Manfaat membaca novel bahasa Inggris untuk pemula
20 Juli 2022
Kursus Bahasa Inggris di Gading Serpong
20 Juli 2022

Wajib Tahu Standar Nilai TOEFL Minimal untuk Jenjang S1

Banyak pertanyaan muncul ketika teman-teman sedang mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dan salah satunya adalah berapa nilai TOEFL minimal untuk S1.

TOEFL sendiri adalah sertifikat berbasis skor tes yang dapat memberikan informasi tentang tingkat kemampuan komunikasi Anda dalam bahasa Inggris, terutama di lingkungan akademik. Lebih dari 7.000 universitas di 130 negara, termasuk universitas terkemuka di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru menggunakan hasil tes ini. Ketika memasuki universitas asing, universitas atau sekolah pascasarjana, Anda harus membuktikan kecakapan bahasa Inggris dan kecakapan bahasa Inggris Anda dengan ujian masuk. Karena itu mengetahui nilai TOEFL minimal untuk S1 amatlah penting.

Tes TOEFL memberikan siswa kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka dalam bahasa Inggris saat belajar dan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Bahasa ujiannya adalah bahasa Inggris modern, bahasa kuliah dan seminar. Guru dari bahasa yang sama mengungkapkan ketika mendiskusikan masalah praktis dan teoritis dalam kursus dengan siswa mereka.

TOEFL ITP atau Institutional Testing Program

Tes ini pertama kali muncul pada 1980-an dan kemudian berubah menjadi Paper Based Test (PBT). Seiring waktu, tes ini menjadi ITP. Ini berarti bahwa sertifikat ini hanya berlaku secara lokal. Namun sayangnya tes ini tidak eligible bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Jenis tes ini menggunakan kertas sebagai alat tes. TOEFL PBT terdiri dari tiga bagian: mendengarkan, struktur, dan membaca. Skor TOEFL PBT berkisar antara 217 hingga 677 dan periode tes adalah 2 hingga 2,5 jam.

Saat ini jenjang S1 biasanya membutuhkan skor pada kisaran 450-500 sebagai syarat kelulusan. Untuk level S2 dan S3 adalah 500-550. Sayangnya, ini hanya berlaku untuk siswa yang sedang belajar di Indonesia.

TOEFL iBT atau Internet Based Test

Tes ini adalah jenis terbaru yang dikembangkan oleh ETS pada tahun 2006. Tes ini dikembangkan karena meningkatnya permintaan umum akan sertifikasi yang mengukur kecakapan bahasa Inggris yang tersebar di seluruh dunia dan berguna untuk pendidikan lanjutan di luar negeri. Perbedaan utama adalah bahwa tes ini menggunakan komputer sebagai alat tes. Namun, karena hanya sistem tes yang menggunakan internet, maka dalam menjawab pun secara online. Bahan di dalamnya tidak berbeda dengan tipe sebelumnya. Perbedaannya adalah durasinya sekitar 4 jam dan skornya antara 0 dan 120. Selain itu, tes ini menguji kemampuan membaca, mendengar, menulis, dan berbicara Anda.

Sahabat Sun yang ingin mengambil Pendidikan di luar negeri wajib mengetahui bahwa standar masuk program sarjana di berbagai pendidikan luar negeri ialah nilai toefl minimal untuk S1 yakni skor 80 sampai 100. Beberapa Universitas menawarkan program studi, menerima skor TOEFL lebih rendah atau justru mengharuskan skor TOEFL lebih tinggi.

Jika Anda ingin bekerja di BUMN atau menjadi PNS, Sahabat SUN dapat menawarkan TOEFL ITP sebagai salah satu persyaratan utama. Namun, jika Anda ingin belajar di luar negeri, Anda juga memerlukan sertifikat TOEFL, tetapi jenis tes TOEFL yang perlu Anda ikuti adalah IBT.

Oleh karena itu wajar untuk mulai mempersiapkan skor TOEFL anda lebih awal dan dengan mengetahui nilai toefl minimal untuk S1 ini merupakan langkah pertama bagi teman-teman, karena bukan ketika Anda lulus dan belajar. Tes ini terlihat sederhana, tetapi sebenarnya sangat sulit.

Dari sejarah tes TOEFL, ETS berbasis di Amerika Serikat sebagai penyelenggara resmi TOEFL, sehingga aksen Amerika juga digunakan untuk aksen auditori. Hal ini memudahkan teman-teman SUN yang sudah terbiasa dengan film dan acara TV Amerika untuk bekerja mendengarkan.

Dalam hal pemahaman bacaan (reading), ini bisa berarti bahwa kemampuan ini juga menantang. Karena bacaan yang ada adalah sejarah tentang Amerika yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Sebuah petunjuk adalah untuk membaca banyak tentang teks panjang sehingga teman-teman SUN Anda dapat lebih memahami apa yang mereka maksud. Struktur dan menulis adalah salah satu keterampilan yang paling sulit dalam tes ini karena mereka membutuhkan pengetahuan tata bahasa yang luas. Jika kemampuan ini tidak dapat dilakukan, hal ini akan mempengaruhi nilai yang dicapai nantinya.

Untuk informasi lengkap seputar kursus Bahasa Inggris, pilihan program belajar, hingga berbagai International Test Preparation eksklusif, kamu bisa temukan informasinya di sini. SUN English merupakan ahli dalam bidang persiapan tes internasional yang mengembangkan berbagai program dalam membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris-mu. Kami merupakan bagian dari SUN Education Group yang bekerjasama dengan institusi top dunia luar negeri dalam menyajikan dukungan studi terbaik ke luar

Tinggalkan Balasan