Biaya Hidup di Amerika untuk Mahasiswa: Bisa Lebih Terjangkau?
23 Maret 2020
Dyah Turanggadewi
24 Maret 2020

Universitas di Amerika yang Banyak Orang Indonesia

mahasiswa indonesia di amerika

universitas di amerika yang banyak orang indonesia

Kuliah ke luar negeri tepatnya ke negara adidaya, Amerika Serikat memang tampak seru, tapi juga memberikan tantangan baru. Pelajar Indonesia yang berencana studi di Amerika mungkin memikirkan pilihan universitas di Amerika yang banyak orang Indonesia. Dengan banyaknya orang Indonesia, kamu mungkin tidak terlalu kesepian serta bisa membantu beradaptasi di lingkungan yang baru. 

Berdasarkan data statistik terbaru, pelajar asal Indonesia di Amerika memiliki jumlah yang cukup banyak yaitu sekitar 9000 orang. Jumlah tersebut terbagi ke dalam beberapa level program baik undergraduate (Community College dan Bachelor), serta post-graduate (Master dan Doktor). Jumlah tersebut juga tersebar di beberapa universitas di seluruh penjuru Amerika. 

3 Universitas di Amerika yang Banyak Orang Indonesia

Berikut adalah beberapa universitas di Amerika yang memiliki sejumlah pelajar asal Indonesia dan bahkan memiliki asosiasi khusus untuk itu. Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di Amerika Serikat dan ingin merasa lebih tenang dengan keberadaan mahasiswa Indonesia di sana, ketiga universitas ini mungkin dapat kamu jadikan pilihan. 

Baca Juga : TOP 10 Universitas Terbaik di Amerika Serikat 2020

Columbia University

univesitas di amerika

Dari sekian banyak universitas, Columbia University merupakan salah satu universitas di Amerika yang banyak orang Indonesia. Beberapa nama terkenal juga sempat menjadi mahasiswa universitas ini seperti Cinta Laura dan Tasya Kamila. Selain itu, beberapa tahun lalu sempat beredar cerita anak petani asal Sumatera Utara yang berkuliah di Columbia University dengan beasiswa. 

Columbia University sendiri merupakan salah satu dari 20 besar universitas terbaik di Amerika dan dunia berdasarkan QS World University Ranking 2020 dan Times Higher Education Rankings 2020. Terletak di New York City, Columbia University telah berdiri sejak tahun 1754 dan merupakan institusi pendidikan pertama di kota tersebut serta tertua kelima se-Amerika Serikat. Sama dengan universitas ternama di Amerika lainnya, universitas ini juga menerapkan seleksi masuk yang ketat dimana persentase penerimaannya hanya sekitar 6,6%. Beberapa program andalan Columbia University antara lain adalah Life Science, Art & Humanities, Clinical, dan Pre-clinical & Health. 

Baca Juga : Hal-hal yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Kuliah di Amerika

University of California, Berkeley

universitas amerika banyak orang indonesia

University of California, Berkeley (UCB) adalah salah satu universitas di Amerika yang banyak orang Indonesia. Pelajar asal Indonesia di UCB cukup banyak dan bahkan memiliki organisasi khusus bernama Berkeley Indonesian Student Association (BISA). Organisasi ini secara rutin mengadakan acara perkumpulan dan bahkan berbagi lowongan pekerjaan melalui website-nya. 

University of California, Berkeley sendiri adalah sebuah universitas riset publik yang telah berdiri sejak tahun 1868. Sebagai salah satu universitas terbaik di Amerika, afiliasi UCB telah menerima 99 anugerah nobel. Program andalan universitas ini di antaranya adalah Electrical and Electronic Engineering yang menduduki peringkat terbaik di dunia berdasarkan QS World University Ranking by Subject

Massachusetts Institute of Technology (MIT)

mit

Universitas di Amerika yang banyak orang Indonesia selanjutnya adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT). Institusi ini dikenal sebagai universitas riset swasta yang berfokus pada bidang sains dan teknologi. Universitas ini berada di negara bagian yang memiliki pendidikan terbaik di Amerika yaitu Massachusetts, tepatnya di kota Cambridge. MIT merupakan peringkat 5 besar dalam universitas terbaik di Amerika dan dunia dalam berbagai penilaian terbaru seperti QS World University Ranking, THE Rankings dan US New and Report. 

Baca Juga : Persyaratan Umum Visa Pelajar Amerika yang Perlu Diperhatikan

Ada lebih dari 20 orang Indonesia di MIT dan tergabung dalam organisasi bernama Association of Indonesian Students at MIT (AIS-MIT). Seperti tertera pada website AIS-MIT, mereka biasanya mengadakan pertemuan sekitar 2-3 kali dalam satu semester. AIS-MIT juga berkolaborasi dengan PERMIAS Massachusetts mengadakan seminar yang diadakan setiap musim gugur dan musim semi. Selain itu, anggota AIS-MIT juga aktif terlibat dalam acara-acara internasional yang diadakan di MIT secara umum. 

Tentukan Universitas yang Tepat Buatmu!

Untuk informasi lebih jelas mengenai jumlah mahasiswa Indonesia di universitas Amerika, kamu dapat menanyakan langsung kepada perwakilan universitasnya jika berkesempatan hadir di pameran pendidikan internasional. Masuk ke universitas di Amerika memang cukup sulit, namun kamu dapat mempersiapkan diri dan mencari informasi mulai dari sekarang. Semoga beruntung!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!