Susah Bahasa Inggris, Ini Cara Cepat Belajar Bahasa inggris!
29 September 2022
Cara Dapat Beasiswa S1 di Luar Negeri Paling Ampuh!
7 Oktober 2022

Calon Mahasiswa Wajib Tau! Ini Dia Tugas Desainer Grafis

tugas desainer grafis

Salah satu faktor yang bisa buat kamu tertarik mempelajari suatu jurusan adalah prospek karirnya. Pekerjaan di masa depan, setelah lulus kuliah, berpengaruh besar terhadap keputusan yang kamu ambil terkait jurusan. Untuk itu, calon mahasiswa graphic design pasti perlu tau dong apa aja tugas desainer grafis?

Mungkin bahkan kamu belum tau apa itu desain grafis. Nah, seorang desainer grafis membuat visual untuk berbagai jenis proyek, dari situs web hingga iklan cetak. Desainer adalah seseorang yang menggabungkan seni dan teknologi, serta menggunakan beragam elemen desain untuk menciptakan visual yang khas bagi klien dan perusahaan.

Dengan mempelajari jurusan ini di kuliah, kamu akan belajar cara buat konsep visual, ide dan identitas baik dengan tangan maupun menggunakan perangkat lunak komputer. Pekerjaan desain grafis menyinggung ranah karir kreatif. Mau tau lebih banyak soal tugas desainer grafis? Keep on reading!

 

BACA JUGA: Mau Masuk Jurusan Desain Grafis? Ini Syaratnya!

 

Apa Aja Tugas Desainer Grafis?

apa itu desain grafis

 

Jadi, desainer grafis ngapain aja sih? Seorang desainer grafis bisa bekerja dengan media cetak atau digital, dan desain dapat diselesaikan dengan tangan atau menggunakan perangkat lunak komputer. 

Tugas desainer grafis ada bermacam-macam. Contohnya, desainer grafis membuat konsep visual demi mengkomunikasikan ide-ide yang menginspirasi, menyampaikan informasi, serta memikat calon konsumen.

Singkat kata, pekerjaan desain grafis bersinggungan dengan penciptaan visual yang berguna, bermakna, dan fungsional menggunakan berbagai sarana teknologi. Jadi, tugas desainer grafis sendiri sangat bergantung pada kebutuhan klien mereka atau perusahaan.

Meski begitu, bukan berarti desainer grafis tuh gabut ya! Kalo ditanya mereka ngapain aja, mereka juga bertanggung jawab atas banyak hal seperti mengembangkan aset visual untuk mendukung marketing campaign, merancang grafis untuk aktivitas sosial media, menata tata letak iklan cetak, hingga mengurus signage digital. Banyak kan, tuh?

 

Apa Itu Desain Grafis?

desainer adalah

 

Setelah tau soal tugas desainer grafis, yuk bahas lebih lanjut soal bidang studinya sendiri! Mahasiswa desain grafis ngapain aja ya? 

Desain grafis sendiri adalah bentuk komunikasi yang menggunakan warna, bentuk, gambar, dan kata-kata buat menciptakan konten visual untuk berbagai media, cetak maupun digital. Tugas desainer grafis adalah menciptakan desain yang efektif yang bisa mengkomunikasikan informasi mereka dengan cara yang menginspirasi.

Kepo kan pasti mahasiswa desain grafis ngapain aja? To be short, mahasiswa jurusan ini membuat gambar dan mengatur tata letak bagi beberapa hal termasuk identitas brand perusahaan (logo, tipografi, color palette), UI untuk aplikasi dan web, buku hingga publikasi lainnya, packaging produk, iklan, bahkan video game!

Kebayang dong pasti mata kuliahmu di universitas pasti bakal beragam dan seru kalo belajar desain grafis!

 

Ranah Pekerjaan Desain Grafis

pekerjaan desain grafis

 

Setelah tau desainer adalah orang yang memegang banyak tanggung jawab terkait elemen visual suatu perusahaan atau klien, kamu juga perlu tau soal prospek tempat kerja desainer grafis dong!

Karena seorang desainer grafis bisa kerja di banyak lingkungan, tugas dan tanggung jawabmu sebagai seorang desainer grafis bisa berbeda-beda nantinya. Kamu bisa merintis karir di in-house atau agensi, atau bahkan freelance.

Umumnya, pekerjaan desain grafis terbagi di beberapa sektor seperti ad agency, web design firms, marketing firms, penerbit cetak dan media online, retailer online, hingga organisasi nirlaba.

You’ll never be a fish out of water! Soalnya desainer adalah salah satu profesi yang hampir pasti dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan. 

 

BACA JUGA: Design of Visual Communication or Graphic Design?

 

Kenapa Harus Kejar Karir di Bidang Desain Grafis?

desain grafis ngapain aja

 

Udah tau kan nih tugas desainer grafis hingga mahasiswa desain grafis ngapain aja, tapi masih butuh diyakinin lebih lagi? No worries!

Kalo kamu menjadi sarjana seni dan mengejar karir di bidang ini, kamu bisa melatih keterampilan kreatifmu dan mempelajari teknologi terbaru untuk mendorong kinerjamu. Selain itu, sebagai desainer grafis kamu juga memegang peran penting. Terutama dalam membentuk bagaimana sebuah perusahaan, brand, atau produk mempresentasikan diri mereka kepada dunia.

Menjadi seorang desainer grafis bisa juga membuka pintu ke berbagai karir dan industri. Dalam departemen desain di sebuah perusahaan, kamu mungkin dapat maju ke posisi manajerial, seperti direktur kreatif atau project manager. Banyak orang yang memulai sebagai desainer grafis juga telah berkembang ke bidang baru dan menarik. Beberapa di antaranya seperti augmented reality dan virtual reality, di mana visual digunakan untuk pengalaman interaktif.

So if you wanna work in an always updated field, full with innovation and creativity, graphic design is for you! 

Tugas desainer grafis seru-seru kan? Pasti setelah baca artikel ini dan tambah mengerti apa itu desain grafis serta pekerjaan desain grafis, makin pingin studi desain grafis di kuliah kan? Don’t settle for less! Serap ilmu dan pengetahuan desain terbaik dengan kuliah di luar negeri. 

To better prepare yourself, jangan lupa baca informasi studi di luar negeri paling lengkap hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan