Acsenda School of Management: Kuliah Manajemen dengan ‘Vibes’ Menyenangkan di Kanada
3 November 2020
Selandia Baru dan Biaya Kuliah S3 PhD yang Super ‘Budget-Friendly’
5 November 2020

Bawakan Konsep Baru, Le Cordon Bleu Adakan Virtual Culinary Festival 2020

virtual culinary festival

Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival 2020 adalah festival kuliner ke-8 yang telah diadakan Le Cordon Bleu (LCB) di Indonesia setiap tahunnya. Workshop ini mempertemukan pelajar Indonesia yang memiliki ketertarikan di bidang kuliner dengan chef alumni Le Cordon Bleu untuk berbagi ilmu. Namun, acara yang diadakan tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya, LCB membuat inovasi baru di mana acara tersebut diadakan secara online selama dua hari tanggal 24 dan 25 Oktober 2020. 

lcb culinary festival

Chef Caniggia G.G dan Chef Nathalie Effendy. Doc: Le Cordon Bleu

Acara ini merupakan kerjasama antara Le Cordon Bleu dengan SUN Education sebagai penyelenggaranya. Dalam acara ini hadir pula Chef Caniggia G.G yang merupakan alumni Le Cordon Bleu yang akan menjadi pengisi acara dalam kesempatan tersebut. Le Cordon Bleu Virtual Culinary Festival ini dimulai dengan perkenalan singkat mengenai Le Cordon Bleu oleh perwakilan institusinya, mulai dari kampus dan fasilitas hingga program-program yang ditawarkan. 

Ada sekitar 300 peserta yang menghadiri acara ini dari berbagai kota dan wilayah di Indonesia. Biasanya, Le Cordon Bleu Culinary Festival diadakan di Jakarta dan dihadiri terbatas warga jabodetabek saja serta dalam jumlah yang sangat terbatas. Perubahan sistem penyelenggaraan acara ini juga memberikan kesempatan lebih banyak pelajar Indonesia dari berbagai daerah untuk berpartisipasi. 

Day 1: Cuisine

virtual cullinary festival

Croque Madame. Doc: Le Cordon Bleu

Pada hari pertama, tema yang diangkat adalah “Cuisine”, di mana ada demonstrasi memasak oleh dua orang Chef alumni LCB. Keduanya adalah Chef Caniggia G.G (Le Cordon Bleu Paris) dan Chef Nathalie Effendy (Le Cordon Bleu Paris dan Melbourne). Menu yang didemonstrasikan adalah hidangan klasik dari Prancis yaitu Croque Madame yang merupakan sandwich dengan keju dan ham

Sesi demonstrasi ini acara inti yang merupakan ajang memasak bersama dengan para peserta yang sebelumnya telah diberikan recipe hidangan yang akan dibuat. Hal ini tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan Culinary Festival pada tahun-tahun sebelumnya di mana juga ada acara memasak bersama. Hanya saja, kali ini kegiatan tersebut tidak dapat dilakukan secara langsung, melainkan dipraktikkan di rumah masing-masing. 

Setelah itu, ada sesi tanya jawab dan sharing oleh Chef Caniggia G.G di mana peserta diperkenankan untuk mengajukan pertanyaan. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diterima oleh Chef yang kerap disapa “Iggi” tersebut. Mulai dari hidangan yang dibuat hari itu, hingga pertanyaan mengenai kehidupan perkuliahannya di Le Cordon Bleu Paris. 

Le Cordon Bleu

Le Cordon Bleu (LCB) adalah sekolah kuliner Prancis yang telah berdiri sejak tahun 1895 dan memiliki kampus di berbagai negara. Sesuai dengan tempat asalnya, hidangan yang diajarkan dalam sekolah ini adalah hidangan khas Prancis yang mendunia. Persebaran alumni Le Cordon Bleu sendiri juga sangat luas dan telah menempati berbagai profesi di bidang kuliner. Tidak heran jika nama Le Cordon Bleu sendiri juga sangat dikenal di bidang hospitality dan khususnya kuliner Prancis. 

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan di bidang culinary atau hospitality, serta ingin berkarir di bidang ini, Le Cordon Bleu wajib kamu pertimbangkan untuk memperdalam ilmu. Terutama jika yang kamu berfokus pada hidangan prancis yang digemari di seluruh dunia yang menawarkan banyak kesempatan buatmu. Rencanakan studimu di Le Cordon Bleu dengan SUN Education yuk! Kunjungi cabang SUN Education terdekat di kotamu, atau hubungi kami sekarang!

Comments are closed.