Kualitas diatas Popularitas, Ini Alasan Universitas di Arab Saudi Tepat Dijadikan Destinasi Studi!
30 Agustus 2020
Testimonial SUN Education
Dyah Turangga Dewi
31 Agustus 2020

UTM: Universitas Berbasis Teknologi di Malaysia

universiti teknologi malaysia

Universitas Teknologi Malaysia yang dalam bahasa Malaysia disebut Universiti Teknologi Malaysia adalah salah satu universitas riset publik yang terkemuka di Malaysia. Universitas ini adalah dikenal dengan riset intensif yang terdepan di bidang teknik, sains, dan teknologi. Berdasarkan QS University Rankings terbaru 2020, UTM berada di peringkat ke-187 di dunia dan berada di peringkat ke-46 di Asia. Selain itu UTM juga mendapat masuk ke dalam Asia Top 10 Young University dalam rankings yang sama. 

universitas teknologi di malaysia

Sejarah

Sejarah berdirinya UTM dimulai sejak tahun 1904 di mana sebuah sekolah teknik didirikan di Kuala Lumpur yang mengajarkan teknik terkait perkeretaapian dan pekerjaan umum. Pada tahun 1941, Advisory Committee of Technical Schools merekomendasikan sekolah tersebut untuk menaikan statusnya menjadi perguruan tinggi, namun pembangunannya terhenti karena perang dunia kedua. 

Pada tahun-tahun awal berdirinya, perguruan tinggi teknik tersebut hanya menyediakan program studi diploma dalam jurusan teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro dan radio, arsitektur, serta survei kualitas. Lembaga ini baru mulai meningkatkan program gelar sarjana pada tahun 1960 yang disertai dengan peningkatan kualitas untuk pengujian calon lulusannya. Lembaga ini menjadi lembaga yang mapan secara struktural sejak tahun 1972 dan pada tahun 1975 namanya resmi menjadi Universiti Teknologi Malaysia (UTM). 

Kampus

Meskipun awalnya berasal dari sekolah yang terletak di Kuala Lumpur, kampus utama UTM saat ini berada di Skundai, Johor Bahru. Kampus utama tersebut terletak di atas lahan seluas 971 hektar dan dibuka pada tahun 1985. Selain itu, UTM juga memiliki dua cabang kampus di Kuala Lumpur dan di Pagoh. 

Kampus utama di Johor Bahru menjadi lokasi bagi sebagian besar fasilitas dan gedung belajar di UTM. Kampus kuala lumpur merupakan fasilitas untuk mahasiswa diploma, pelajar paruh waktu, serta untuk pelajar internasional yang mengambil program bisnis. Sementara kampus di Pagoh menjadi lokasi untuk pusat inovasi Universiti Teknologi Malaysia di Agritechnology for Advanced Bioprocessing (UTM-ICA). 

Program yang ditawarkan

Universitas Teknologi Malaysia menawarkan program mulai dari foundation, diploma, program gelar hingga doktoral yang tersedia untuk pelajar lokal dan internasional. Sebagai pelajar internasional, program yang dapat kamu ambil antara lain adalah foundation program, gelar sarjana dan pascasarjana, serta Open Distance Program (ODL). Sementara itu, meski tidak semua bidang ditawarkan untuk pelajar internasional, kamu memiliki pilihan bidang studi yang cukup beragam.

Di tingkat sarjana sendiri kamu bisa mengambil program-program di bidang teknik, sains, sosial sains dan humaniora, dan bisnis. Sementara di tingkat pascasarjana kamu dapat mengambil program di bidang teknik, sosial dan humaniora, lingkungan binaan, sains, bisnis, hingga teknologi informasi. Selain itu, universitas teknologi Malaysia ini juga memiliki program kerjasama dengan Jepang dalam Malaysia-Japan International Institute of Technology. 

Prestasi

Universiti Teknologi Malaysia adalah salah satu dari sedikit universitas negeri di Malaysia yang mendapat status “universitas riset”. Hal ini membuka kesempatan untuk membuat UTM memiliki kesempatan yang luas dalam penelitian dan kerjasamanya dengan dana penelitian dari pemerintah. Tahun 2018 lalu, UTM menerima peringkat 6 bintang dalam Malaysia Research Assessment Instrument (MyRA). 

UTM juga terdepan dalam berbagai urutan peringkat universitas baik di Malaysia maupun di dunia. Hal ini dibuktikan dengan peringkat terbaru dari QS World University Rankings yang menempatkan UTM pada peringkat ke-187 di dunia. Peringkat tersebut juga sekaligus menjadikan UTM sebagai universitas terbaik kelima di Malaysia. 

Pelajar 

Berdasarkan data terbaru yang dirilis bulan Juni tahun ini, saat ini ada 8911 mahasiswa pascasarjana di UTM. Sementara jumlah pelajar untuk program sarjana untuk semua bidangnya mencapai 14.565 mahasiswa. Selanjutnya, Jumlah pelajar internasional yang terdaftar untuk berbagai program yang tersedia adalah 4495 mahasiswa. 

Tertarik untuk melanjutkan studi di UTM?

Kamu dapat langsung mendaftar secara online jika tertarik untuk melanjutkan studi di universitas teknologi Malaysia ini. Selain UTM, ada banyak universitas lainnya di negeri jiran Malaysia yang dapat kamu pilih. Kamu juga dapat mendiskusikan rencana kuliah di Malaysia dengan SUN Education, lho. Segara hubungi SUN Education atau kunjungi cabang terdekat ya! Kantor SUN Education sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19. 

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!