Tak Hanya Menarik, Prospek Studi ‘Cybersecurity’ Juga Dicari di Singapura
22 Juli 2019
otago university
Virtual Lab ‘Game-Changer’: Yang Baru di Sekolah Farmasi University of Otago
22 Juli 2019

University of Canterbury Mt. John Observatory: Satu-satunya Wisata Astronomi di Selandia Baru

Sumber: Dark Sky Project

Dikelilingi langit malam tak berpolusi sembari memandang bintang di Langit Selatan, siapa yang tidak ingin melewatkannya?

Sumber: University of Canterbury

University of Canterbury Mount John Observatory (UCJMO) merupakan observatorium penelitian astronomi satu-satunya di Selandia Baru. Berdiri sejak tahun 1965, observatorium ini berada di puncak Mount John—ujung utara Mackenzie Basin yang ada di South Island. UCJMO dioperasikan oleh University of Canterbury (UC) dan observatoriumnya merupakan milik Departemen Fisika dan Astronomi UC sendiri.

Dengan hamparan langit yang sangat bersih, mengunjungi UCJMO adalah pilihan tepat untuk melakukan aktivitas observasi. Berhubung mereka menawarkan tur di siang dan malam hari, kamu dapat memilih jadwal sesuai dengan keinginanmu. Saat mengikuti tur, kamu akan menjumpai para astronom yang bekerja disana. Mereka siap mengajakmu berkeliling untuk melihat-lihat dan menunjukkanmu berbagai objek yang ada di langit. Tak ketinggalan, karena mereka adalah ahlinya—kamu akan diberikan informasi-informasi penting seputar astronomi.

Sumber: Dark Sky Project

Disamping itu, kamu bisa menggunakan teleskop yang ada diluar observatorium. Instrumen pengamatan tersebut diarahkan pada beberapa objek menarik yang dapat dilihat secara bergantian oleh para pengunjung. Mereka juga memiliki proyek Microlensing Observations in Astrophysics (MOA) di dalam kubah observatorium. Dimana teleskop khusus menggunakan gravitasi mikro untuk mendeteksi planet disekitar bintang-bintang jauh. Menariknya, banyak planet yang telah ditemukan dengan menggunakan sains canggih ini!

Sumber: Dark Sky Project

Menarik bukan?

Bagi kamu yang tertarik mencoba pengalaman baru, UCMJO bisa ditambahkan ke dalam rencana perjalanan wisatamu. Tak sekadar jalan-jalan—wisata astronomi menarik ini bisa mengajarkanmu ilmu-ilmu baru! Selain memandang langit malam yang cerah dan melihat bintang bertaburan, kamu akan berkesempatan untuk mempelajari astronomi dan terlibat langsung dengan kejeniusan para pekerja dan teknologi yang ada di observatorium ini.

Comments are closed.

Install SUN Education App
sekarang!
Wajib dimiliki oleh siapapun yang berencana
kuliah keluar negeri!