Fakta Le Cordon Bleu Paris: Universitas ‘Culinary’ Terbaik di Prancis Almamater Chef Renatta Moeloek
16 November 2020
Fakta Universitas Kedokteran di Jerman yang Dikenal Berkualitas
18 November 2020

Kuliah Tahun Depan? Pertimbangkan 10 Universitas Terbaik di Kanada 2021

universitas terbaik di kanada

Sumber: Freepik

Kanada merupakan destinasi studi yang banyak diminati oleh pelajar internasional, termasuk dari Indonesia. Negara yang berada di utara Amerika ini memiliki beberapa kota yang dikenal ramah pelajar, seperti Montreal, Toronto dan Vancouver. Selain itu, Kanada juga termasuk negara maju yang menawarkan kesempatan yang besar untuk bekerja setelah lulus kuliah. 

Tidak heran jika banyak pelajar ingin melanjutkan studi bahkan berencana untuk berkarir di Kanada. Selain itu, dari segi pendidikan sendiri Kanada juga sudah maju dan memiliki banyak institusi yang diakui di dunia Internasional. Nah, kali ini SUN Education akan menginformasikan 10 universitas terbaik di Kanada berdasarkan QS World University Rankings® 2021

10 Universitas Terbaik di Kanada 2021

universitas di kanada

Sumber: Freepik

10. University of Calgary

Secara peringkat, University of Calgary adalah sama dengan Queen’s University yaitu berada di peringkat ke-9. Universitas yang berlokasi di Calgary, Alberta ini berdiri pada tahun 1944 sebagai cabang dari University of Alberta. University of Calgary merupakan salah satu universitas riset publik terkemuka di Kanada yang merupakan anggota asosiasi U15. Department of Geosciences dan The Schulich School of Engineering dikenal memiliki kerjasama hubungan yang dekat dengan industri perminyakan. Selain prestasi yang didapatkan dari berbagai ranking terkait akademik, University of Calgary juga dikenal dengan employability lulusannya yang tinggi. 

9. Queen’s University

Berada di peringkat yang sama dengan Western University, Queens University adalah universitas terbaik ke-9 di Kanada. Universitas yang berlokasi di kota Kingston, Ontario ini telah berdiri sejak tahun 1841 sebagai Queen’s College. Queen’s merupakan salah satu universitas di Kanada yang menerima pelajar wanita pada tahun 1986. Hingga saat ini, Queen’s University telah menjadi universitas riset publik yang menawarkan berbagai program studi dari berbagai bidang. Universitas ini juga merupakan anggota grup universitas bergengsi yaitu U15 bersama dengan 14 universitas riset di Kanada lainnya. 

8. Western University

Western University atau yang sebelumnya dikenal sebagai The University of Western Ontario (UWO) telah berdiri sejak 1878. Universitas ini merupakan salah satu anggota U15, yaitu grup universitas yang terkemuka dalam hal riset di Kanda. Salah satu penelitian utama dari Western University adalah mengenai otak manusia melalui The Brain and Mind Institute. Western University memiliki 11 fakultas dan sekolah yang masing-masingnya mewakili bidang ilmu mulai dari senin hingga bisnis dan kesehatan. Selain dari sisi akademik, kehidupan pelajar di Western University juga sangat menyenangkan dengan ratusan klub dan organisasi. 

7. University of Waterloo

Universitas anggota U15 memang mendominasi 10 universitas terbaik di Kanada. Di peringkat ke-7, ada University of Waterloo yang sudah tidak asing lagi bagi pelajar internasional. Universitas yang terletak di Waterloo, Ontario ini tergolong baru dibandingkan anggota U15 lainnya karena baru berdiri pada tahun 1959. Meski demikian, penelitian dan kualitas pendidikan di University of Waterloo tidak kalah jika dibandingkan dengan universitas riset publik yang lainnya. Ada 6 fakultas di University of Waterloo dengan 13 sekolah dan 50 departemen akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. 

6. McMaster University

McMaster University merupakan anggota U15 selanjutnya yang menempati 10 besar universitas terbaik di Kanada. Universitas yang terletak di Hamilton, Ontario ini telah berdiri sejak tahun 1887. Universitas menawarkan berbagai program dalam bidang bisnis, teknik, kesehatan, humaniora, ilmu sosial dan sains. Program yang ditawarkan di McMaster University mulai dari tingkat sarjana hingga doktor yang terbagi dalam 6 fakultas. Salah satu fasilitas utama dari McMaster University adalah perpustakaan universitas yang tergabung dalam  Association of Research Libraries. Sementara itu, dalam hal riset McMaster University terkenal kuat dalam bidang kesehatan. 

5. University of Alberta

Peringkat kelima universitas terbaik di Kanada adalah University of Alberta. Terletak di kota Edmonton, institusi yang merupakan universitas riset publik ini telah berdiri sejak tahun 1908. University of Alberta adalah universitas riset dan komprehensif akademik yang menawarkan bidang akademi yang luas dan program profesional yang disertai kekuatan dalam hal riset. Universitas ini juga merupakan anggota U15 dan merupakan salah satu yang terbaik di antaranya.  Penelitian yang dilakukan di universitas ini terdiri dari banyak bidang mulai dari sains, teknologi informasi, kesehatan, hingga seni dan humaniora. 

4. Université de Montréal

Universitas terbaik di Kanada selanjutnya berlokasi di salah satu kota ramah pelajar yaitu di Montreal, Quebec. University of Montreal atau Université de Montréal adalah universitas riset publik berbahasa Prancis yang berdiri pada tahun 1878. Ada banyak sekali ya program yang ditawarkan oleh universitas anggota U15 ini mulai dari jenjang S1 sampai S3. University of Montreal memiliki 13 fakultas, 6 departemen dan dua sekolah afiliasi berupa politeknik dan sekolah bisnis. Bidang studi yang ditawarkan oleh universitas ini antara lain adalah seni, kesehatan, bisnis, hukum, pendidikan, dan lain-lain. 

3. University of British Columbia

University of British Columbia (UBC) adalah salah universitas riset publik di Kanada yang berlokasi di Vancouver. Universitas ini berdiri pada tahun 1908 dan kerap menempati jajaran universitas terbaik di Kanada. Perpustakaan UBC merupakan salah satu yang terbesar di Kanada dengan jumlah koleksi yang juga terlengkap. Hingga tahun 2007, ada 8 penerima anugerah nobel yang berafiliasi dengan University of British Columbia. University of British Columbia menawarkan berbagai bidang studi dalam berbagai tingkatan pendidikan. Salah satu yang menarik dari bidang yang ditawarkan adalah Interdisciplinary Studies yang menawarkan berbagai program interdisiplin. 

2. McGill University

Berdiri pada tahun 1821, McGill University merupakan universitas riset publik yang berlokasi di Montreal, Quebec. Universitas yang merupakan anggota U15 ini adalah satu-satunya universitas Kanada yang tergabung dalam  Global University Leaders Forum (GULF). Selain itu, McGill University juga merupakan anggota Association of American Universities dari Kanada bersama dengan University of Toronto. Universitas ini menawarkan ratusan program gelar dan diploma dengan rata-rata nilai masuk tertinggi di antara universitas di Kanada lainnya. McGill University termasuk institusi yang konsisten mempertahankan peringkatnya di peringkat 50 besar universitas dunia dari tahun ke tahun. 

1. University of Toronto

Seperti namanya, University of Toronto terletak di kota Toronto, Ontario. Universitas ini berdiri pada tahun 1827 sebagai King’s College yang merupakan universitas tertua di provinsi Ontario. Bersama dengan McGill University, University of Toronto adalah dua universitas Kanada yang tergabung dalam, Association of American Universities. Universitas ini juga termasuk salah satu anggota U15 ini merupakan yang sangat progresif dalam hal riset di berbagai bidang. Sementara itu, program-program yang ditawarkan di University of Toronto berada dalam 18 fakultas yang mewakili berbagai bidang ilmu. 

Lanjut Studi di Kanada Yuk!

kuliah di kanada

Sumber: Freepik

Dari 10 universitas terbaik di Kanada di atas, apakah universitas impianmu termasuk salah satunya? Kanada memiliki banyak institusi pendidikan berkualitas dan sangat terbuka untuk pelajar internasional. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Kanada, kamu bisa berkonsultasi dengan SUN Education, lho! Dapatkan informasi mengenai universitas, program studi, informasi mengenai pendaftaran hingga akomodasi untuk studimu di Kanada. 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan lebih dari 300 institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.