biaya kuliah jurusan kedokteran hewan
Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Hewan Kira-kira Berapa Ya?
23 Agustus 2020
kuliah luar negeri dengan biaya sendiri
5 Destinasi Terbaik untuk Kuliah Luar Negeri Biaya Sendiri
25 Agustus 2020

Biaya Kuliah di Luar Negeri Mahal? Tidak di 7 Negara Top Pendidikan Ini!

Sumber: Freepik

Mengemban studi hingga di negeri luar merupakan impian bagi banyak insanjuga mungkin, kamu yang sedang membaca ini adalah salah satunya! Disamping begitu banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan mengambil pengalaman studi di luar, beberapa pelajar masih banyak yang ragu untuk melangkah jauh karena pertimbangan beberapa hal. Biaya kuliah di luar negeri adalah salah satu concernnya.

Sumber: Freepik

Well, faktanya, tidak semua negara memiliki biaya kuliah yang mahal loh, teman-teman! Percaya gak percaya, masih ada banyak negara dengan biaya kuliah sekaligus biaya hidup murah untuk kuliah. Bahkan, beberapa negara tersebut dikenal dengan kualitas pendidikan yang gak main-main. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih dan bisa menamatkan studi di negara tersebut! Nah, biar move on dari biaya kuliah di luar negeri yang pricey, kamu bisa memutuskan pilihan dengan rekomendasi 7 negara  top pendidikan termurah berikut ini!

Norwegia

Norwegia adalah salah satu destinasi studi di Eropa yang meraih banyak apresiasi. Universitas di Norwegia menawarkan program studi berbahasa Inggris yang bervariasi, pengajaran berfokus pada interaksi siswa, proyek independen, dan fasilitas teknologi terkini. Soal biaya kuliah, negara ini dijuluki sebagai negara yang memiliki biaya kuliah termurah! Mengapa? Karena pemerintah negara ini menerapkan pendidikan gratis di tingkat apapun dan bagi siapa saja. 

Bagian terbaiknya, hal tersebut pun berlaku untuk mahasiswa internasional, dimana kamu hanya perlu membayar uang administrasi sebesar 600 NOK atau setara dengan Rp 1 juta per semester. Universitas swasta di Norwegia juga termasuk memiliki harga yang terjangkau, yaitu berkisar antara 7.000 – 19.000 EUR/tahun atau 123 hingga 334 juta rupiah per tahun. 

Jerman

Sumber: Freepik

Jerman dikenal memiliki kualitas pendidikan dan universitas-universitas terbaik dunia. Sama seperti halnya Norwegia, biaya kuliah di negara ini terhitung murah dan bahkan ada yang gratis! FYI, hal tersebut dilatarbelakangi oleh filosofi Jerman yang meyakini bahwa pendidikan tinggi harus terjangkau dan mudah diakses.

Pemerintah Jerman menawarkan biaya pendidikan yang sangat terjangkau sekitar 7 hingga 8,5 juta rupiah per tahun. Biaya terjangkau tersebut diperuntukkan baik bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Bahkan, beberapa universitas menawarkan program kuliah gratis khusus mahasiswa undergraduate atau S1.

Spanyol

Pelajar internasional dari seluruh dunia juga banyak yang mengincar negara ini. Sistem pendidikan Spanyol diatur dan dilaksanakan dengan baik serta dirancang untuk memberikan kesempatan belajar yang maksimal kepada siswa dari seluruh tingkatan. Selain itu, iklim Mediterania, destinasi indah, dan budaya lokal membuat berkuliah di negara ini menjadi menyenangkan dan disenangi oleh para mahasiswa internasional.

Mahasiswa internasional dapat belajar di Spanyol dengan mengeluarkan biaya cukup terjangkau sekitar 700 hingga 1,500 USD (10 hingga 22 juta rupiah) per tahun. Biaya dibebankan pada ‘per kredit’ dasar dan bisa lebih tinggi di tingkat pascasarjana. Meskipun begitu, kamu bisa mudah mendapatkan bantuan finansial berupa berbagai jenis beasiswa dengan persyaratan yang berlaku.

Belanda

Sumber: Freepik

Belanda adalah negara dengan kualitas pendidikan tinggi berkelas dunia. Termasuk sebagai negara dengan biaya kuliah yang terjangkau, beberapa kota seperti Den Haagsalah satunya, merupakan destinasi yang baik untuk bidang studi seperti keadilan, politik internasional, dan ekologi.

Karena biaya kuliah di Belanda tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara berbahasa Inggris lainnya, kamu bisa mengeluarkan sekitar 1900 hingga EUR 15.000 atau 33 hingga 264 juta setiap tahunnya, tergantung pada universitas dan program studi.

Rusia

Seiring kualitas pendidikan di Rusia yang terus meningkat, semakin banyak siswa internasional memilih negara ini sebagai tujuan studi. Banyak universitas Rusia menyediakan pendidikan bernilai tinggi dan biaya hidup di sebagian besar kota Rusia cukup rendah, menjadikan Rusia salah satu negara paling terjangkau bagi siswa internasional. 

Pendidikan tinggi di Rusia juga relatif terjangkau karena biaya masuknya dapat dikatakan murah. Kamu dapat merogoh kocek hanya sekitar 5 hingga 17 juta per tahun. Selain itu, kamu bisa mendapatkan kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Rusia seperti beasiswa maupun pertukaran pelajar bagi masyarakat dunia yang ingin mempelajari budaya Rusia.

Perancis

Kamu juga pasti sudah sering mendengar kalau Perancis dikenal memiliki sejarah yang kuat sebagai penyedia pendidikan terbaik dunia. Negara ini menjadi salah satu destinasi populer untuk kuliah di luar negeri karena salah satu halnya yang menawarkan biaya kuliah yang murah jika dibandingkan dengan negara Eropa lainnya. Untuk universitas negeri, rata-rata biaya kuliah S1 dapat berkisar antara 3 juta rupiah dan 4,5 juta rupiah untuk S2 pertahunnya. 

Malaysia

Sumber: Freepik

Yes! Biaya kuliah di luar negeri gak perlu mahal dengan memilih Malaysia sebagai destinasi studi. Malaysia adalah salah satu negara di Asia yang sering dipilih sebagai negara tujuan untuk menempuh pendidikan tinggi. Negara ini menjadi favorit karena reputasi pendidikan dan biaya studi yang terjangkau bagi para pelajar. Dikenal sebagai pelopor dalam program twinning pada tahun 1980an, Malaysia bekerjasama dengan universitas luar negeri baik Amerika Serikat, Australia, Inggris, Jerman, Perancis, Selandia Baru, dan lainnya.

Disini, kamu hanya perlu mengeluarkan dana sekitar RM 20.000 hingga RM 25.000 (67 juta rupiah) per tahun. Biasanya biaya tersebut sudah mencakup banyak hal seperti biaya pendaftaran, uang pendidikan, premi kesehatan, biaya laboratorium, serta biaya lainnya. Meskipun begitu, tetap ada beberapa program jurusan yang menawarkan biaya yang lebih murah.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.