Manfaat Kuliah di Luar Negeri
6 November 2019
Perth: Kembali Menjadi Kota Siswa Internasional Mulai November 2019
6 November 2019

Pilihan Karir untuk Lulusan Luar Negeri

Apa kamu telah menamatkan studi di luar negeri?

Jika ya, kini saatnya kamu melangkahkan kaki dan bersiap memasuki dunia kerja! Berbicara tentang dunia kerja, baiknya kamu memilih pekerjaan yang sesuai dengan minatmu. Dengan keahlian yang kamu miliki, kamu bisa menemui tantangan menarik akan kamu hadapi nantinya. Selain itu, ada banyak pilihan karir diluar sana yang berhubungan dengan minat serta ilmu yang telah kamu pelajari. Nah, seperti apa saja sih kesempatan berkarir yang dapat kamu pilih? Berikut beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan:

Sumber: Freepik

1. Perusahaan Multi Nasional (MNC) 

Terdapat banyak perusahaan asing dan multi nasional dari berbagai negara di dunia, termasuk yang ada di Jakarta, membuka lowongan bagi pelajar yang baru lulus atau pekerja yang sudah berpengalaman. Bidang pekerjaannya pun sangat luas mulai dari keuangan, teknik, minyak & gas, ritel, manufaktur, dan sebagainya, Memiliki pemahaman tentang negara yang kamu wakili dan kefasihan berbicara dalam bahasa asing tentu memberi nilai tambah bagi kamu dibanding calon pelamar lain. Terutama bagi kamu yang mengambil jurusan spesifik yang tidak diajarkan oleh universitas di Indonesia.

2. Wirausahawan (Entrepreneur) 

Menjadi entrepreneur atau wirausahawan adalah salah satu pilihan kerja yang banyak diminati karena wirausahawan bisa mandiri dan tidak terikat jam kerja. Pendapatan mereka pun tidak bisa dianggap sebelah mata. Untuk jadi entrepreneur, tidak diharuskan mengambil jurusan Ekonomi atau Bisnis dahulu. Hal utama yang mendukung kesuksesan entrepreneur adalah memiliki network yang luas dan ini menjadi keuntungan bagi kamu yang kuliah di luar negeri.

3. Institusi Pemerintah (Government Institution)

Kesempatan untuk tinggal di luar negeri dan mendapatkan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menggiurkan. Tidak heran bila bekerja di Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sangat diminati. Untungnya, untuk bekerja di Kemlu tidak hanya dimonopoli oleh lulusan jurusan Hubungan Internasional saja, lulusan jurusan lain pun punya kesempatan bekerja di Kemlu maupun kementerian lainnya. Kesempatan lainnya adalah bekerja di Kedutaan Asing/Pemerintahan Asing yang terdapat di Indonesia ataupun di BUMN.

4. Petugas Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organisation (NGO) dan Organisasi Internasional

Jika menjadi seorang penderma (philanthropist) adalah passion kamu, maka pilihlah karir di sebuah LSM internasional atau NGO seperti PBB, UNICEF dan EOTO World, dan lainnya. Beberapa LSM internasional memiliki kantor cabang di banyak negara termasuk di Indonesia. Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah melakukan perjalanan baik mengunjungi daerah di Indonesia maupun ke luar negeri untuk melakukan kegiatan sesuai misi organisasi tersebut.

Sumber: Freepik

5. Perusahaan Swasta

Perusahaan swasta merupakan sebuah perusahaan bisnis yang dimiliki oleh organisasi non-pemerintah yang tidak menawarkan atau memperdagangkan stok (saham) perusahaannya kepada masyarakat umum melalui pasar saham. Saham perusahaan ini ditawarkan, dimiliki dan diperdagangkan atau dibursakan secara swasta. Kamu dapat berkarir di berbagai perusahaan seperti PT. Bank Central Asia Tbk (BCA), Unilever, start-up company seperti GOJEK, agency advertising, hiburan, permodelan, travel, dan masih banyak lainnya.

6. Universitas Lokal maupun Internasional

Apakah kamu menikmati pengalaman belajar di luar negeri? Bila kamu begitu menikmatinya mengapa tidak menjadikannya sebagai profesi? Beberapa universitas asing menawarkan posisi Perwakilan Universitas (=reps) dengan pekerjaan meliputi pemasaran atau hubungan internasional. Kamu juga dapat bekerja di universitas swasta lokal maupun asing di negaramu seperti menjadi pengajar bidang studi yang dulu kamu dalami, staf International Officer atau sejumlah posisi di yang sesuai dengan minat kamu.

7. Konselor Pendidikan Internasional

Jika kamu tertarik untuk membagikan pengalaman belajar ke luar negeri atau membantu orang lain untuk mempersiapkan masa depan, kamu dapat bekerja sebagai konselor. Setelah berkuliah di luar negeri, kamu pasti memahami proses persiapan studi ke luar negeri. Selain sebagai konselor, kamu juga dapat bekerja sebagai koordinator program, atau staf marketing di konsultan pendidikan yang kamu tuju.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!