Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?
Selain Pengacara, Apalagi Profesi untuk Peraih Gelar Sarjana Hukum?
7 Desember 2021
Sudah Tahu Mata Kuliah Farmasi pada Tahun Pertama di Kampus Australia, Belum?
Sudah Tahu Mata Kuliah Farmasi pada Tahun Pertama di Kampus Australia, Belum?
9 Desember 2021

Yuk Kenal Lebih Jauh Listening Comprehension TOEFL!

listening comprehension toefl

Source: Unsplash

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) merupakan bentuk tes standar internasional yang diambil untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Tes ini berdurasi sekitar tiga jam dan terbagi menjadi empat bagian yaitu grammar structure and written expression, reading comprehension, writing, dan listening comprehension TOEFL.

Tes ini dibuat oleh lembaga berbasis di Amerika Serikat, Educational Testing Service (ETS) (hyperlink). Umumnya, TOEFL menjadi salah satu persyaratan masuk jika kamu ingin studi di sebagian besar universitas di Amerika Serikat, Eropa, hingga Australia.

Kali ini, SUN Education akan membahas lebih lanjut soal listening comprehension, salah satu bagian dari TOEFL. Buat kamu yang penasaran dan pingin tau lebih lanjut soal listening comprehension TOEFL, keep your eyes glued on the screen!

 

Apa Itu Listening Comprehension TOEFL?

listening comprehension toefl

Source: Unsplash

Listening comprehension TOEFL bertujuan menguji kemampuanmu dalam memahami bahasa lisan. Nah, untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, kamu pastinya harus membiasakan diri mendengarkan bahasa Inggris secara lisan. Kamu harus punya pengetahuan soal tata bahasa Inggris yang memadai. 

Bagian listening dari TOEFL adalah bagian kedua dari tes TOEFL iBT. Kayak yang sudah dijelasin di atas, bagian ini akan menguji pemahamanmu tentang bahasa Inggris lisan dan kemampuanmu untuk menjawab pertanyaan tentang soal percakapan yang nantinya kamu dengar.

Kemampuan apa, sih, yang diukur dari listening comprehension TOEFL? Ada dua kemampuan, nih! Yang pertama adalah pemahaman dasar dan kedua, pemahaman pragmatis serta cara menghubungkan informasi yang didengar.

 

Struktur Tes

Source: Unsplash

Listening comprehension TOEFL berisi dua percakapan dan empat lecture yang berhubungan dengan perkuliahan. Setelah setiap percakapan atau lecture, ada serangkaian pertanyaan yang menanyakan tentang informasi yang sebelumnya telah kamu dengar.

Kamu akan memiliki waktu 20 menit untuk menjawab pertanyaan pada bagian tes listening comprehension TOEFL. Ini nggak termasuk waktu yang kamu habiskan untuk mendengarkan soal percakapan dan lecture. Secara keseluruhan, bagian tes ini akan memakan waktu sekitar 41-57 menit.

Biasanya, sebagian besar pertanyaan setelah lecture atau percakapan adalah pertanyaan pilihan ganda dengan empat pilihan dan satu jawaban benar. Namun, ini nggak menutup ada format pertanyaan lain seperti pilihan ganda dengan lebih dari satu jawaban yang benar, atau dalam bentuk lainnya.

Saat memulai listening comprehension TOEFL, kamu akan melihat ke layar komputer dan diminta untuk memakai headphone yang sudah disediakan.

Kamu hanya akan mendengar setiap rekaman sekali dan rekaman ini mengandung banyak informasi. Beberapa di antaranya merupakan informasi relevan, tapi banyak juga yang nggak relevan. Triknya adalah mengidentifikasi informasi mana yang kamu butuhkan untuk menjawab pertanyaan.

Nah, karenanya kamu boleh banget mencatat apa pun selama tes untuk membantumu menjawab pertanyaan! Get your pens and paper ready to make sure you understood the assignment!

 

Jenis Soal

Source: Unsplash

Seperti yang dijelaskan di atas, ada dua jenis soal dalam listening comprehension TOEFL, untuk tau lebih lanjut yuk baca di bawah!

1) TOEFL Listening Conversations 

Listening conversations adalah dialog antara dua orang, dengan salah satu orangnya berperan sebagai seorang mahasiswa. Orang lainnya mungkin merupakan mahasiswa lain, asisten dosen, pustakawan, administrator universitas, atau yang lainnya.

Latar tempat dari percakapan ini terjadi di perguruan tinggi, entah di asrama, perpustakaan, kafetaria, gedung kelas, atau ruang guru. Mereka menghadapi situasi yang berkaitan dengan kehidupan universitas seperti memecahkan masalah yang dialami oleh salah satu dari dua orang yang sedang bercakap.

Pertama-tama, kamu akan melihat gambar yang menunjukkan dua orang di latar dan kamu akan tahu konteks dari percakapan mereka. Namun, perlu diingat bahwa gambar tidak akan membantumu menjawab pertanyaan.

Biasanya, percakapan antara kedua orang itu berlangsung selama 2-3 menit, kemudian diikuti oleh 5 pertanyaan. Pertanyaan baru akan muncul setelah percakapan selesai.

2) TOEFL Listening Academic Lectures

Jenis soal kedua dari listening comprehension TOEFL merupakan listening lectures. Biasanya seorang dosen akan melakukan penyampaian dalam bagian ini. Lecture dapat berupa monolog atau diskusi akademik yang melibatkan dosen dan beberapa siswa.

Pada bagian soal ini, jenis lecture yang akan kamu dengar memiliki topik variatif mencakup antropologi, biologi, botani, bisnis, arkeologi, psikologi, kimia, dan sebagainya. Biasanya, lecture akan berlangsung sekitar 4-6 menit dan diikuti oleh 6 pertanyaan setelah soal selesai.

 

Jenis Pertanyaannya Apa Aja?

listening comprehension toefl

Source: Unsplash

Kalau membahas soal persiapan menghadapi listening comprehension TOEFL, sedikit susah untuk mengantisipasi kamu akan mendapatkan topik percakapan seperti apa. Don’t sweat it, though! Seenggaknya kamu bisa bersiap-siap dengan mempelajari jenis pertanyaan yang akan muncul di bagian tes listening. 

Ini dia uraian jenis pertanyaan yang paling umum yang ada di listening comprehension TOEFL:

1) Identifikasi Gagasan Utama

Pertanyaan pertamamu mungkin akan memintamu untuk mengidentifikasi ide utama yang terdapat dalam rekaman yang kamu dengar. Contoh soalnya seperti mengapa percakapan itu terjadi? Atau apa topik utama yang menjadi pembahasan?

2) Identifikasi Detail

Kamu perlu mengingat detail spesifik dari sebuah rekaman, contohnya kayak fakta umum yang pembicara sebutkan.

3) Struktur Percakapan

Untuk bagian soal listening lectures, kamu akan menjawab pertanyaan mengenai struktur rekaman yang sudah kamu dengar. Contoh soalnya mungkin mencakup keseluruhan struktur sebuah rekaman, hubungan antara bagian-bagian ini, atau bagaimana satu detail terhubung ke rekaman itu secara keseluruhan.

4) Buat Kesimpulan

Jenis pertanyaan ini memintamu untuk menyatakan indikasi dari apa yang pembicara sampaikan dalam rekaman, bukan apa yang ternyatakan secara eksplisit. Hal ini berarti kamu nggak bisa hanya mengandalkan kata-kata dari rekaman untuk menjawab, tetapi harus cari tau implikasi dari apa yang pembicara katakan.

5) Kenali Nada Bicara

Jenis pertanyaan ini mengharuskanmu mengidentifikasi sikap pembicara, seperti seberapa kuat perasaan mereka tentang sebuah ide. Untuk menjawabnya, kamu perlu paham nggak cuma apa yang pembicara katakan, tetapi bagaimana mereka mengekspresikannya melalui intonasi dan kosa kata.

6) Pahami Fungsi

Pahami pertanyaan ini mungkin akan berfokus pada kalimat tertentu dalam rekaman, memintamu mengidentifikasi arti dari sebuah frasa dalam konteks kutipan yang lebih luas.

There you have it! Setelah kenal lebih jauh dengan listening comprehension TOEFL, pasti kamu jadi nggak takut lagi kan untuk menghadapinya? Next step you need to do is prepare yourself the best you can! Ingat bahwa semua informasi di atas ini hanya akan menjadi berguna jika kamu menggunakannya sebagai amunisimu!

Kalau masih bingung cara melakukan persiapan TOEFL, langsung ke SUN English, ya! Tim akademik dan tutor di SUN English akan memberikan fasilitas yang memadai, pengenalan materi ujian, saran dan rekomendasi, serta pengalaman langsung yang kamu butuhkan untuk menghadapi ujian yang sebenarnya. Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan