TOEFL Preparation
Strategi TOEFL Preparation, Dijamin Mudah dan Siap!
11 Agustus 2022
Inilah Mata Kuliah Teknik Industri, Catat Ya!
15 Agustus 2022

Rekomendasi Wisata Budget-Friendly Buat Mahasiswa di Singapura

wisata Singapura

Lokasi dekat dari Indonesia, biaya terjangkau dan kualitas pendidikan yang nggak kalah dari universitas di Barat, no wonder Singapura jadi salah satu destinasi studi favorit mahasiswa internasional. Ngomongin kuliah di luar negeri, pasti bakal bahas soal balance. Artinya jangan cuma belajar doang! Jadikan masa kuliahmu sebagai kesempatan untuk eksplorasi wisata Singapura juga.

Dengan belajar di luar negeri, kamu bisa mendatangi tempat baru dan mengalami budaya yang benar-benar berbeda. Selain itu, kamu juga dapat menjalin pertemanan dengan orang-orang yang berasal dari berbagai negara. Seperti kata pepatah, “sambil menyelam, minum air”, kamu pun harus memaksimalkan pengalamanmu studi di kota Singapura.

Why do you need to experience new things? Pastinya karena hal-hal baru ini yang bakal mendorong perkembangmu seperti membangun keterampilan komunikasi antarbudaya, mempelajari bahasa asing, mengasah kemampuan beradaptasi, serta melatihmu memecahkan masalah.

Kenapa Penting Tau Wisata Singapura?

Saat kamu studi di Singapura, setiap pengalaman baru bisa jadi tantangan dan petualangan bagimu! Take a risk dengan meninggalkan zona nyamanmu dan bersiap menghadapi tantangan serta ketidakpastian di masa depan. Ini semua patut kamu pertimbangkan karena nyatanya belajar di luar negeri adalah pengalaman transformatif yang mendorong pertumbuhan pribadi seiring dengan peningkatan perkembanganmu dari sisi intelektual.

With that being said, mungkin kamu masih nggak ngerti apa pentingnya seorang mahasiswa internasional mengetahui tempat wisata di Singapura. It’s simple, tempat wisata nggak selalu komersil, banyak di antaranya bahkan berhubungan atau terintegrasi dengan budaya lokal. Nah, pas kamu studi di sana pasti mau dong mempelajari dan memahami budaya setempat? Jadi mengetahui wisata Singapura bisa dilihat sebagai upaya kamu benar-benar mengerti dan memahami negara-kota Singapura selama studi di sana. 

 

BACA JUGA: Melihat Budaya Singapura yang Masih Terjaga Ratusan Tahun

 

5 Tempat Wisata di Singapura yang on Budget

Walaupun kepingin visit wisata Singapura, sebagai mahasiswa asing yang belajar di luar negeri, pastinya kamu perlu hemat. Mahasiswa internasional biasanya nggak punya disposal income atau pendapatan yang bisa digunakan untuk pergi ke tempat mahal. 

Karena banyak institusi menyadari hal ini, mereka menawarkan diskon pelajar untuk membantu meringankan pengeluaran para mahasiswa internasional. Meskipun harus hemat, ada banyak wisata Singapura yang on budget dan nggak bikin dompet merana kok! Cek rekomendasi SUN Education di bawah ini.

1. Supertree Grove

Mau memanjakan mata? Kamu bisa banget lihat-lihat pemandangan di Supertree Grove. Pas masuk ke dalamnya, dijamin kamu bakal ngerasa lagi masuk ke fairytale! Setiap malam, sekitar pukul 19.00-20.45 waktu setempat, bakal ada pertunjukan cahaya di Supertree Grove yang terletak di Bay Gardens.

Seperti masuk ke dunia di film Avatar, kamu bakal terkagum-kagum melihat pemandangan pohon raksasa yang berdiri setara dengan 16 lantai gedung, dengan ketinggian mulai dari 25-50 meter.

Nggak hanya ikonik dan menjadi salah satu tempat yang menunjukkan keunikan negara Singapura, Supertree Grove juga ramah lingkungan karena terbuat dari bahan beton bertulang dan dibalut rangka baja.

Sore dan malam hari menjadi waktu sempurna untuk mengunjungi Supertree, dimana kamu akan dimanjakan sebuah pertunjukkan dari lampu warna-warni serta alunan musik dikenal dengan nama Garden Rhapsody. Best part about it? It’s completely free alias pertunjukkan ini tersedia gratis bagi seluruh pengunjung. 

2. Seafood & Kuliner Chinatown

Destinasi wisata  yang dapat kamu lihat sebagai keunikan negara Singapura yang satu ini berhubungan dengan kuliner setempat yang beragam. Meskipun biaya hidup di Singapura tergolong mahal, makanannya terhitung murah lho! Kamu bisa mendapatkan hidangan seharga SGD 2-3 aja! 

Mencari seafood segar di Singapura bisa di berbagai tempat dan dengan beragam opsi juga. Nah, selain seafood, kamu juga perlu jelajahi kuliner khas Singapura dengan mencicipi makanan di sekitar Chinatown.

Nggak cuma eksplor kuliner, di kawasan Chinatown kamu juga bisa melihat banyak bangunan bersejarah dan bangunan terkenal di Singapura. Selain itu, kamu pun bisa mengeksplorasi beragam kuliner halal Singapura yang terletak di dekat beberapa universitas ternama.

3. Tur Museum

Bangunan terkenal di Singapura yang banyak bisa kamu temui di Singapura lainnya tentunya adalah museum mereka! Destinasi wisata Singapura yang budget-friendly juga merupakan museum! Sebagian besar museum di Singapura interaktif dan memiliki showcase yang seru-seru. Nggak hanya refreshing, kamu bisa belajar banyak dengan berkunjung ke Singapura.

Salah satu museum Singapura yang pasti kamu tau adalah ArtScience Museum yang jadi salah satu bangunan terkenal di Singapura karena bentuknya yang unik seperti kuncup bunga. 

Selain ArtScience, ada beberapa museum lainnya yang patut kamu kunjungi seperti Asian Civilization Museum, the National Art Museum, serta Peranakan Museum. 

Saat mau masuk ke museum-museum ini, jangan lupa untuk menunjukkan kartu pelajarmu pas membeli tiket masuk. Dengan kartu pelajar, kamu bisa masuk ke museum secara gratis atau mendapatkan diskon 50% dari harga tiket masuk reguler. Lumayan banget, kan? Jalan-jalan berfaedah yang memuaskan tapi nggak berat di ongkos!

 

BACA JUGA: Ternyata Segini Biaya Kuliah Jurusan Pariwisata di 5 Kampus Singapura, Catat, Ya!

 

4. Haji Lane

Nah, kalo kamu berencana mengunjungi tempat yang sedikit lebih pricey tapi tetep worth it, bisa main-main ke Haji Lane! Selain menyuguhkan banyak opsi kuliner, setiap sudut dari Haji Lane Instagramable banget! Cocok buat kamu foto-foto sambil pamerin outfit of the day.

Kawasan Haji Lane merupakan tempat wisata yang jadi salah satu keunikan negara Singapura yang ramai dan buka sepanjang waktu. Destinasi ini dipenuhi dengan butik, bar, kafe, dan restoran keren yang trendy. Jangan lupakan mural atau street art berwarna-warni yang menghiasi sepanjang kawasan ini!

Jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu! Apa yang membuat Haji Lane sangat digemari adalah  seni dindingnya yang memesona, grafitti, dan karya seni unik lainnya yang bisa kamu temukan di berbagai sudut jalan.

Kota Singapura penuh dengan mural nostalgia, graffiti funky, dan lukisan cantik yang bisa kamu nikmati secara gratis. Jadi, pilihlah hari saat cuacanya cerah untuk berkunjung ke tempat seni jalanan paling keren. Selain keliling Haji Lane, kamu juga bisa eksplor Tiong Bahru, Telok Ayer, dan Joo Chiat.

5. Haw Par Villa

Tempat wisata selanjutnya bisa disebut sebagai salah satu wisata yang lagi-lagi menampilkan keunikan negara Singapura. Haw Par Villa adalah salah satu tempat yang akan selalu kamu lihat di brosur wisata untuk turis. Tempat ini adalah taman hiburan unik yang menampilkan cerita rakyat Tiongkok kuno dengan menggunakan lebih dari 1.000 diorama.

Taman hiburan paling yang jadi salah satu keunikan negara Singapura ini patut masuk ke daftar destinasi wisatamu! Masuk dan jelajahi lahan luas yang menampilkan patung dan diorama yang menggambarkan pemandangan dari legenda dan mitos Buddhisme, Taoisme, dan mitologi Tiongkok secara gratis!

Udah dicatet belum? Itu tadi beberapa wisata Singapura yang kamu bisa kunjungi selama studi di sana. Yang terpenting adalah be respectful! Karena sebagian besar tempat wisata mencerminkan budaya lokal, penting bagi pendatang, termasuk mahasiswa internasional, untuk menghormati kultur setempat.

Pasti makin nggak sabar buat kickstart studi di Singapura ya! Biar ada gambaran lebih jelas, gali info mengenai kuliah di Singapura dan banyak negara tujuan studi lainnya hanya di SUN E-Guide Book! Super praktis dan GRATIS, E-Guide Book ini bisa kamu baca dari gadget mana pun dan kapanpun!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

 

Sumber gambar: Unsplash

Tinggalkan Balasan