biaya hidup termurah di Indonesia
5 Fakta Tentang Gaya Hidup Orang Jepang
23 Januari 2020
harga makanan di jepang
Harga Makanan di Jepang Termurah Hingga Termahal
25 Januari 2020

Menilik Karakteristik Sistem Pendidikan Tinggi di Amerika

sistem pendidikan di amerika

Amerika Serikat merupakan negara yang luas dan modern dengan ibu kota Washington, D.C. Kualitas pendidikannya, sudah bukan rahasia lagi jika melihat banyaknya pelajar dari seluruh sisi dunia berlomba mendapatkan tempat studi di negara tersebut. Sistem pendidikan di Amerika sendiri memang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Ratusan universitas terbaik dunia bahkan didominasi oleh institusi Amerika Serikat ini. Melihat banyaknya lulusan universitas yang kompeten, seperti apakah sebenarnya karakteristik sistem pendidikan tinggi di negara ini? Kita mulai dengan jenis pendidikan tingginya dulu ya!

sistem pendidikan di amerika

Sumber: Freepik


1. Universitas atau Perguruan Tinggi Negeri

Perguruan tinggi negeri dan sistem pendidikan di Amerika didukung serta dijalankan oleh negara bagian. Setiap 50 negara bagian A.S. mempunyai paling sedikit satu universitas negeri dan beberapa college negeri. Jika kita perhatikan, banyak perguruan tinggi negeri yang mempunyai nama dari negara bagian, atau kata “state (negara bagian)” di dalam nama perguruan tinggi mereka seperti; Washington State University, University of Kansas, maupun University of New Hampshire. Universitas negeri di Amerika juga memiliki opsi jurusan yang sangat beragam—jumlahnya bisa ratusan. Mahasiswa pun menjadi punya banyak pilihan sesuai yang diinginkan.

Baca Juga : Kuliah Bidang Terkemuka ‘’Apparel dan Merchandise’’ di Amerika


2. Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta

Perguruan tinggi jenis ini dijalankan secara swasta. Perguruan tinggi swasta dapat menawarkan program yang jauh lebih bervariasi dan bahkan juga ada yang dikenal baik memiliki fokus dalam beberapa bidang tertentu. Berbagai pendidikan tinggi swasta di negara ini seperti Academy of Art University, Duquesne University, Suffolk University, dan lainnya.


3. Community College
(Perguruan Tinggi Dua Tahun)

Community college merupakan perguruan tinggi dua-tahun yang memberikan gelar associate (diploma) yang dapat ditransfer, dan juga sertifikasi. Jenis pendidikan tinggi ini dapat menawarkan pelajar internasional transisi yang lebih mudah untuk beradaptasi dengan sistem pendidikan di Amerika. Community college di Amerika yang dapat kamu pilih adalah Edmonds Community College, Glendale Community College, dan masih banyak lagi.

Gelar universitas yang dapat ditransfer umumnya seperti associate of arts (diploma seni) atau associate of science (diploma sains). Lulusan community college umumnya dapat mentransfer ke college bermasa studi 4-tahun atau universitas untuk memperoleh gelar. Karena mereka dapat mentransfer kredit-kredit yang telah diselesaikan di community college, mereka dapat melengkapi program bachelor dalam waktu dua tahun atau lebih.

Terlebih, di community college kamu dapat menghemat biaya sehingga ratusan juta loh. Jika di universitas negeri kamu dapat mengeluarkan biaya sekitar 30 ribu dolar, di community college biaya studinya hanya berkisar 7 hingga 10 ribu dolar amerika!


4. Institute of Technology
(Lembaga Teknologi)

Institute of Technology adalah perguruan tinggi yang menyediakan pendidikan sains dan teknologi selama paling sedikit empat tahun. Beberapa mempunyai program graduate, yang lainnya menawarkan mata kuliah jangka pendek. Kamu bisa memilih Illinois Institute of Technology, New Jersey Institute of Technology (NJIT), maupun lembaga teknologi lainnya.

Baca Juga : Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Selain jenis pendidikan tinggi yang bervariasi, sistem pendidikan yang ‘dianut’ beberapa institusi di Amerika juga merupakan faktor mengapa edukasi di negara tersebut begitu berkualitas tinggi. Sistem pendidikan di Amerika memiliki karakteristik seperti:

Sumber: Freepik


Berbasis Diskusi

Dalam sistem kurikulum pendidikan di Amerika, siswa akan selalu didorong untuk diskusi bersama. Siswa akan diajak untuk membicarakan topik, mengutarakan pendapat, memberikan ide maupun feedback, dan saling belajar bersama satu dengan yang lainnya. Diharapkan dengan diskusi ini, hubungan dosen maupun guru bersama siswanya akan lebih terbuka serta kegiatan belajar mengajar akan jauh lebih aktif dan seru.

Ruangan Kelas

Kelas-kelas setiap sekolah bermacam-macam. Dimulai dari kelas yang besar yang diikuti oleh beberapa ratus mahasiswa sampai dengan kelas-kelas yang lebih kecil dan seminar (diskusi) yang diikuti oleh beberapa mahasiswa saja. Ruangan kelas di universitas Amerika kebanyakan mengusung atmosfer yang sangat dinamis. Kamu akan melakukan aktivitas seperti diskusi, presentasi, dan termasuk mengikuti pembelajaran.

Setiap minggu, profesor akan memberikan buku teks dan bahan untuk dibaca. Kamu diharapkan dapat selalu up-to-date sehingga mampu berpartisipasi dalam diskusi-diskusi di dalam kelas dan memahami pelajaran yang diberikan. Beberapa program tertentu juga mewajibkan mahasiswa untuk menghabiskan waktu di laboratorium.

Baca Juga : Urutan 10 Universitas Terbaik di Dunia 2020

Fasilitas Kampus yang Menunjang

Di Amerika, universitas melengkapi siswa dengan fasilitas lengkap seperti klub, aktivitas bagi para mahasiswa, acara acara seni, budaya dan olahraga. Tools yang menunjang pembelajaran juga tak ketinggalan, seperti; WiFi gratis, laboratorium, perpustakaan, kantin, toko buku dan masih banyak lainnya.

Menarik bukan?

sistem pendidikan di amerika

Untuk kamu yang bercita-cita kuliah di Amerika, pilihan bagus! Negara ini punya sederetan universitas serta karakteristik sistem pendidikan yang terbaik. Kamu bisa memilih bidang studi yang sesuai dengan minatmu. Tetapi sebelum memilih dan mendaftar ke universitas tujuan, persiapkan kelengkapannya terlebih dahulu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education memiliki kerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai studi luar negeri, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kota mu.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!