Pengalaman Kuliah S2 di Inggris
Ini Beberapa Benefit yang Bakal Perkaya Pengalaman Kuliah S2 di Inggris!
8 Maret 2022
Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari
Biomedical Science: Jurusan Biomedis yang Banyak Dicari
9 Maret 2022

University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda

University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda

Sumber: UVA

Jika ditanya dimana negara yang tepat untuk menempuh pendidikan tinggi di Eropa, pasti jawabannya di Belanda. Ya, Belanda memiliki latar belakang sejarah dengan Indonesia. Namun hal itu bukan menjadi alasan mengapa negara ini disukai pelajar Indonesia. Alasannya adalah pendidikan tinggi di Belanda termasuk yang terbaik di Eropa dan biaya hidup di sana tergolong murah juga. Institusi pendidikan tinggi di Belanda tak hanya bagus, tapi banyak yang diberikan dalam bahasa Inggris sehingga menarik perhatian dari pelajar lintas negara. Salah satu yang menyediakan perkuliahan berbahasa Inggris di Belanda adalah University of Amsterdam. Terletak di ibu kota Belanda, yuk, kita kenalan dengan University of Amsterdam. Siapa tahu kampus ini menjadi kampus masa depan yang mau kuliah di Eropa!

 

Berkenalan dengan University of Amsterdam

University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda

Sumber: Linkdn

University of Amsterdam berdiri pada 1632 dan termasuk ke dalam 3 universitas tertua di Belanda. Semenjak tahun 1961, kampus yang juga bernama Universitiet van Amsterdam disebut sebagai national university yang dibiayai oleh pemerintah pusat negaranya. Selama 3 abad lebih, kampus ini berhasil menelurkan 6 peraih penghargaan Nobel dan 5 Perdana Menteri Belanda. 

University of Amsterdam juga tercatat sebagai salah satu universitas penelitian terbesar di Eropa dengan 30 ribu lebih mahasiswa yang mengenyam gelar Bachelor dan 1.300 mahasiswa PhD. University of Amsterdam juga sangat welcome sekali dengan pelajar internasional. Setidaknya setiap tahunnya kampus ini menerima lebih dari 2.500 dari 100 negara.

 

Termasuk Universitas Terbaik di Eropa

University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda

Sumber: ON Campus

Salah satu alasan untuk memilih universitas adalah melihat kualitasnya. Darimana kamu tahu jika universitas itu memiliki kualitas yang bagus? Kamu bisa melihat dari ranking yang diberikan oleh lembaga-lembaga dan media yang bergerak di bidang pendidikan. Kamu nggak perlu ragu dengan kualitas University of Amsterdam karena kampus ini disebut sebagai “one of the best university in Europe”.

University of Amsterdam tercatat ranking 14 di Eropa, ranking 55 di dunia dan ranking 1 di Belanda menurut QS World University Rankings. Sebelumnya kampus ini juga pernah menempati Top 50 worldwide dalam 7 bidang yakni linguistik, sosiologi, filosofi, geografi, sains, ekonomi dan ekonometrika juga akuntansi dan keuangan pada tahun 2011. Di tahun 2018 dan 2019 dua departemen dari Media dan Komunikasinya juga ranking 1 di dunia berdasarkan mata kuliah dari QS Ranking.

 

Program yang Tersedia di University of Amsterdam

University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda

Sumber: Art and Education

Kampus ini menyediakan program studi mulai dari Bachelor dan Master. Tapi kamu juga bisa mengikuti program-program lainnya seperti Executive Masters atau MBA, summer and winter course, hingga exchange programme yang menambah pengalaman kamu selama menjadi mahasiswa di sana kelak.

University of Amsterdam juga terbagi ke dalam 7 fakultas yang dipimpin oleh dekan. Fakultasnya antara lain  Faculties of Humanities, Social and Behavioural Sciences, Economics and Business, Science, Law, Medicine, and Dentistry. Dari 7 fakultas ini, Faculty of Humanities memiliki jurusan terbanyak yakni 12 dari total 23 jurusan.

 

Perkuliahan dengan Bahasa Inggris

University of Amsterdam, Kampus Pilihan untuk Kuliah di Belanda

Sumber: Pexels

Selain menjadi salah satu universitas tertua di Belanda, University of Amsterdam juga menarik perhatian pelajar internasional yakni memiliki banyak jurusan yang hadir dalam bahasa Inggris. Programnya terbentang dari Bachelor hingga Master. Setidaknya ada 20 program yang perkuliahannya menggunakan full bahasa Inggris. Dengan banyaknya program kuliah dalam bahasa Inggris, University of Amsterdam dicap sebagai universitas di Eropa yang memiliki program berbahasa Inggris terbanyak di benua tersebut.

Meski kuliah dengan bahasa Inggris, bukan berarti kamu nggak perlu belajar bahasa setempat. Dengan belajar bahasa Belanda, kamu akan lebih mudah akrab dengan masyarakat setempat, mudah bergaul, membangun koneksi, bahkan memperlancar proses kuliah di sana juga. Sebaiknya, belajar bahasa Belanda dahulu sebelum berangkat ke negara tersebut. Setidaknya belajar selama 6 bulan-1 tahun untuk bisa membuat kamu melakukan percakapan sehari-hari dengan warga setempat.

 

Kehidupan Mahasiswa di University of Amsterdam

Sumber: Wikimedia

Dari Amsterdam tempat kampusnya berada, kota ini menempati posisi kedua dari 37 kota di dunia sebagai kota yang indah berdasarkan Time Out Magazine. Kota ini mendapatkan peringkat tinggi dalam penghijauan kota dan tenaga berkelanjutan. Contohnya saja Vondelpark yang terkenal sebagai “paru-paru kota” yang memiliki lahan penghijauan yang luas. Setidaknya 96-97% siswa merasa aman dan terlindungi selama berkuliah di Amsterdam.

Selain itu, kuliah di Amsterdam menjadi surganya mahasiswa karena Belanda merupakan negara termurah di Eropa. Apalagi dengan latar belakang sejarah dengan Indonesia, banyak sekali restoran-restoran Indonesia yang siap mengobati rasa kangen kamu. Selain itu, kamu juga akan menemukan bumbu-bumbu dan rempah khas Indonesia di supermarket-supermarket di Belanda. Kamu pun bisa memasak sendiri masakan khas Indonesia di rumah dengan harga yang lebih murah dan bisa sesuai selera.

Karena University of Amsterdam menerima banyak mahasiswa internasional, hal ini bisa menjadi kesempatan kamu untuk menjalin koneksi dengan mahasiswa dari negara lain. Makanya selama kamu kuliah di sana sebaiknya kamu jangan jadi mahasiswa yang pasif. Keluarlah untuk bergaul dengan sesama mahasiswa internasional, atau ikuti kelas yang dari dosen tamu berpengalaman. Dengan begini kamu pun akan meningkatkan skill dan pengetahuan yang akan berguna di masa depan.

 

Persiapan Sebelum Kuliah di University of Amsterdam

Sumber: Pexels

Berkuliah di luar negeri pastinya membutuhkan persiapan yang cukup banyak. Misalnya untuk memenuhi persyaratan akademis atau Bahasa Inggris sesuai dengan universitas dan jurusan yang kamu pilih. Kamu juga harus mencari akomodasi selama perkuliahan di luar negeri bila kampus kamu nggak menyediakan asrama. Cukup membingungkan, bukan?

Tenang, semua persiapan kuliah di luar negeri termasuk ke University of Amsterdam bisa SUN Education bantu. Persiapan mulai dari nilai Bahasa Inggris, proses aplikasi, pencarian akomodasi, hingga pre-departure briefing sebelum kamu berangkat ke Belanda akan kami bantu. 

Kamu juga bisa mendapatkan info lengkap mengenai University of Amsterdam di sini.

Sambil mempersiapkan persiapan kuliah di luar negeri, kamu bisa sambil membaca informasi tentang perkuliahan luar negeri dan negara tujuan favorit di SUN Education e-guide book. Buku ini bisa kamu akses dimanapun dan kapanpun secara GRATIS. Jadi, nggak ada lagi kata ragu untuk kuliah di Belanda. Segera rencanakan kuliah di luar negeri sekarang bersama SUN Education!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Tinggalkan Balasan