Perbandingan Biaya Kuliah di Luar Negeri di 5 Negara dengan Edukasi Terbaik
8 Agustus 2020
Cara Memilih Jurusan Kuliah di Luar Negeri Dengan Tepat
12 Agustus 2020

4 Universitas Singapura yang Menyediakan Beasiswa

universitas singapura yang menyediakan beasiswa

universitas singapura yang menyediakan beasiswa

Singapura adalah salah satu negara maju di Asia Tenggara yang juga dikenal dengan kualitas pendidikannya. Tidak hanya di Asia, beberapa institusi pendidikan di negara ini bahkan menduduki posisi yang tinggi di berbagai ranking di tingkat dunia. Tidak heran jika banyak pelajar Indonesia yang tertarik untuk menempuh pendidikan di negara tetangga tersebut. Menariknya, selain terbuka untuk pelajar internasional, banyak universitas Singapura yang menyediakan beasiswa.

Sebagaimana beasiswa pada umumnya, beasiswa ke Singapura juga memiliki banyak persyaratan dan terkadang membutuhkan serangkaian proses seleksi. Hal ini disebabkan karena universitas yang akan menerima mahasiswa melalui jalur beasiswa juga bukan sembarang universitas. Beberapa di antaranya bahkan tidak hanya terbaik di Singapura, namun juga di Asia dan dunia. Nah, kali ini SUN Education akan merangkum universitas-universitas yang menyediakan beasiswa di Singapura. 

4 Universitas di Singapura yang Menerima Pelajar Jalur Beasiswa

beasiswa singapura

Sumber: Freepik

Singapore University of Technology and Design (SUTD)

Singapore University of Technology adalah salah satu universitas di Singapura yang berfokus pada bidang teknologi dan desain. Program-program yang ditawarkan umumnya terkait dengan desain dan arsitektur serta teknologi. Bekerjasama dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT), STUD menerapkan kurikulum yang menawarkan pendidikan teknik dan arsitektur modern yang lebih cepat dari universitas lainnya. 

STUD menyediakan banyak sekali beasiswa yang terbuka untuk pelajar internasional. Salah satu beasiswa yang ditawarkan adalah ASEAN Undergraduate Scholarships (AUS). Beasiswa ini adalah beasiswa untuk program sarjana yang dibuka untuk pelajar dari negara-negara yang tergabung dalam ASEAN. Manfaat yang diberikan antara lain adalah subsidi uang kuliah serta biaya hidup. 

Baca Juga : Udah Tahu Belum? Ini Dia Pertanyaan Wawancara Beasiswa dan Jawabannya

Singapore Management University (SMU)

SMU adalah singkatan untuk Singapore Management SMU atau Singapore Management University salah satu perguruan tinggi di Singapura yang berfokus pada bidang bisnis dan manajemen. Meski demikian, SMU juga menawarkan program-program di bidang informatika, hukum dan ilmu sosial. Di Indonesia sendiri, universitas ini cukup terkenal namanya, terutama di bidang bisnis dan manajemen. 

SMU adalah salah satu universitas di Singapura yang menyediakan berbagai jenis untuk mahasiswa internasional. Salah satu beasiswa yang diberikan kepada pelajar asal Indonesia adalah Tahir Indonesian Scholarship. Beasiswa tersebut akan menanggung biaya kuliah dan kebutuhan studi lainnya hingga 4 tahun, jika kamu dapat mempertahankan prestasi akademikmu. Sayangnya, beasiswa ini sedang tidak dibuka untuk tahun ajaran 2020-2021 dan 2021-2022.  

Nanyang Technological University (NTU)

Nanyang Technology University adalah universitas riset intensif publik di Singapura. Universitas ini menawarkan berbagai program di bidang teknik, bisnis, sains, dan lain-lain. NTU adalah salah satu institusi pendidikan terbaik di Asia dan juga berada di peringkat teratas di dunia. 

Menariknya, NTU juga memiliki penawaran beasiswa bagi pelajar internasional dengan prestasi akademik yang baik. NTU-University Scholars Programme adalah beasiswa yang diberikan dengan cakupan biaya kuliah, akomodasi, uang saku dan lain-lain. Beasiswa ini berlaku untuk pelajar dengan kewarganegaraan apapun, termasuk Indonesia. 

National University of Singapore (NUS)

NUS adalah salah satu universitas Singapura yang menyediakan beasiswa. Universitas ini merupakan institusi bergengsi yang tidak hanya unggul di Singapura, namun juga salah satu terbaik di Asia bahkan dunia. NUS mengedepankan pendekatan global baik untuk pendidikan, penelitian, dan kewirausahaan dengan fokus pada keahlian mahasiswa. Melalui penelitian yang dijalankan dalam beberapa aspek, NUS termasuk dalam jajaran institusi yang mendukung Negara Cerdas Singapura (Singapore’s Smart Nation). 

Baca Juga : 5 Cara Cepat Lulus Kuliah Jika Ingin Lulus Tepat Waktu

NUS juga menawarkan beasiswa untuk pelajar dari negara-negara ASEAN yang disebut ASEAN Undergraduate Scholarship. Beasiswa ini akan memberikan manfaat berupa uang kuliah dan biaya hidup. Sama dengan ketentuan beasiswa pada umumnya, AUS membutuhkan siswa yang memiliki prestasi akademik, aktif serta memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Selain beasiswa ini, NUS juga memiliki banyak tawaran beasiswa lainnya dari pihak internal. 

Kuliah ke Singapura Jalur Beasiswa

kuliah ke singapura

Sumber: Freepik

Tahukah kamu bahwa selain beasiswa yang langsung ditawarkan oleh universitasnya, kamu juga bisa mendaftar beasiswa dari pihak ketiga untuk masuk keempat universitas di atas. Pihak ketiga yang dimaksud di sini adalah pihak luar universitas yang menawarkan beasiswa untuk pelajar yang mendaftar di universitas tertentu. Salah satunya adalah beasiswa Dr. Goh Keng Swee Scholarship atau (GKS). 

Dr. Goh Keng Swee Scholarship (GKS)

Beasiswa Dr. Goh Keng Swee (GKS) adalah beasiswa swasta yang dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Beasiswa ini diberikan kepada pelajar internasional dari negara-negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Beasiswa ini merupakan beasiswa full yang menanggung mulai dari biaya kuliah, tiket pesawat, akomodasi, dan lain-lain. 

Berdasarkan website Association of Banks in Singapore, berikut adalah hal yang ditanggung untuk penerima GKS:

  1. Uang sekolah dan biaya wajib lainnya (selama 4 tahun studi sarjana)
  2. Tiket pesawat (Dari negara asal ke Singapura dan sebaliknya saat studi selesai)
  3. Tunjangan pemeliharaan tahunan sebesar SGD 6500
  4. Tunjangan akomodasi (asrama) berdasarkan universitas
  5. Tunjangan pelunasan (sekali pakai) sebesar SGD 200 setibanya di Singapura.

GKS berlaku selama empat tahun masa studimu dengan syarat dapat mempertahankan prestasi akademik yang dievaluasi setiap tahun. Setelah lulus, kamu juga akan diminta untuk bekerja selama 3 tahun di perusahaan yang ditentukan oleh lembaga pemberi beasiswa. Hal ini adalah syarat sekaligus tawaran yang menarik karena kamu jadi tidak perlu lagi memusingkan karir setelah lulus. 

Beasiswa ini berlaku bagi kamu yang ingin di empat perguruan tinggi unggulan di Singapura yaitu National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (STUD). Beasiswa ini juga berlaku untuk sebagian besar program, kecuali yang spesifik seperti kedokteran. Pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka menjelang akhir tahun, sekitar bulan November hingga Maret/April tahun berikutnya. 

Baca Juga : 7 Tips Belajar yang Baik Saat Kuliah di Luar Negeri

Persiapkan Dirimu Sekarang!

persiapan kuliah ke singapura

Sumber: Freepik

Bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Singapura jalur beasiswa, kamu harus mempersiapkan dirimu sejak di bangku SMA. Pastikan kamu selalu memiliki peningkatan prestasi akademik dan juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kuasai pula bahasa Inggris karena hal tersebut akan memudahkanmu dalam tahap seleksi dan pengurusannya kelak. Jangan lupa untuk memeriksa jadwal penerima dan syarat pendaftarannya agar kamu bisa segera mempersiapkannya. 

Nah, selain itu, jika kamu yang ingin melanjutkan studi di Singapura, terlepas dari kesempatan beasiswa di atas, jangan khawatir. Kamu masih punya banyak pilihan universitas yang menawarkan berbagai program dan bahkan juga ada yang menyediakan beasiswa, lho! Konsultasikan dengan SUN Education sekarang yuk!

Bagi kamu yang masih ingin mencari tahu gambaran mengenai studi di Singapura, kamu dapat mendownload aplikasi “SUN Education” yang sudah tersedia GRATIS di Play Store dan App Store. Kamu dapat mencari informasi mulai dari pilihan universitas, program yang ditawarkan hingga biaya studi untuk masing-masing programnya. Download sekarang ya!

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!