5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia
5 Budaya Malaysia yang Mirip dengan Budaya Indonesia
30 Maret 2022
6 Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris yang Paling Mudah
6 Cara Belajar Conversation Bahasa Inggris yang Paling Mudah
1 April 2022

Udah Tau Belum? Ini 4 Fakta Kuliah di Negara China!

Fakta Negara China

Saat memilih destinasi studi ke luar negeri, ada satu negara yang mungkin kamu seringkali lupakan: China. Yes, China! Dengan belajar di negara ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman langsung menimba ilmu di negara kekuatan dunia yang sedang on the rise. Sebelum lanjut, yuk cari tau dulu beberapa fakta negara China terkait pendidikan tinggi di sana!

China sebenarnya adalah salah satu tujuan studi paling populer di luar negeri bagi mahasiswa internasional, terutama bagi mereka yang mencari destinasi kuliah di Asia. Banyak pelajar memilih untuk belajar di negara ini dengan harapan akan mendapatkan kesempatan kerja yang lebih baik di bidang seperti travel, news media, akademisi, pekerjaan diplomatik, keuangan, perdagangan, perbankan, dan banyak lagi.

Biar informasi kamu lebih lengkap, ini dia beberapa fakta negara China yang pastinya bikin kamu tambah mau kuliah di sana!

 

1. Sistem Pendidikan Tinggi Terbesar di Dunia

Fakta Negara China

 

Fakta negara China yang pertama adalah negara ini memiliki salah satu sistem pendidikan tinggi terbesar di dunia. Pada September 2021, ada 3.012 perguruan tinggi dan universitas, dengan lebih dari 40 juta mahasiswa terdaftar di China daratan.

Sistem pendidikan tinggi di Negeri Tirai Bambu mencakup program Sarjana, Magister, dan Doktoral, serta program non-gelar. Semua ini terbuka untuk mahasiswa internasional lho!

Kementerian Pendidikan China (MOE) adalah otoritas pemerintah untuk semua hal yang berkaitan dengan pendidikan dan bahasa. MOE menyatakan bahwa pendidikan tinggi di China sudah memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi, kemajuan ilmiah, dan pembangunan sosial di negara itu.

 

2. Tujuan Populer Siswa Internasional

Fakta Negara China

 

Selama lima tahun terakhir, China telah tumbuh pesat sebagai tujuan bisnis, pariwisata, dan studi. Beberapa badan resmi dan lembaga pendidikan di negara tersebut melaporkan bahwa pada 2015, rekor angka sebanyak 397.635 mahasiswa internasional beranjak ke China. Hal ini memperkuat posisi mereka sebagai negara tujuan terpopuler bagi siswa asing di Asia.

Rekor itu kemudian dipecahkan pada 2018 saat lebih dari 492.000 mahasiswa internasional dari 196 negara datang ke China untuk belajar di 1004 universitas dan lembaga pendidikan lainnya.

Dengan pertumbuhan rata-rata 10% year-on-year, jumlah mahasiswa internasional di China telah berlipat ganda sejak 2005.

It’s safe to say kalo China selalu jadi tujuan menarik di mata siswa asing selama beberapa dekade terakhir. Why wouldn’t they be? Dengan pertumbuhan ekonomi pesat, program akademik standar internasional, dan keragaman kota, pastinya negara ini menarik matamu juga kan!

 

3. Mengirimkan Banyak Siswa ke Luar Negeri

 

Fakta negara China terkait pendidikan tinggi selanjutnya adalah negara ini ternyata mengirimkan lebih banyak siswa ke luar negeri daripada negara lain!

Menurut studi Statista, jumlah pelajar China yang berangkat ke luar negeri terus meningkat. Pada 2019, sekitar 703.500 pelajar Tiongkok meninggalkan negara mereka untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Jumlah itu meningkat sebesar 6,25% dibandingkan tahun sebelumnya dan menjadikan China sebagai negara asal mahasiswa internasional terbesar di dunia.

Akibat secara konsisten meningkatnya jumlah mahasiswa China yang studi ke luar negeri, CSIS sampai menyebut negara ini sebagai “source and hub for international students”.

 

4. Otonomi Lebih Banyak untuk Universitas

 

Otonomi bagi universitas jadi fakta negara China berikutnya. Beberapa tahun lalu, Perdana Menteri China menyerukan lebih banyak otonomi universitas demi mengembangkan sistem pendidikan tinggi dan meningkatkan standar penelitian.

Dengan langkah ini, pemerintah berharap universitas di China bisa membantu mendorong ekonomi nasional yang modern menuju lebih banyak inovasi. Pemerintah China, pada dasarnya, mendorong universitas mereka untuk terus berinovasi dan menanamkan bibit itu ke para peserta didik.

Pendidikan tinggi yang berkualitas pastinya bakal mencetak lulusan yang berkualitas juga! 

Gimana? Setelah tau beberapa fakta negara China soal pendidikan tinggi, kamu pasti pingin buru-buru studi di sana kan! Selain fakta di atas, biaya kuliah dan biaya hidup untuk mahasiswa internasional di China juga relatif murah, terutama jika kamu bandingkan dengan negara-negara Barat.

Untuk tau selengkapnya mengenai kuliah di China, kamu hanya perlu akses SUN E-Guide Book! Selain China, ada banyak informasi soal kuliah di banyak negara lainnya. Yuk baca E-Guide Book secara GRATIS di manapun dan kapanpun kamu berada!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash,

Tinggalkan Balasan