Info Penting untuk Orangtua
6 November 2019
Pilihan Karir untuk Lulusan Luar Negeri
6 November 2019

Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Jika membandingkan diri saat masuk dan lulus SMA, kamu tentu dapat melihat perubahan dalam dirimu. Entah itu dalam pengembangan diri maupun dari sisi akademis. Begitu pula dalam hal menempuh studi di luar negeri yang akan memberikanmu pengalaman berharga dan wawasan baru yang tentu berguna di kemudian hari. Berikut beberapa keunggulan kuliah di luar negeri yang dapat menjadi nilai plus bagimu, terutama saat melamar kerja:

Sumber: Freepik

1. Kemandirian
Selama tinggal di luar negeri, kamu akan terbiasa mengurus sendiri semua kebutuhan sehari-hari. Kebiasaan tersebut tentu akan mengasah kemandiriamu. Ketika sudah bekerja, kamu akan dituntut bersikap proaktif mencari solusi dan disiplin mematuhi kebijakan perusahaan.

2. Berinisiatif
Kuliah di luar negeri akan membuatmu berani keluar dari zona nyaman. Keberanian keluar dari zona nyaman akan melatih keterampilan inisiatif yang mencakup kemampuan mengembangkan ide, rencana, berpikir rasional, dan ketekunan.

3. Fasih Berbahasa Asing
Ruang lingkup kerja kini semakin luas dan menyentuh ranah global. Mampu berbahasa asing selain bahasa Inggris tentu menambah nilai plus dan memperbesar peluang kamu untuk diterima di perusahaan incaran.

4. Analitis
Saat tinggal dan bersekolah di luar negeri, kamu akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang menempa kemampuan analisismu. Perlu diketahui bahwa perusahaan yang bergerak di bidang bisnis dan komersial mengincar orang-orang yang memiliki kemampuan analisis secara detail.

5. Mampu Mengelola Uang
Menuntut ilmu di negeri orang akan membuatmu lebih teratur dalam mengelola keuangan sesuai budget. Di perusahaan, kemampuan ini diperlukan dalam perencanaan bisnis maupun penjualan untuk mencapai hasil yang efektif dan maksimal.

6. Sikap Fleksibel
Hidup di luar negeri tentu akan melatihmu bersikap fleksibel untuk menerima keberagaman. Dalam dunia kerja, kamu akan menemui keragaman budaya, ras, agama, dan pekerja lingkungan kantor dan hal tersebut sangat wajar. Dengan bersikap fleksibel, kamu akan lebih siap menyesuaikan diri dengan berbagai situasi.

Sumber: Freepik

7. Pengetahuan Internasional 
Pengetahuan yang kamu peroleh selama menuntut ilmu di luar negeri akan berguna untuk pengembangan karier dalam bidang apapun. Terlebih jika bekerja di bidang internasional, layanan pemerintah, ataupun bisnis internasional.

8. Komunikasi Lintas Budaya
Berteman dengan banyak orang dari berbagai negara akan meningkatkan keterampilan berkomunikasi secara lintas budaya. Kamu akan terbiasa memiliki pemahaman atas budaya orang lain. Berbekal komunikasi yang baik dalam hal lintas budaya, kamu akan lebih mudah berkolaborasi dengan banyak relasi di skala internasional.

9. Kesempatan Pengalaman Baru Bekerja Part-Time
Selain kuliah, kamu juga berkesempatan untuk bekerja part-time! Hal ini mampu memberi pengalaman industri sekaligus bisa memperluas jejaringmu. Tambahan penghasilan selama bekerja part-time pun berguna untuk menyokong biaya hidup selama tinggal di negeri orang. Namun ingatlah untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keterampilan.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!