Keunggulan Sistem Pendidikan Luar Negeri yang ‘Bikin Beda’ dengan di Indonesia
23 Oktober 2020
Karakteristik Sistem Pendidikan di Jerman yang Tinggi Kualitas
25 Oktober 2020

Ini Dia 5 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia 2020

universitas terbaik di indonesia

Tahukah kamu bahwa Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) melakukan klasterisasi secara berkala untuk memperoleh daftar universitas negeri terbaik di Indonesia? Klasterisasi didasarkan perolehan skor kumulatif di indikator-indikator yang ditentukan. Dengan demikian, kamu bisa menilai pencapaian civitas akademika, tenaga pendidikan, dan alumni di tiap-tiap universitas negeri setiap tahun secara transparan.

Daftar Universitas Negeri terbaik di Indonesia Tahun 2020

Nah, klasterisasi yang diadakan Kemendikbud pada tahun 2020, ternyata melibatkan 2.136 universitas, yang mana tergolong universitas aktif yang terdaftar di PDDikti (Pangkalan Data Pendidikan Tinggi). Dengan adanya klasterisasi, Kemendikbud dan universitas-universitas terkait dapat melakukan evaluasi untuk meningkatkan performa pendidikan. Lantas, universitas apa yang tergolong sebagai universitas negeri terbaik?

Universitas Indonesia (UI)

universitas terbaik di indonesia

Dengan skor klasterisasi 3,414, Universitas Indonesia menempati posisi pertama sebagai universitas terbaik di Indonesia. Universitas ini terletak di Jakarta dan Depok. Sampai sekarang, Universitas Indonesia mempunyai program vokasi dan 14 fakultas dengan kualitas wahid yang tidak diragukan. Pastinya, jika menjadi salah satu mahasiswa Universitas Indonesia, kamu mungkin menjadi bangga.

Pasalnya, universitas ini sukses menyabet berbagai penghargaan bergengsi  terus-menerus, lho. Misalnya, sejak tahun 2008 sampai 2016, Universitas Indonesia memperoleh peringkat terbaik dari QS dan THES. Jadi, tidak heran seandainya calon mahasiswa tanah air mengikuti seleksi nasional yang ketat sebelum dapat memakai jas kuning kebanggaan Universitas Indonesia.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

universitas gajah mada

Saat nama Universitas Gadjah Mada disebut-sebut, pasti kamu mengakui universitas negeri terbaik di Indonesia yang satu ini. Dengan skor 3,315, universitas ini menduduki posisi sebagai universitas terbaik selanjutnya. Kini, Universitas Gadjah Mada memiliki 18 fakultas dengan 256 program studi. Bahkan, program studi Biologi meraih posisi pertama di QS WUR.

Universitas Airlangga (Unair)

universitas negeri terbaik di indonesia

Universitas Airlangga merupakan universitas populer di Surabaya. Sebelumnya, universitas ini menjadi jajaran universitas terbaik menurut QS World University Ranking. Oleh karena itu, tidak heran jika berdasarkan klasterisasi Kemendikbud, Universitas Airlangga memperoleh skor 3,229. Nah, apakah kamu berniat untuk bekerja atau menjadi salah satu mahasiswa di universitas ini?

Universitas Hasanuddin (UNHAS)

universitas negeri indonesia

Tidak hanya universitas-universitas di Pulau Jawa, Universitas Hasanuddin di Makassar juga menempati posisi sebagai universitas negeri terbaik di Indonesia. Universitas ini mempunyai konsep pembangunan berbasis kemanusiaan atau humaniversity. Sampai sekarang, Universitas Hasanuddin terbukti mempunyai alumni-alumni petinggi negara, seperti Jusuf Kalla, Hamdan Zoelva, dan Abraham Samad.

Universitas Brawijaya (Unibraw)

universitas brawijaya

Sebenarnya, berdasarkan klasterisasi, Universitas Hasanuddin dan Universitas Brawijaya mempunyai skor yang sama pada tahun 2020, yakni sebesar 3,161. Hal ini membuat Universitas Brawijaya tergolong sebagai salah satu universitas populer di Indonesia. Bahkan, berdasarkan Webometrics, universitas ini termasuk universitas berstandar internasional paling unggul setelah Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Pencapaian ini tidak diperoleh secara instan, melainkan melalui proses panjang sejak didirikan pada tahun 1963. Awalnya, Universitas Brawijaya merupakan universitas swasta dengan 2 fakultas, tetapi kemudian beralih status menjadi universitas negeri melalui keputusan menteri di masanya. Sampai sekarang, Universitas Brawijaya terus berkembang dengan lebih dari 15 fakultas.

Demikian, daftar universitas negeri terbaik tahun 2020. Nah, jika ingin melihat data klasterisasi secara lengkap, kunjungi laman kemdikbud.go.id. Selain itu, jika kamu tertarik untuk melanjutkan studi di universitas terbaik di berbagai negara dunia, kamu dapat menghubungi SUN Education. Kunjungi cabang SUN Education terdekat ya!

Comments are closed.