Cohort Go, Solusi Pembayaran Pelajar Internasional Tanpa Biaya Pengiriman
Cohort Go, Solusi Pembayaran Pelajar Internasional Tanpa Biaya Pengiriman
21 Oktober 2021
Catat, Ini Dia 5 Rekomendasi Les Online Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti Dari Rumah!
Catat, Ini Dia 5 Rekomendasi Les Online Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti Dari Rumah!
25 Oktober 2021

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Materi Kuliah Arsitektur!

materi kuliah arsitektur

Source: Unsplash

Jika kamu seseorang yang memiliki ketertarikan dengan bangunan dan desain, serta memiliki ketelitian yang tinggi terhadap suatu karya, mungkin kuliah jurusan arsitektur jalan yang tepat bagimu! Apa sih jurusan arsitektur? Mahasiswa yang mempelajari arsitektur akan mendapatkan dasar kuat dalam desain, teori dan teknologi, serta sejarah arsitektur. Banyak program yang mengharuskan mahasiswa untuk mengambil beberapa kursus di studio desain, di mana kamu akan mendapatkan pengalaman langsung mewakili ide-ide mereka melalui gambar dan model struktur. Arsitek adalah seniman yang teliti. Jika kamu mempertimbangkan untuk mengambil jurusan arsitektur, kamu perlu memiliki kreativitas dan perhatian terhadap detail. Mahasiswa arsitektur harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang mata pelajaran seperti geometri dan fisika untuk melahirkan desain yang akurat, aman, dan fungsional. Pertimbangan lainnya adalah kamu juga harus menikmati bekerja dengan orang lain, karena karier dalam arsitektur melibatkan kolaborasi dengan klien, insinyur, dan arsitek lainnya. Begitu pula arsitek harus bisa menerima kritik dengan baik dan menghasilkan desain terbaik. Selain itu, pertimbangan yang nggak kalah penting adalah materi kuliah arsitektur! Sebelum memutuskan untuk mempelajari bidang ini, ada baiknya kamu mencari tahu apa saja materi yang akan kamu dalami selama kuliah arsitektur. Hal ini untuk memastikan kamu nggak salah pilih dan merasa nggak cocok dengan materi perkuliahannya di kemudian hari. 

Ini pertanyaan sederhana, tetapi terkadang orang yang tertarik pada arsitektur belum tentu tahu persis apa yang dipelajari seorang mahasiswa arsitektur. Fenomena ini bisa dimengerti karena kebanyakan orang tidak seumum itu bertemu dengan seorang arsitek, terlebih lagi memahami apa yang mereka lakukan setiap harinya.

Mau tahu lebih dalam mengenai materi kuliah arsitektur? Baca terus ya!

Teori dan Sejarah

materi kuliah arsitektur

Source: Unsplash

Materi kuliah arsitektur berporos pada sejarah dan teori desain, serta mendorong mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman dalam membuat tata letak untuk bangunan. Kreativitas, presisi, dan keterampilan dalam matematika sangat penting untuk bidang ini!

Mahasiswa arsitektur akan memperdalam teori, sejarah, struktur bangunan, dan bahan bangunan. Misalnya, beberapa kasus mungkin berfokus pada satu bahan bangunan seperti baja dan beton. Beberapa program mencakup kelas tentang keberlanjutan – dengan topik mulai dari pemanasan global hingga metrik bangunan sustainability dan desain lansekap. Keterampilan matematika dan sains dalam program arsitektur bervariasi, tetapi kursus umum dapat mencakup kalkulus, geometri, dan fisika.

Pemikiran dan Keterampilan Desain

materi kuliah arsitektur

Source: Unsplash

Penerapan pemikiran kritis dan keterampilan desain untuk berbagai proyek arsitektur juga menjadi salah satu materi kuliah arsitektur. Mahasiswa akan mempelajari keterampilan teknis untuk membuat desain bangunan, dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti keberlanjutan dan aksesibilitas. 

Selain dapat menemukan solusi desain teknis, materi kuliah arsitektur lainnya juga meliputi pengembangan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kolaborasi yang baik, yang akan membantu mahasiswa arsitektur secara profesional.

Berpikir Secara Arsitektural

Source: Unsplash

Karya arsitek kaya dan beragam, serta membutuhkan pemikiran teknis, kreatif, dan strategi yang luas. Materi kuliah arsitektur selanjutnya adalah mempelajari bagaimana berpikir secara arsitektural, yang berhubungan dengan bagaimana kamu mengidentifikasi masalah, memahami komponennya, dan mampu mengkonseptualisasikan kembali masalah sebagai peluang. 

Bahkan ketika dihadapkan pada situasi yang sangat sulit, para arsitek tetap bersemangat menggarap sebuah proyek dan mengupayakan apa yang bisa mereka wujudkan. A design is never just a design.

Pemikiran arsitektural adalah tentang bagaimana kamu melihat dunia, menggarap sebuah proyek, dan bagaimana kamu dapat menyatukan beragam ide menjadi karya yang ideal. Pemikiran arsitektural berbeda untuk setiap orang, karena setiap orang memiliki respons, sikap etis, atau serangkaian keterampilan yang berbeda.

Setelah baca-baca soal materi kuliah arsitektur di atas, setidaknya kamu sekarang memiliki gambaran mengenai kuliah arsitektur, kan? Semoga bisa membantumu membuat keputusan, ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan