biaya makan di Singapore
Mahasiswa Wajib Tahu! Ini Estimasi Biaya Makan di Singapore
27 September 2021
syarat s2 psikologi
Mau Tahu Syarat S2 Psikologi? Simak Di Sini!
29 September 2021

Penting Buat Mahasiswa! Ini Kiat Hemat Biaya Hidup di Belanda!

biaya hidup di belanda

Source: Unsplash

Kamu keterima untuk studi di Belanda? Selamat! Kini kamu mendapatkan status baru sebagai mahasiswa internasional. Langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil selain mengurus segala urusan terkait pembelajaran adalah mencari tahu terkait biaya hidup di Belanda. Hal ini penting kamu lakukan agar dapat memiliki perencanaan anggaran yang matang dan tidak mengganggu studimu nanti.

Belanda terkenal sebagai negara yang ramah dan santai dengan populasi internasional yang beragam. Namun, negara ini memang bukan tempat termurah untuk menjadi tempat tinggal. Sebagai mahasiswa internasional, pasti kamu mau dong menghemat uang dan menyisihkannya buat belanja atau nongkrong sama teman-teman? Tenang, hal itu bisa tercapai kok! Untuk membantumu, ini adalah 4 kiat untuk menghemat biaya hidup di Belanda!

1. Jangan pakai mobil pribadi

biaya hidup di belanda

Source: Unsplash

Ini adalah salah satu klise yang sebenarnya adalah kenyataan: semua orang bersepeda di Belanda. Faktanya, ada lebih banyak sepeda di negara ini dibandingkan dengan jumlah penduduknya. Bahkan, rata-rata warga Belanda bersepeda hampir 3 km per harinya.

Sepeda bukan satu-satunya cara untuk menghemat biaya hidup di Belanda, transportasi umum juga hal yang lumrah digunakan. Trem terletak di mana-mana di negara ini, dan mudah untuk bepergian dengan kereta api karena sebagian besar kota mereka letaknya berdekatan.

Belanda merupakan salah satu negara teraman di dunia bagi para pesepeda dan moda ini adalah salah satu cara yang paling aman untuk bertransportasi secara umum! Fakta ini mungkin mengejutkan mengingat penggunaan helm sepeda sangat langka dan tidak wajib oleh hukum. Belanda mengambil pendekatan bahwa membuat infrastruktur bersepeda lebih aman dan penting daripada mewajibkan penggunaan helm. Di negara di mana pesepeda dilindungi oleh desain tata kota yang memadai, helm menjadi pelindung tubuh yang tidak dibutuhkan.

Ternyata, faktor lain selain pelindung tubuh berkontribusi terhadap keselamatan pesepeda. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa memiliki lebih banyak pengendara sepeda di jalan, benar-benar mengarah pada peningkatan keselamatan pesepeda. Dengan lebih dari sepertiga penduduk yang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi paling umum, negara ini benar-benar penuh dengan pesepeda.

Keselamatan sepeda berada di garis depan pembangunan dan perencanaan perkotaan Belanda, dan jalur bersepeda Belanda terus dipertahankan. Belanda juga menerapkan kelas keselamatan bersepeda untuk anak-anak bersepeda ke sekolah dan memiliki komponen keselamatan sepeda selama pelatihan yang menjadi wajib untuk mendapatkan SIM. Mungkin terasa aneh untuk bersepeda tanpa helm, tetapi pahamilah bahwa di Belanda, setiap lapisan infrastruktur transportasi dirancang untuk membuatmu tetap aman.

Selain aman, alasan lainnya kamu perlu bersepeda adalah sepeda merupakan moda transportasi termurah. Hal ini pasti akan membantumu menghemat biaya hidup di Belanda. Kamu bisa keliling Belanda dalam 3,5 jam dengan mobil dan 4 jam dengan kereta api. Setiap kota besar terhubung oleh rute kereta api langsung. Keretanya bersih, cepat, dan bahkan 100% beroperasi dengan energi terbarukan—tetapi biayanya juga bisa mahal. Maka dari itu, bersepeda di Belanda memberikan alternatif ramah anggaran yang sempurna.

2. Jangan keluarkan uang untuk hal yang dapat dilakukan sendiri

Misalnya kamu mau pindahan tempat tinggal atau asrama, menghemat waktu dengan meminta seorang profesional membantu mengemas barang tampaknya pasti menggoda. Tapi tunggu dulu! Layanan ini kemungkinan besar akan menelan biaya yang tidak murah. Like it or not, pindah ke negara baru memaksamu untuk lebih independen dan cermat dalam menjaga barangmu sendiri. Cobalah menghemat uang dengan mengerjakan hal-hal yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa bantuan profesional.

BACA JUGA: Yuk Belajar di Belanda!

3. Beli produk lokal

biaya hidup di belanda

Source: Unsplash

Visit the local market! Pasar-pasar lokal di Den Haag adalah pasar terbuka terbesar di Eropa. Jangan lupa untuk mendukung toko-toko lokal dengan membeli makanan atau produk lainnya di mereka. Meski tidak selalu murah, tapi produk yang kamu dapatkan sudah pasti lebih berkualitas. Ada juga Okakiben, sebuah platform di mana kamu bisa membeli dan menjual makanan buatan sendiri dari komunitas lokal sekitarmu, dalam upaya untuk mempromosikan pembangunan komunitas, mengenal tetangga dan menghindari pemborosan makanan.

Selain membeli produk lokal, kamu juga bisa menghemat biaya hidup di Belanda dengan membeli barang-barang secondhand atau barang bekas di pasar lokal. Mulai dari sepeda, sofa, hingga baju tersedia di Marktplaats, tempat jual-beli barang bekas yang tersebar di beberapa tempat di Belanda.

4. Pakai aplikasi budgeting

Source: Unsplash

Sebagian besar bank kini memiliki aplikasi budgeting atau penganggaran yang bisa membantumu mengatur pengeluaran. Mengetahui ke mana uangmu mengalir dan menetapkan batasan untuk mencapai target pengeluaran atau menabung adalah kunci dari menghemat! Menarik tunai untuk kategori yang kamu tentukan, seperti beli bahan makanan mingguan, akan memastikan kamu tidak menghabiskan uang lebih dari yang kamu inginkan. 

Nah, itu dia 4 kiat mudah yang bisa kamu praktikkan saat menempuh studi di Belanda! Menghemat dan mengatur uang tentu tidak mudah, tapi dengan beberapa saran yang sudah terpapar di atas, kamu bisa memiliki gambaran luas tentang bagaimana cara menghemat biaya hidup di Belanda. Gimana? Bisa membantumu, kan?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan