Testimonial SUN Education
Aulia Rahmadiani
31 Agustus 2020
Testimonial SUN Education
Siti Rahmah Aprilia
1 September 2020

5 Fakta Mengenai Universiti Kebangsaan Malaysia

universiti kebangsaan malaysia

Bicara tentang Malaysia sebagai destinasi studi, tidak akan lengkap tanpa menyebut universitas terkemuka seperti Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). National University of Malaysia atau Universiti Kebangsaan Malaysia adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Bandar Baru Bangi, Selangor. Berdiri pada tahun 1970, universitas ini termasuk salah satu universitas paling bergengsi di Malaysia dan juga Asia Tenggara saat ini. 

5 Fakta Mengenai Universiti Kebangsaan Malaysia

ukm malaysia

Institusi Pendidikan Milik Negara

Sesuai namanya, National University of Malaysia atau Universiti Kebangsaan Malaysia merupakan universitas publik atau milik negara. Sama halnya dengan di Indonesia, lembaga pendidikan milik negara mendapat subsidi pendidikan dari pemerintah sehingga biaya studinya relatif lebih murah dibandingkan lembaga swasta. Program-program yang ditawarkan di UKM jauh lebih terjangkau bahkan untuk pelajar internasional sekalipun. Hal ini tentunya menjadi salah satu daya tarik UKM bagi pelajar dari negara-negara lain, termasuk Indonesia. 

Pilihan program untuk mahasiswa internasional

Salah satu hal yang menarik dari UKM adalah tersedianya banyak pilihan program untuk mahasiswa internasional yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Bidang yang ditawarkan pun cukup beragam baik terkait sains dan teknologi maupun sosial humaniora. Pilihan bidang yang bisa kamu diambil oleh mahasiswa internasional dalam berbagai tingkatan tersedia di bidang:

– Ilmu osial dan humaniora

– Ekonomi dan manajemen

– Studi islam

– Hukum

– Pendidikan

– Teknologi informasi

– Teknik dan lingkungan binaan

– Sains dan teknologi

– Kedokteran

– Farmasi

– Kedokteran gigi

– Ilmu kesehatan

Fasilitas kampus yang lengkap

UKM memiliki kampus utama di Bangi, tempat sebagian besar fasilitas berada dan proses belajar mengajar berlangsung. Ada pula kampus cabang di Kuala Lumpur yang menjadi lokasi bagi Fakultas Ilmu Kesehatan, Farmasi, Kedokteran Gigi, dan Departemen Preklinik Fakultas Kedokteran. UKM juga memiliki fasilitas bernama UKM Medical Centre yang berlokasi di Cheras, tidak jauh dari kampus Kuala Lumpur. 

Berbagai fasilitas di Universiti Kebangsaan Malaysia ini terdiri dari berbagai Pusat Layanan dan Institut Penelitian. Tersedia pula perpustakaan, pusat kesehatan, rekreasi dan olahraga akomodasi, hingga berbagai klub dan komunitas mahasiswa. Semua fasilitas tersebut tentunya akan sangat berguna dan membantu siswa selama berkuliah di UKM, baik dalam konteks akademis maupun non-akademis. 

Almamater sejumlah tokoh ternama di Malaysia

Sebagai salah satu institusi terkemuka, UKM juga merupakan almamater bagi beberapa tokoh ternama di negara tersebut. Salah satu yang paling populer adalah astronot pertama Malaysia, yaitu Sheikh Muszaphar Shukor Al Masrie bin Sheikh Mustapha. Selain itu ada pula sederet nama yang menteri dan mantan menteri seperti Wakil Ketua Dewan Perwakilan saat ini Mohd Rashid Hasnon, serta dua mantan Menteri Transportasi Malaysia, Anthony Loke Siew Fook dan Liow Tiong Lai. 

Rangking dan Prestasi

Pada tahun 2006, UKM dianugerahi status sebagai “Universitas Riset Malaysia” oleh Kementerian Pendidikan Tinggi. Masih di tahun yang sama, UKM juga memenangkan Penghargaan Kualitas Perdana Menteri, yang membuktikan upaya UKM untuk menjadi terdepan dalam pendidikan dan manajemen. Hal tersebutlah yang membuat UK hingga saat ini menjadi salah satu universitas yang diperhitungkan di Malaysia sendiri. 

Selain itu, jika melihat peringkat internasional, UKM juga selalu meningkat dari tahun ke tahun. Untuk skala Asia sendiri, UKM meningkat dari peringkat ke-170 tahun lalu, menjadi peringkat ke-160 tahun ini. Sementara berdasarkan QS World University Rankings® 2021, Universiti Kebangsaan Malaysia ini berada di peringkat 141 di dunia yang menjadikannya terbaik ketiga di Malaysia. 

Tertarik Melanjutkan Studi di Malaysia?

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi di Malaysia, universitas ini mungkin dapat kamu jadikan salah satu pilihan. Namun tahukah kamu bahwa Malaysia memiliki banyak sekali pilihan institusi yang tidak kalah kualitasnya? Kamu dapat mendiskusikan rencana studimu di negeri jiran Malaysia dengan SUN Education, lho!

Jika kamu masih ingin mencari informasinya, kamu bisa mendownload aplikasi “SUN Education” di App Store dan Play Store secara GRATIS. Dapatkan informasi mengenai universitas di berbagai negara, lengkap dengan program yang ditawarkan serta  estimasi biaya studinya. Download sekarang yuk!

Tinggalkan Balasan

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!