Jurusan Cyber Security, Jurusan Masa Depan Buat Kamu!
Jurusan Cyber Security: Pengertian, Biaya Kuliah & Prospek Kerja
7 Januari 2022
Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri
Jadi Bahan Pertimbangan, Ini Pengalaman Kuliah Psikologi di Luar Negeri
11 Januari 2022

Yuk Pahami Dulu Sistem Scoring Duolingo English Test!

duolingo english test scoring

Source: Unsplash

Duolingo English Test adalah platform digital yang menyediakan Tes Kemampuan Bahasa Inggris secara alternatif yang telah mendapat pengakuan banyak lembaga. Sama kayak IELTS dan TOEFL, hasil dari tes ini bisa banget kamu pakai sebagai persyaratan bahasa Inggris kalau kamu mau kuliah di luar negeri. Nah, sebelum mengikuti tesnya yuk coba pahami lebih lanjut soal Duolingo English Test scoring!

Dengan memahami sistem scoring dari Duolingo English Test, kamu bisa menentukan target agar proses belajarmu pun terarah! Having a target to reach is always a good motivation to study.

Duolingo English Test akan berbasis online sepenuhnya, jadi kamu nggak perlu repot-repot datang ke tempat tertentu buat ambil tes ini guys!

Lebih lanjut, Duolingo English Test dapat dimengerti sebagai tes kecakapan bahasa Inggris yang nantinya menentukan pemahamanmu terhadap bahasa tersebut. Banyak yang menilai tes ini sebagai cara terbaik untuk menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris karena menggunakan sistem yang sangat adaptif.

Intinya, kalau kamu jawab satu pertanyaan dengan benar, pertanyaan selanjutnya secara bertahap akan menjadi lebih sulit. Tapi kalau kamu memilih jawaban yang salah, secara sistem, tes ini akan memberikan pertanyaan yang lebih mudah. Dengan metode seperti ini, sistem bisa menentukan level berbahasa Inggris-mu dengan akurasi yang tinggi.

Valid Buat Masuk Kuliah di Luar Negeri

duolingo english test scoring

Source: Unsplash

Sebelum kita bahas soal Duolingo English Test scoring, ada satu fakta soal tes ini yang kudu kamu tau! Kalau kamu mau ikut program sarjana atau pascasarjana di luar negeri, kamu pasti tau kalau persyaratan dari universitas atau institusi pendidikan mana pun pasti selalu meminta kualifikasi untuk bahasa Inggris. 

Hal ini penting banget karena dengan studi di luar negeri, udah pasti bahasa Inggris bakal jadi bahasa pengantar pembelajaranmu. Coba bayangin duduk di ruang kelas dan nggak ngerti apa yang disampaikan profesormu, a total nightmare!

Masih terkait kualifikasi bahasa Inggris, kamu harus tau kalau nggak semua bentuk kualifikasi valid buat diajukan sebagai persyaratan. Kebanyakan institusi pendidikan menerima sertifikasi yang paling umum kayak TOEFL atau IELTS. Namun, kini Duolingo English Test muncul sebagai opsi alternatif! 

Incase you forgot, as mentioned before Duolingo English Test memenuhi persyaratan penerimaan masuk ke banyak universitas internasional!! Nggak seperti TOEFL dan IELTS, tes ini dilakukan on demand dari perangkat komputermu. So you don’t have to worry about the eligibility!

Duolingo English Test Scoring

duolingo english test scoring

Source: englishtest.duolingo.com

Udah kenal lebih jauh kan dengan bentuk tes ini? Nah, sekarang saatnya buat memahami Duolingo English Test scoring atau sistem penilaian mereka.

Hasil Duolingo English Test hanya menunjukkan levelmu dalam berbahasa Inggris. Penilaian ujian dilakukan oleh komputer. Namun, untuk memastikan peserta tes mengikuti aturan, Duolingo memiliki tim pengawas. Karena semua tindakanmu saat mengikuti tes terekam, para pengawas juga bisa mengetahui semua kegiatanmu dengan rinci sampai ke tombol-tombol yang kamu tekan, lho! Mereka akan mengevaluasi videomu saat mengikuti tes untuk memastikan bahwa kamu tidak melakukan kecurangan atau melanggar peraturan.

Sama kayak ujian sertifikasi lainnya, tes ini menilai kemampuan bahasa Inggris kamu dari aspek reading, writing, speaking, hingga listening. Nantinya, kefasihan tersebut akan terlihat melalui tes dan dilaporkan dalam format nilai mulai dari 10 sampai 160 secara keseluruhan.

Scoring terbagi dalam empat jenis penilaian yakni Literacy (reading + writing), Comprehension (listening + reading), Conversation (speaking + listening), serta Production (writing + speaking). 

Kategori Scoring

Jika mendapatkan skor 120-160, kamu akan masuk dalam kategori Advanced yang dinilai dapat memahami berbagai tuntutan bahasa tertulis dan lisan, termasuk beberapa situasi yang menggunakan bahasa sulit. Selain itu kamu bisa memahami bahasa yang tersirat, kiasan, dan idiom. Kamu juga dapat menggunakan bahasa secara fleksibel dan efektif untuk tujuan sosial, akademik, dan profesional.

Sementara itu, dengan perolehan skor 90-115 kamu dikategorikan sebagai Upper Intermediate yang bisa berkomunikasi dengan baik, bisa mengerti konsep konkrit dan abstrak, serta bisa berinteraksi dengan cukup baik.

Sehabis mengikuti tes, kamu bakal menerima hasilnya hanya dalam sekitar 48 jam. Ini berarti kamu bisa dengan mudah mengatur waktu untuk mengikuti tes ini lagi kalau ingin meningkatkan skormu. But please note, kamu hanya dapat mengikuti tes maksimal dua kali per 30 hari.

Duolingo English Test pada dasarnya sama seperti tes bahasa asing lainnya yang mungkin pernah kamu ikuti. Lebih detailnya, tes ini bakal menguji kemampuanmu dalam membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara bahasa Inggris.

Saat menjalani ujian, kamu perlu mendengarkan dan memilih kata-kata yang benar atau menuliskan pernyataan yang kamu dengar. Kemampuan kosakatamu juga akan diuji di saat kamu diminta untuk memilih kata-kata yang sesuai dengan teks yang tersedia.

Paling uniknya, kamu bakal diminta untuk merekam diri sendiri membaca sebuah kalimat dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Terakhir, kamu harus menggunakan 500 kata buat menjawab pertanyaan yang akan diberikan kepadamu.

Keuntungan Ikut Duolingo English Test

Source: Unsplash

Setelah udah tau soal Duolingo English Test scoring, kamu pasti jadi penasaran kenapa tes ini semakin populer! 

Jenis tes ini jadi populer karena memang banyak keuntungannya. For example, Duolingo English Test sangat nyaman dan terjangkau.

Kamu bisa ikut tes ini kapan saja, dari kenyamanan rumahmu sendiri. Ujian selesai dalam 45 menit dan hasilnya bakal tersedia dalam 48 jam. Dengan Duolingo English Test, kamu nggak perlu lagi menunggu! You can take it whenever you feel ready to do so.

On top of that, tes ini sangat terjangkau dibandingkan dengan sertifikasi lainnya. Kamu cuma perlu bayar biaya sebesar US$49!!! Mereka juga nggak membebankan biaya untuk pengiriman nilai ke universitas pilihanmu.

Hal yang harus kamu persiapkan sebelum mengikuti tes ini pun minim, kamu hanya butuh komputer dengan mikrofon, speaker, dan kamera yang berfungsi dengan baik. Selain itu, pastikan kamu punya browser dengan versi terbaru dan koneksi internet yang stabil, ya! 

Pihak Duolingo menginformasikan bahwa koneksi internetmu minimal memiliki kecepatan unduh  2 Mbps dan kecepatan unggah 1 Mbps. Selain itu, kamu juga harus menunjukkan tanda pengenal (paspor atau KTP) sebagai verifikasi saat mengambil tes.

Belajar di SUN English!

Okay! Sekarang kamu udah tau mulai dari Duolingo English Test scoring, keuntungan, sampai persiapan untuk mengikuti tes ini. Piece of cake, right? Jangan lupa bahwa persiapan lainnya juga mencakup latihan dan belajar yang banyak.

Kamu bisa banget belajar dengan mengikuti preparation program langsung dari lembaga profesional. No need to look further! Kamu bisa mengikuti program dari SUN English! SUN English menyediakan Duolingo Preparation Class untuk membantu dalam mempersiapkan Duolingo English Test!

Program eksklusif ini menawarkan metode belajar yang lebih personal, efektif, maksimal, dan interaktif! SUN English juga meng-update kurikulum secara berkala agar materi belajar tetap relevan dengan perkembangan pendidikan di era digital ini. Jadi, melalui program mereka kamu bisa mendapatkan pengalaman belajar sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan