Leluasa Mencari Kerja di Inggris dengan Post-study Work Visa yang Kini Diperpanjang!
16 September 2019
Andreas Lukita
27 September 2019

Universitas Kelas Dunia dari Australia ini Mengusung Konsep Pembelajaran Kolaboratif

Tahukah kamu banyak pengajaran di negara Australia menggunakan metode collaborative learning?

Collaborative learning merupakan sistem pembelajaran inovatif dengan belajar bersama dan memanfaatkan sumber daya serta keterampilan masing-masing. Dengan kata lain, metode belajar ini memberikan ruang yang lebih luas bagi kamu untuk saling berbagi pengetahuan.

Ketika berada dalam lingkaran belajar ini, kamu juga akan memerlukan design thinking. Design thinking adalah proses menyelesaikan masalah secara kreatif. Kamu akan menggabungkan perspektif manusia dengan apa yang layak secara teknologi dan ekonomi serta mengatasi masalah dari arah yang baru.

Sumber: University Reviews Australia

Seperti halnya salah satu universitas top dunia yang ada di Australia—Western Sydney University (WSU). Tak hanya dikenal dalam kualitas penelitian, WSU sendiri juga memiliki reputasi yang baik dalam segi pengajaran. Sistem pengajaran di salah satu programnya, Centre of Infrastructure & Engineering dapat dikatakan menarik karena dipengaruhi oleh metode yang dipilihnya, yaitu collaborative learning.

Siswa dapat berdiskusi, berbagi dan bertukar ide-idenya—namun yang membedakan adalah mereka berkesempatan untuk belajar sekaligus bermain dalam games. Pembelajaran para siswa pun jadi terasa menyenangkan. Karena melalui metode tersebut, siswa tak sekadar belajar dengan menyimak. Namun mereka dapat terlibat dalam pertukaran pendapat maupun berbagai kegiatan.

Aktivitas membuat prototipe jembatan di Western Sydney University.

Kebayang kan betapa serunya menempuh studi di sebuah negara dengan universitas yang memiliki metode belajar yang sangat kreatif? Untuk kamu yang beraspirasi melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, tak ada salahnya mencoba keluar dari zona nyaman dan kuliah ke luar negeri! Terlebih dengan universitas yang mengusung konsep pembelajaran kolaboratif, kamu akan jauh lebih berkembang, mampu bermusyawarah, serta memaksimalkan realisasi untuk menciptakan inovasi di masa yang akan datang.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!