hospitality juga merupakan bagian dari gaya hidup banyak orang. Cakupannya pun luas. Tidak hanya perhotelan, tetapi juga travel, tourism, culinary, dan event

Jika kamu sudah berpengalaman bekerja di bidang pariwisata, ataupun tertarik dengan gagasan untuk berkarir di bidang ini, kamu bisa mulai mempersiapkan diri untuk  gelar Master di bidang Pariwisata dan Perhotelan. Kalaupun kamu lebih tertarik untuk mengatur perjalanan maupun kuliner bisa memilih travel atau culinary.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.