pengalaman kuliah online di masa pandemi
Pengalaman Kuliah Online di Masa Pandemi: Apa Sih Keuntungannya?
4 April 2022
alasan memilih jurusan ilmu komunikasi
Jangan Bingung! Ini 5 Alasan Kamu Harus Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi
5 April 2022

Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!

Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!

Siapa yang mau masuk jurusan akuntansi? Yap, salah satu jurusan dari Fakultas Ekonomi ini menjadi jurusan yang popular baik kamu lulusan IPA, IPS bahkan SMK sekalipun. Banyak alasan yang menjadikan jurusan ini sebagai jurusan favorit. Bisa karena prospek kerjanya yang luas, menjanjikan gaji besar hingga bisa kuliah ke luar negeri. Sebelum kamu kuliah jurusan ini, kamu wajib tahu apa saja yang menjadi syarat masuk jurusan akuntansi. Khususnya yang ingin kuliah ke luar negeri. Tentunya syarat masuknya akan sangat berbeda dengan universitas di Indonesia. Sebagai perbandingan, kali ini kita melihat syarat masuk jurusan akuntansi di University of Manchester di Inggris. Buat yang mau kuliah di Inggris, wajib baca sampai habis ya!

 

Persyaratan akademis

Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!

Untuk program BSc di University of Manchester memiliki persyaratan A-Level dengan Nilai AAA. Mata pelajaran A-Level yang sebaiknya kamu ajukan adalah Akuntansi, Bisnis, Ekonomi, Sastra/Bahasa Inggris, Geografi, Hukum, Matematika Dasar/Lanjutan, Politik, Statistika dan Metode Kuantitatif. Selain A-Level, persyaratan akademis lain yang bisa kamu ajukan adalah GCSE dengan nilai B atau 6 pada Bahasa Inggris atau A atau 7 pada Matematika. Ada pula International Baccalaureate dengan total nilai 36 yang pembagiannya 6,6,6 pada mata pelajaran tingkat lebih tinggi pada Bahasa Inggris dan Matematika.

 

English Language Requirements

Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!

Selain persyaratan akademis, sebagai mahasiswa internasional kamu juga harus memenuhi persyaratan bahasa Inggris. Kamu wajib menyerahkan sertifikat bahasa asing seperti IELTS atau iBT TOEFL. Untuk syarat masuk jurusan akuntansi di kampus ini kamu bisa menyerahkan nilai bahasa Inggris dari IELTS dengan total nilai 6,5, PTE dengan nilai total 70, atau GCSE/iGCSE dengan nilai B atau 6. Pastikan sertifikat ini masih berlaku saat kamu kumpulkan, ya. Beberapa sertifikat hanya valid 2 tahun saja. Jadi sebaiknya kamu mengikuti tes bahasa Inggris tersebut saat ingin masuk kuliah saja, ya!

 

Dokumen pendukung yang nggak kalah penting

Wajib Tahu Syarat Masuk Jurusan Akuntansi di Universitas Luar Negeri Ini!

Selain memenuhi syarat masuk jurusan akuntansi, kamu juga harus memiliki dokumen pendukung yang nggak kalah penting. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan antara ijazah dan transkrip nilai, surat rekomendasi dan lain-lain. Oh ya, semuanya harus diterjemahkan minimal ke dalam bahasa Inggris, ya. Selain itu, beberapa universitas juga menyuruh mahasiswanya membuat essay atau personal statement dari calon mahasiswa sebagai salah satu persyaratan masuk.

 

Penting mengikuti foundation

Jika kamu lulus dengan ijazah sekolah nasional, kamu harus memiliki nilai dari kurikulum internasional seperti A-Level atau International Baccalaureate. Untuk mendapatkannya, kamu harus mengikuti foundation. Foundation merupakan program persiapan untuk siswa yang mau kuliah ke luar negeri. Di sini kamu akan mempelajari keahlian bahasa Inggris dan mata pelajaran sesuai jurusan yang kamu ambil.

Misalnya untuk jurusan akuntansi, kamu akan mengambil program foundation bisnis. Nanti kamu akan belajar mata pelajaran seperti mikroekonomi, pengantar akuntansi, matematika bisnis, pendahuluan bisnis dan manajemen, marketing, dan lain-lain. Selain untuk memenuhi persyaratan akademis, foundation juga melancarkan transisi kamu kuliah ke luar negeri. Durasi foundation sendiri sekitar 12 bulan. Untuk kuliah di Inggris sendiri bisa dibilang harus mengikuti program satu ini. 

 

Agar siap kuliah jurusan akuntansi ke luar negeri

Buat kamu yang mau kuliah jurusan akuntansi ke luar negeri, jangan kaget bila persiapannya akan banyak sekali. Daripada kamu kurang informasi, lebih baik segera KONSULTASI GRATIS rencana studi kamu ke luar negeri dengan SUN Education. Kamu bisa berdiskusi lebih lanjut mengenai syarat masuk jurusan akuntansi ke luar negeri, proses aplikasi, pengajuan visa hingga pre-departure briefing sebelum berangkat ke negara tujuan.

 

Kamu juga bisa melihat-lihat jurusan-jurusan kuliah di luar negeri lewat SUN Mobile App. Di dalam aplikasi ini kamu juga bisa mengecek daftar universitas yang sudah partnership SUN Education, akomodasi, asuransi dan banyak lagi. Download SUN Mobile App di Playstore dan Appstore secara GRATIS sekarang juga!

 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Pexels

Tinggalkan Balasan