universitas teknik terbaik di jerman
10 Universitas untuk Belajar Teknik Terbaik di Jerman
22 September 2020
7 Cara Sukses Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri
23 September 2020

10 Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Dunia

universitas dengan jurusan farmasi terbaik di dunia

Sumber: Freepik

Jurusan-jurusan bidang kesehatan adalah jurusan-jurusan yang seolah tak lekang oleh waktu, sebab selalu dibutuhkan dari masa ke masa. Seiring dengan semakin banyaknya penelitian, bidang ini pun juga menjadi sangat berkembang serta menjanjikan prospek kerja yang lebih luas. Salah satu bidang ilmu kesehatan yang sama krusialnya dengan kedokteran dan keperawatan adalah farmasi. Profesional di bidang ini disebut pharmacist/farmasis atau yang lebih umum dikenal sebagai apoteker di Indonesia.

Farmasi sendiri merupakan bidang kesehatan yang merupakan kombinasi antara ilmu kimia dan kesehatan untuk memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat-obatan. Tugas dari farmasis sendiri antara lain adala meracik obat-obatan, memberi pelayanan klinik, memberi informasi mengenai obat-obatan, hingga mengawasi penggunaan obat-obatan. Lulusan jurusan farmasi dapat bekerja di rumah sakit, klinik atau apotek, industri obat-obatan hingga institusi pemerintah maupun swasta seperti badan pengawas obat dan makanan. 

10 Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Dunia

QS World University Rankings by Subject membuat urutan universitas terbaik di dunia untuk bidang farmasi. Penilaian ini didasarkan pada beberapa faktor mulai dari reputasi akademis, reputasi dari pemberi kerja, kutipan makalah penelitian, hingga dampak penelitian yang dipublikasi. Nah, berikut adalah 10 universitas terbaik di bidang farmasi diurutkan dari peringkat terendah. 

10. University of Manchester, UK

University of Manchester menawarkan program farmasi dalam tingkat undergraduate dengan gelar MPharm yang sudah terakreditasi oleh General Pharmaceutical Council (GPhC). Program ini dikenal dengan lingkungan belajar dan suportif, kesempatan pengalaman kerja, kekuatan riset serta koneksi yang luas dengan industri. Semua hal tersebut membuat program farmasi di universitas ini menjadi salah satu yang terbaik di Inggris dan di dunia. 

9. University of North Carolina, Chapel Hill, US

Eshelman School of Pharmacy adalah sekolah farmasi dari University of North Carolina (UNC). Sekolah ini menawarkan beberapa program gelar di bidang farmasi yaitu PharmD, PhD, dan MS. Tidak hanya QS World University Rankings by Subject, sekolah farmasi milik UNC ini juga memiliki peringkat yang tinggi di Shanghai Ranking Global Ranking, dan juga US News & World Report. 

8. University of California, San Francisco, US

Peringkat ke-8 dalam universitas jurusan farmasi terbaik di dunia adalah UCSF School of Pharmacy. Sekolah ini merupakan sekolah tinggi farmasi pertama di Amerika Serikat bagian Barat yang telah berdiri sejak tahun 1872. Ada 11 program program yang ditawarkan berdasarkan tingkatan pendidikannya yaitu dengan gelar PharmD, MS dan PhD dalam 3 Departemen yang berbeda. 

7. University of Nottingham, UK

Nottingham School of Pharmacy adalah salah satu sekolah dengan jurusan farmasi terbaik di Inggris yang terdepan dari segi kualitas riset. Sekolah ini berdiri pada tahun 1925 dan menawarkan 7 program dalam tiga tingkatan pendidikan, mulai dari sarjana, master hingga PhD. Selain itu, Nottingham School of Pharmacy ini memiliki 5 divisi riset dan 2 divisi riset terkait lainnya. 

6. University of Cambridge, UK

University of cambridge memiliki Department of Pharmacy yang bernaung di bawah School of Biological Sciences. Sayangnya program farmasi dan farmakologi yang ditawarkan bukanlah satu program sarjana, seperti yang ditawarkan universitas lainnya. Pharmacology sendiri dipelajari di tingkat dua dan tiga sebagai bagian dari kursus Natural Sciences Tripos (NST) dan Biological and Biomedical Sciences (BBS). Departemen ini mengelola pengajaran dan pembelajaran kursus tersebut dan juga penelitian untuk tingkat lebih lanjut. 

5. University College London (UCL), UK

UCL School of Pharmacy berdiri sejak tahun 1842 dan telah menjadi salah satu sekolah farmasi terkemuka di dunia hingga saat ini. Fakultas ini menawarkan 10 program farmasi mulai dari tingkat sarjana, master hingga tingkat yg lebih lanjut untuk gelar MPhil/PhD. Sebagai salah satu sekolah farmasi terkemuka, UCL School of Pharmacy juga terdepan dalam berbagai penelitian di bidang farmasi dan bidang terkait lainnya. 

4. University of Toronto, Canada

Fakultas farmasi terbaik keempat di dunia jatuh kepada Leslie Dan Faculty of Pharmacy, University of Toronto, Kanada. Fakultas ini telah berdiri sejak tahun 1882 sebagai Ontario College of Pharmacy dan kemudian bergabung dengan University of Toronto pada tahun 1953. Ada 10 program yang ditawarkan oleh fakultas ini mulai dari tingkat sarjana hingga profesional, termasuk program residensi. 

3. Harvard University, US

Department of Biological Chemistry and Molecular Pharmacology (BCMP) adalah salah satu departemen yang berada di bawah Harvard Medical School. Departemen ini merupakan tempat bagi berbagai penelitian, pengajaran serta pelayanan terkait biologi, kimia dan farmasi. Program yang tersedia di sini dikhususkan untuk tingkat pascasarjana dan umumnya berbasis penelitian. 

2. Monash University, Australia

Monash University Faculty of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences merupakan salah satu fakultas atau sekolah farmasi yang terkemuka di Australia. Program-program yang ditawarkan terdepan dalam hal riset dan dampaknya, baik di Australia maupun dunia. Ada 6 program dari tingkat sarjana, master dan doktor yang ditawarkan oleh fakultas yang telah berdiri sejak tahun 1881 ini. 

1. University of Oxford, UK

Sejak tahun 2019, Department of Pharmacology di University of Oxford bertahan sebagai penyedia program farmasi terbaik di dunia. Rekam jejak departemen ini terbilang luar biasa karena telah mencapai di tingkat tertinggi dalam Research Excellence Framework (REF). Hanya ada 3 program yang ditawarkan departemen ini untuk tingkat pascasarjana. Masing-masing dari ketiganya adalah Pharmacology DPhil, Pharmacology MSc dan Pharmacology MSc by Research. 

Cara Diterima di Universitas dengan Fakultas Farmasi Terbaik di Dunia

Berdasarkan apa yang telah dituliskan di atas, kebanyakan program farmasi yang ditawarkan berbasis pada penelitian dan tidak sedikit yang hanya menawarkan program master atau lebih tinggi. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk melanjutkan studimu pada tingkat yang lebih lanjut tersebut, kamu harus telah memiliki dasar pendidikan di bidang yang terkait sebelumnya. Selain itu, karena sebagian besar universitas di atas juga merupakan institusi pendidikan terkemuka dunia, kamu juga perlu mendapatkan kualifikasi yang tinggi dari segi akademik. 

Rencanakan Studimu di Bidang Farmasi dengan SUN Education!

Ada banyak sekali universitas yang menawarkan program farmasi untuk tingkat sarjana baik di Indonesia, maupun di negara-negara lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai merencanakan masa depan pendidikanmu mulai dari sekarang dan bersiaplah untuk mengejar impian untuk menjadi bagian di fakultas farmasi terbaik di dunia di tingkat selanjutnya. Kamu dapat berkonsultasi dengan SUN Education untuk menentukan pilihan program terbaik dan sesuai dengan keinginan kamu. Kamu juga akan memiliki banyak pilihan destinasi studi mulai dari Australia, Amerika Serikat, hingga Eropa dan Inggris Raya. 

Comments are closed.