contoh soal tes gmat
5 ‘Platform’ Virtual Gratis untuk Belajar Contoh Soal Tes GMAT, Siap?
15 Juli 2021
jenis jenis akomodasi di Belanda
Jenis-jenis Akomodasi di Belanda, Mahasiswa Internasional Wajib Tahu!
16 Juli 2021

University of Liverpool Buka Program Master The Beatles, Minat Daftar?

University of Liverpool

Sumber: Instagram @livuni

Apa sih yang terlintas di pikiran kita ketika mendengar kata ‘Liverpool’? Kota di Inggris? Band The Beatles? Ataukah klub sepak bola? Liverpool yang ikonik memang mengingatkan kita pada banyak hal. Namun, tahukah kamu jika salah satu kampus unggulan Inggris, University of Liverpool, juga berlokasi di kota ini? 

 

Kuliah Master Jurusan The Beatles 

University of Liverpool yang memiliki reputasi baik di berbagai bidang ini akan meluncurkan 2 program baru S2 pada September mendatang, salah satunya adalah The Beatles: Industri Musik dan Warisan Budaya. Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari perjalanan karier musik The Beatles dan signifikansinya dalam industri kreatif dan budaya populer yang mencakup sektor media, pariwisata, dan warisan lokal, regional, serta internasional. 

Jurusan The Beatles

Sumber: liverpool.ac.uk/music/

Menurut Holly Tessler, kepala Program Studi The Beatles, lewat program ini mahasiswa juga akan dikenalkan dengan sektor pariwisata di Liverpool dan Inggris. Selama belajar, mahasiswa akan dapat mengunjungi situs-situs di Merseyside yang merupakan tempat bersejarah bagi The Beatles, khususnya di tahun-tahun awal band ini terbentuk. Jurusan The Beatles ini berada di bawah departemen musik, yang merupakan program spesialis pertama di dunia yang mempelajari musik populer. Para pengajarnya pun merupakan pengurus dari Grup Warisan Beatles di Kota Liverpool, lho! 

Secara umum, studi musik di University of Liverpool mencakup beberapa kajian, yaitu teori kritis, ilmu musik, analisis musik, musik dan gambar bergerak, etnomusikologi, komposisi industri musik, serta studi media dan budaya. Berikut ini adalah mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan The Beatles: Industri Musik dan Warisan Budaya tiap semesternya:

  • I: Studying music industry, Heritage & Culture: The Beatles Liverpool through 1966, The Beatles in the 20th Century
  • II: Heritage & Legacy: The Beatles’ Liverpool 1967-Present, The Beatles in the 21st Century, The Beatles & Cultural Planning
  • III: MA Beatles Dissertation

Selain penggemar The Beatles, jurusan ini juga cocok bagi mahasiswa yang tertarik mengembangkan kariernya di industri musik dan kreatif, museum, galeri dan seni rupa, serta sektor pariwisata dan rekreasi. 

 

Ada Fakultas Apa Saja di University of Liverpool?

Mahasiswa di University of Livrepool

Sumber: liverpool.ac.uk

Lalu, buat kamu yang tertarik kuliah di program studi lain di kampus ini, berikut 3 fakultas utama beserta jurusannya:

  • Fakultas Kesehatan dan Ilmu Kehidupan memiliki 5 jurusan, yaitu Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Kesehatan, Ilmu Kehidupan, dan Psikologi. Selain itu, fakultas ini juga memiliki 8 institut, di antaranya Institut Ilmu Klinik, Ilmu Kehidupan dan Manusia, Ilmu Kedokteran Hewan, Penuaan dan Penyakit Kronis, Infeksi dan Kesehatan Global, Biologi Integratif, Psikologi, Kesehatan, dan Masyarakat, serta Kedokteran Tradisional
  • Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial terdiri dari 4 jurusan, di antaranya Jurusan Senin, Sejarah, Bahasa, dan Budaya, Hukum dan Keadilan Sosial, dan Sekolah Manajemen (ULMS) 
  • Fakultas Sains dan Teknik menyediakan 4 jurusan, yakni Jurusan Teknik, Kelistrikan, Elektronik dan Ilmu Komputer, Ilmu Lingkungan, dan Ilmu Fisika

 

Alasan Kuliah di The University of Liverpool

University of Liverpool

Sumber: Instagram @livuni

Kampus Unggulan

Kampus ini merupakan salah satu anggota Russell Group, perkumpulan 24 universitas elite yang berfokus pada penelitian sekaligus universitas peringkat atas di Inggris. Kedua jurusan unggulannya, Computer Sciences dan Chemistry, meraih peringkat 1 di Inggris karena lebih dari 95% hasil risetnya dinilai berpengaruh besar bagi dunia. Di kancah global, universitas ini bahkan menempati peringkat ke-189 versi QS Global World Rankings 2022, lho!

Karena punya reputasi yang cukup bagus dalam bidang teknologi, musik, olahraga, arsitektur, dan budaya, tak heran jika kampus ini jadi idaman mahasiswa domestik maupun internasional. Kampus ini memiliki sekitar 8.000 mahasiswa dari lebih dari 130 negara setiap tahunnya. 

 

Fasilitas yang Lengkap 

  1. Pusat Olahraga dan Kebugaran 

Yang termasuk dalam fasilitas ini adalah 2 aula olahraga, 4 lapangan squash, dan 2 kolam renang. Di area kolam renang, mahasiswa dapat mengikuti sesi latihan berenang, polo air, canoe dan sub aqua. 

  1. Perpustakaan

Kampus ini memiliki dua perpustakaan dengan lebih dari 2,5 juta sumber belajar. Seluruh areanya dilengkapi dengan koneksi WiFi dan sejumlah laptop.

Perpustakaan kampus

Sumber: liverpool.ac.uk/study/

  1. Pusat Bahasa

Di fasilitas ini tersedia berbagai sumber pembelajaran, mulai dari buku hingga bimbingan anggota staf pengajar untuk membantu meningkatkan keahlian bahasa Inggris. Para staf akan merekomendasikan sumber belajar yang relevan. 

  1. Akomodasi

Bagi para mahasiswa internasional, kampus ini menyediakan berbagai tipe akomodasi yang nyaman dan aman. University of Liverpool menawarkan lebih dari 4.500 kamar untuk mahasiswa, baik di Greenbank Student Village maupun di hunian mahasiswa di seluruh kota. 

Akomodasi kampus

liverpool.ac.uk/accommodation/

  1. Layanan Bimbingan dan Konsultasi 

Jika kamu mempunyai masalah, kamu bisa menghubungi tim Student Welfare and Guidance. Tim ini akan memberimu dukungan lewat telepon dan email selama situasi COVID-19 yang sedang berlangsung.

 

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Per Tahun  

  • Biaya Kuliah

S1 : £17,400 – £21,300

S2/S3 : £17,300 – £20,800

 

  • Biaya Hidup

£13.500

 

Mau tahu informasi lebih banyak soal University of Liverpool? Yuk cari tahu lebih lanjut lewat SUN Education! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu atau baca SUN E-Guide Book GRATIS!

 

Comments are closed.