biaya kuliah jurusan akuntansi
Jurusan Akuntansi Ngebosenin? Cari Tahu Fakta Jurusan dan Biaya Kuliahnya!
7 Mei 2021
berapa tahun kuliah kedokteran
Kuliah Kedokteran di Luar Negeri Berapa Lama, Sih? Temukan Jawabannya di Sini!
10 Mei 2021

Pengalaman Seru Kuliah di Jerman Ini Nggak Bikin Nyesel Merantau Jauh!

pengalaman kuliah di jerman

Sumber: Unsplash

Whooo, Jerman! Siapa yang nggak ingin mengunjungi salah satu negara di Eropa ini? Letaknya memang cukup jauh dari Tanah Air, namun nggak jadi masalah karena karakteristik atraktif yang dimilikinya. Beberapa dari kamu pasti ada yang berkeinginan besar untuk menempuh studi di Jerman. Well, sudah jadi rahasia umum kalau negara ini memang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas. Jerman unggul dalam ilmu pengetahuan, metode pengajaran, serta penelitiannya. Percaya deh. Kamu bisa melihat dedikasi penuh dari pemerintah dan penggerak pendidikannya saat  mencoba pengalaman kuliah di Jerman!

pengalaman kuliah di jerman

Sumber: Unsplash

Pendidikan yang diprioritaskan dan dijunjung tinggi, akhirnya memberikan ‘ruang belajar’ yang berkualitas. Jerman jadi memiliki beragam universitas yang masuk dalam peringkat terbaik dunia. Kamu ingin kuliah kedokteran? Arsitektur? Akuntansi atau jurusan populer lainnya? This country has the best of it and won’t disappoint you! Prestasi yang didapatkan oleh pendidikan tinggi terbaik Jerman tentunya didasarkan oleh berbagai aspek. Seperti konsep inovatif pembelajaran, fasilitas canggih, hingga faktor pendukung lainnya. And on top of it all, ‘highlight’ negara ini nggak hanya sekedar itu saja.

Ada banyak keunikan dan keseruan yang bisa kamu rasakan dengan pengalaman kuliah di Jerman. Penasaran? Beberapa poin dibawah ini membuktikan kalau merantau jauh hingga ke Jerman nggak bakal bikin kamu nyesel!

1. ‘Hands-on Learning’

Universitas-universitas di Jerman menyediakan program akademik yang luar biasa. Seperti universitas ilmu terapan, mereka menawarkan berbagai pilihan program yang berorientasi pada praktik menarik dan interaktif. Belum lagi, universitas tersebut bekerjasama dengan perusahaan serta industri. Hal ini bermanfaat dalam memaksimalkan kemampuan dan membuka jalan ‘besar’ untukmu memasuki dunia karir nantinya.

2. Kaya Warisan Budaya dan Sejarah

pengalaman kuliah di jerman

Sumber: Unsplash

Bisa dibilang kompleks, tetapi sejarah Jerman sangat kaya dan unik. Disini kamu berkesempatan menyaksikan dan menggali lebih dalam mengenai sejarah, budaya, serta studinya. Selain bergabung dalam komunitas ataupun bersosialisasi dengan teman baru, coba deh kunjungi beberapa tempat historis yang menarik. Kamu bisa menambah pengalaman berkesan dan ilmu pengetahuan baru!

3. Lingkungan yang Aman

Jerman merupakan negara yang aman. Angka kriminalitasnya termasuk rendah dibandingkan negara lain. Kamu bisa beraktivitas di lingkungan atau luar kampus dengan nyaman saat di siang maupun malam hari. Beberapa kota yang nyaman dan sangat menunjang mahasiswa seperti Aachen, Münich, Stuttgart, Heidelberg, dan masih banyak lagi. Tempat yang ideal untuk belajar dan berkarya, bukan?

4. Ikut ‘On Time’

pengalaman kuliah di jerman

Sumber: Unsplash

Ini dia! Soal ketepatan waktu bisa menjadi hal yang sangat ‘kontras’ disana. Waktu sangat penting dan berharga di Jerman. The good thing is, kamu jadi semakin belajar menghargai setiap detik yang ada. Transportasi umum seperti bis, trem, ataupun kereta bakalan datang tepat waktu sesampainya di halte. Kalau nggak ingin ketinggalan, pastikan 15 menit sebelumnya kamu sudah ada di tempat ya!

5. Kesempatan Kerja Part-time

Ingin menambah tabungan atau meringankan finansial? Cara ini bisa menjadi penyelamat. Selain berkuliah, kamu bisa bekerja secara part-time. Pelajar internasional yang berasal dari luar Uni Eropa atau EAA mendapatkan izin untuk bekerja selama 20 jam per minggu atau 120 hari. Agar dapat bekerja di Jerman selama studi, kamu harus mendapatkan izin dari Agentur für Arbeit (local employment agency) dan Ausländerbehörde (foreigners’ registration office).

6. Waktu Untuk Eksplorasi

Lake Konigssee. Sumber: Wanderlust Storytellers

Pengalaman kuliah di Jerman kurang afdol kalau kamu nggak jalan-jalan atau eksplorasi tempat wisata. Jerman menawarkan keindahan yang berkarakter. Kamu bisa berjalan-jalan saat libur maupun waktu luang! Cobalah kunjungi museum seperti Berlin Museum Island, teater, berjalan-jalan di pantai, berenang di Lake Königssee, mendaki gunung, atau mengunjungi kastil tua Neuschwanstein Castle. Kamu bakal terhipnotis dengan pemandangan yang memukau!

7. Biaya Studi yang Terjangkau

Jerman meyakini bahwa pendidikan tinggi harus bersifat terjangkau dan mudah diakses. Disana ada universitas yang menggratiskan pendidikan S1 nya. Ada pula universitas yang menawarkan biaya pendidikan terjangkau bagi mahasiswa lokal maupun internasional. Kisarannya dimulai dari Rp 7 juta sampai Rp 8,5 juta per tahun. Biaya hidup di Jerman pun relatif lebih murah. Kamu perlu menyiapkan setidaknya €8,400 atau sekitar Rp 130 juta per tahun. Dengan nilai tersebut, kamu sudah bisa membeli kebutuhan harian, pangan, keperluan lainnya, termasuk berjalan-jalan. Budget yang student-friendly, bukan?

Nah, itu dia menariknya Jerman!

Bagaimana? Tertarik untuk merasakan petualangan dan berkuliah di negara ini?

Yuk keluar dari zona nyaman dan siapkan studimu mulai dari sekarang!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.