Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!
Kuliah Manajemen di Singapore Institute of Management, Wajib Perhatikan Hal-Hal Ini!
21 Agustus 2021
syarat masuk jurusan kedokteran
Penting, Ini Dia 5 Syarat Masuk Jurusan Kedokteran di Luar Negeri!
23 Agustus 2021

Nunggu Hasil Tes IELTS Berapa Lama Ya?

hasil tes ielts berapa lama

Sumber: Pexels

Untuk melamar pekerjaan ataupun studi di luar negeri, IELTS menjadi salah satu sertifikasi kemampuan yang seringkali wajib kamu lampirkan. IELTS atau singkatan dari International English Language Testing System (IELTS™) ini merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Cambridge University dan British Council. Institusi atau lembaga pendidikan memerlukan sertifikat IELTS sebagai bukti yang dapat memastikan kalau kemampuan berbahasa Inggrismu cukup baik dalam mengikuti kegiatan maupun pembelajaran nantinya! Nggak perlu ambil di luar negeri, kamu bisa mengambil IELTS di dalam negeri dan berapa lama hasil tes IELTS akan bergantung pada jenis yang akan kamu ambil.

hasil tes ielts berapa lama

Sumber: Pexels

FYI, pasti sudah paham banget kan kalau IELTS maupun kawan-kawannya termasuk ujian internasional yang sangat challenging? Agar lancar dalam mengerjakan dan mendapatkan skor memuaskan, kamu harus bisa menguasai kemampuan Bahasa Inggris yang diujikan di setiap bagian soal! Tetapi sebelum mempersiapkan IELTS dengan matang, ketahui dulu fakta-fakta penting mengenai sertifikasi yang satu ini, seperti:

1. Penilaian IELTS 

Skor IELTS berkisar mulai dari 0-9. Jika ingin menembus standar skor terbaik, kamu harus memperoleh minimal dari 5,5 sampai 7. Meskipun begitu, berbagai perusahaan atau universitas memiliki standar yang berbeda. Cari tahu terlebih dahulu persyaratan nilai yang mereka butuhkan melalui brosur atau situs web.

2. Durasi Pengerjaan Tes

hasil tes ielts berapa lama

Sumber: British Council

Pengerjaan IELTS memerlukan waktu selama 2 jam 45 menit loh! Kelihatannya lama, tapi begitu kamu sudah tenggelam di dalamnya—rasanya ingin menambah waktu lagi biar leluasa mengerjakan soal-soal yang cukup kompleks! Kamu harus siap batin, energi, dan juga pikiran. Beberapa bagian soal yang akan kamu hadapi adalah:

  1. Listening: 30 menit
  2. Writing: masing-masing 1 jam
  3. Reading: 60 menit

3. Hasil Tes

hasil tes ielts berapa lama

Sumber: Pexels

‘Hasil tes IELTS berapa lama sih?’ mungkin terbersit menjadi pertanyaan teman-teman juga! Lamanya hasil tes akan bergantung pada jenis IELTS yang kalian ambil. IELTS CDT alias computer delivered membutuhkan waktu 3-5 hari untuk hasil tes. Sementara hasil IELTS versi paper based akan tersedia setelah 13 hari menyelesaikan tes tersebut. Jika hasilnya keluar di akhir minggu atau libur nasional, hasil tes tersebut akan di kirim di hari kerja berikutnya. 

Selain itu, untuk berapa lama masa berlakunya hasil tes IELTS—waktu yang kamu punya hanyalah dua (2) tahun. Kalau ingin mendaftar kuliah di luar negeri, sebaiknya kamu mengambil IELTS satu (1) tahun sebelumnya karena ada beberapa universitas luar yang meminta nilai IELTS dalam satu tahun terakhir. Perlu diingat—seperti yang sempat disebutkan di atas, untuk menaklukkan IELTS yang challenging ini kamu membutuhkan persiapan yang matang dan nggak ‘instan’!

SUN English.

Maksimalkan sebaik mungkin kemampuan listening, writing, reading, dan juga speaking. Kamu bisa berlatih soal-soal IELTS melalui aplikasi gratis dalam smartphone, situs web yang kredibel, atau berguru bersama orang profesional di lembaga belajar Bahasa Inggris! Sekarang ini sudah banyak lembaga non-formal seperti SUN English yang menyajikan preparation program untuk IELTS.

SUN English sendiri merupakan pionir dalam bidang persiapan IELTS™ dan TOEFL® International Tests sejak tahun 2010 lho! Metode belajarnya interaktif dan kurikulum mereka selalu update secara berkala. Materi belajar dalam SUN English selalu terjaga agar tetap relevan dengan perkembangan pendidikan di era digital ini. Jadi, pas banget kalau kamu mau mengambil preparation program untuk IELTS disana. Melalui program mereka, kamu jadi bisa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda secara maksimal sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.

Bagaimana? Kamu sudah siap menghadapi IELTS?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.