liburan di negara bebas visa dengan e paspor
Serunya Liburan Bebas Visa di Negara Jepang Bagi Pengguna E Paspor
11 Januari 2020
study in germany
Daftar Universitas di Jerman dan Jurusannya
13 Januari 2020

Pengalaman Berharga Saat Kuliah di Luar Negeri

pengalaman kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Kuliah di luar negeri.. Beberapa dari kita ragu untuk merealisasikan langkah tersebut. Padahal sebenarnya, kita semua punya bakat dan minat untuk memantapkan niat jika memang benar-benar berkeinginan kuat untuk menempuh studi hingga ke luar negeri.

pengalaman kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Banyak sekali pelajar memimpikan untuk kuliah di luar negeri. Hal tersebut tidak mustahil loh jika kita benar-benar mengusahakannya. Kamu bisa meningkatkan performa belajar di bangku sekolah agar nilai ataupun tolak ukur lainnya dapat memenuhi kriteria persyaratan masuk. Jika merasa kuliah di luar negeri mahaltidak juga! Kamu bisa menempuh studi di negara-negara dengan biaya pendidikan yang masih terjangkau dan juga mendaftar untuk beasiswa.

Kalau kamu melihat mereka yang telah merampungkan studinya di luar negeri, beberapa dari mereka berhasil berkarir di Indonesia dan bahkan menciptakan inovasi. Sebut saja tokoh terkenal dari negeri kita yaitu BJ Habibie, Nadiem Makarim, Sri Mulyani, dan masih banyak lainnya. Terbukti kan bahwa berkuliah di luar negeri mampu memberikan banyak manfaat dan dampak yang kuat untuk membentuk kepribadianmu? Agar kamu mengetahui lebih jelas seperti apa manfaatnya, yuk simak beberapa pengalaman kuliah di luar negeri ini:

Baca Juga : Fakta Dibalik Universitas Terbaik Jerman

1. Meningkatkan skill dan pengetahuan akademis

Saat berkuliah di luar negeri, kamu sudah pasti akan dihadapkan dengan berbagai pelajaran. Dalam akademis, kamu akan meningkatkan skill mu dan juga pengetahuan sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Kamu akan menghadapi kelas yang berbeda, penugasan yang berbeda, metode pengajaran yang berbedayang mana tentu saja semuanya terkesan baru karena metode yang diaplikasikan berbeda dengan perkuliahan Indonesia. Menjadi pelajar internasional juga akan melibatkanmu dalam berbagai kegiatan, proyek, ataupun organisasi.

 

2. Memiliki Perspektif Berpikir yang Berbeda

pengalaman kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Sebagai pelajar internasional yang merantau untuk berkuliah di negeri orang, kamu akan menemui dan belajar banyak hal baru. Perspektif, adalah salah satunya. Kamu akan memandang dunia lebih luas dan hal tersebut mampu membuatmu belajar untuk mengambil keputusan lebih bijak. Di negeri yang berbeda kamu akan menjumpai kebiasaan, cara-cara, budaya, serta keadaan lingkungan yang berbeda. Hal tersebut akan membuatmu memiliki perspektif baru dan mengasahmu untuk berpikir out of the box.

 

3. Mengasah Kemampuan Berbahasa Asing

Kita semua tahu bahwa cara terbaik agar lancar berbahasa asing adalah dengan sering menggunakannya. Studi di luar negeri akan membantumu melancarkan kemampuan berbahasa asing. Hal tersebut dipastikan semakin optimal karena kamu menggunakan bahasa tersebut saat berada di kelas, berkomunikasi dengan teman-teman, mengerjakan tugas berbahasa asing, dan juga sering mendengarkan percakapan orang-orang yang ada di sekitar.

 

4. Merasakan Budaya Baru

Salah satu hal yang kamu hadapi saat memilih untuk belajar di luar negeri adalah beradaptasi dengan budaya baru. Di mana pun kamu memilih untuk belajar di luar negeri, kamu pasti akan melihat perbedaan budaya. Mungkin kamu agak tidak yakin pada awalnya, tetapi hal ini dapat membantumu meluaskan pandangan global serta menghargai budaya lain. Perguruan tinggi di luar negeri adalah salah satu tempat bagimu untuk memulai mengenal budaya baru tersebut. Kamu akan menjumpai kegiatan ataupun karakteristik dari negara yang kamu tuju, bertemu dengan orang-orang dengan latar belakang yang berbeda, dan bahkan bertukar pikiran dengan mereka.

Baca Juga : 12 Alasan dan Manfaat Kuliah di Luar Negeri

5. Pertemanan Global

Tinggal di luar negeri akan membuatmu membangun relasi dengan orang yang baru kamu temui. Baik itu di lingkungan kelas atau kampus, tempat tinggal, maupun tempat umum atau destinasi wisata yang kamu kunjungi. Menjalin pertemanan dengan teman-teman baru akan membuatmu memiliki lebih banyak relasi untuk saling berkomunikasi dwi-bahasa, beraktivitas multicultural, sehingga secara langsung kamu mendapatkan pembelajaran mengenai bahasa asing dan budaya asing secara langsung.

 

6. Mendapatkan Jati Diri

pengalaman kuliah di luar negeri

Sumber: Freepik

Mengemban studi di luar negeri akan memberikanmu pengalaman mencari jati diri. Kamu akan mengetahui sifat-sifat dasar tentang dirimu, memahami dirimu, mengetahui secara bijak apa yang baik dan buruk bagimu, memahami ketakutan dan bagaimana cara menghadapinya, belajar menyelesaikan masalah, dan masih banyak lagi. Saat memahami jati diri, kamu mampu merefleksikan apa yang ingin ditingkatkan, dicapai, dan juga menyusun rencana untuk kedepannya.

 

7. Hidup Mandiri

Menjadi mandiri merupakan hal yang wajib saat kamu memutuskan untuk berkuliah di luar negeri. Kamu akan tinggal sendiri dan bertanggung jawab atas dirimu; mulai dari membersihkan tempat tinggal, memasak, dan aktivitas rumah lainnya. Begitu pula halnya saat di kampus—kamu harus tahu kapan tugas perlu selesai dikerjakan, bagaimana caranya mengerjakan tugas entah itu perlu dikerjakan saat di perpustakaan atau tempat kondusif lainnya, serta mencari referensi sendiri. Tantangan ini sangat berguna untukmu kedepannya karena dapat membentukmu menjadi pribadi yang matang dan penuh dengan kesungguhan.

 

8. Kesempatan Bekerja Lebih Besar

Ketika telah merampungkan studi di luar negeri, kamu akan menjalani hari kelulusan dimana kamu harus siap melepas almamatermu. Disaat ini, kamu akan dihadapkan dengan tanggung jawab yang lebih besar—berkarir, untuk melanjutkan hidupmu. Keuntungan memiliki pengalaman menempuh studi di luar negeri akan membantumu. Sebab banyak perusahaan maupun instansi yang sangat membutuhkan calon pekerja dengan latar belakang yang kamu miliki. Lulusan luar negeri diharapkan memiliki bekal pengetahuan yang jauh lebih besar dan mumpuni, serta soft skills yang diasah dengan baik karena telah ditempa saat menjalani masa merantau studi di negeri lain. Banyak perusahaan Indonesia mempertimbangkan lulusan luar negeri karena pengalaman kamu memiliki faktor yang dapat menyalurkan pemikiran lebih global serta kemampuan bersosialisasi.

Sumber: Freepik

Nah, banyak sekali kan pengalaman berharga saat kuliah di luar negeri? Meraih pendidikan tinggi di luar negeri akan membuka pikiranmu menjadi lebih luas dan memaksimalkan potensi dirimu loh. Namun setelah merasakan kehidupan di negeri lain dan kembali ke Tanah Air, dijamin kamu akan menyadari betapa Indonesia adalah rumah bagimu. Dengan tekad menyelesaikan studi di luar, kamu siap kembali ke Indonesia dan mengabdi pada negeri yang telah memberimu kehidupan ini.

Terlebih, pengalaman kuliah di luar negeri akan membuka jalan bagi bangsa ini. Sebagai lulusan pelajar internasional, kamu dipercaya untuk membangun dan memajukan Indonesia. Di masa yang akan datang maupun saat ini, kamu diharapkan mampu menciptakan yang terbaik dan memberikan dampak positif besar bagi negara dan mengharumkan Indonesia di mata dunia.

Oleh karena itu, yuk beranikan dirimu untuk melanjutkan studi di luar negeri! Tak perlu khawatir dengan rintangan yang ada dihadapanmu. Kamu dapat menyiapkannya dengan cermat seperti mencari informasi universitas terbaik di dunia yang cocok dengan jurusan yang kamu minati, memperhatikan persyaratan pendaftaran, menyiapkan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris, dan juga beasiswa kuliah di luar negeri! Beasiswa benar-benar dapat membantu untuk mengurangi pengeluaran mu membayar biaya studi dan living cost—so it is worth to fight for!

Berbekal informasi diatas, semoga dapat menginspirasimu untuk mengemban studi di negeri luar ya! Tetaplah optimis dan semangat.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!