hasil tes ielts berapa lama
Nunggu Hasil Tes IELTS Berapa Lama Ya?
23 Agustus 2021
Mudahnya Magang di Era Pandemi Berkat Virtual Internships
23 Agustus 2021

Penting, Ini Dia 5 Syarat Masuk Jurusan Kedokteran di Luar Negeri!

syarat masuk jurusan kedokteran

Sumber: Pexels

Ilmu Kedokteran adalah bidang yang esensial dan dihormati oleh seluruh masyarakat. Kita tentu tahu bahwa sejak dahulu profesi dalam bidang ini menyalurkan segala bantuan dan pengetahuan yang memberikan manfaat bagi banyak orang. Saking mulia dan dibutuhkannya, nggak heran banyak pelajar Tanah Air yang berdedikasi untuk terjun dalam jurusan Kedokteran dan bergerak di bidang kesehatan. Apalagi, pilihan merantau di kampus luar negeri juga termasuk populer untuk bidang satu ini! Pelajar se-internasional akhirnya bersaing dengan cerdas agar memenuhi syarat masuk jurusan Kedokteran yang terkenal sangat ‘sengit’ dan menantang itu.

FYI, pilihan untuk berkuliah di kampus luar negeri termasuk populer bukan karena tanpa alasan. Mereka yang memilih jalan ini didorong berbagai faktor seperti program studi yang berkualitas, negara dengan sistem pendidikan terbaik, kesempatan bereksplorasi, serta belajar langsung dengan ahli yang profesional dan mampu memberikan pengetahuan ilmiah terkini. Emang nggak bisa dipungkiri kalau kuliah di luar negeri itu seru dan memberikan banyak keunggulan. Kamu bakal ngerasain ‘semuanya’ setelah sampai di sana!

syarat masuk jurusan kedokteran

Sumber: Pexels

Disamping itu, jurusan Kedokteran atau program studi Pendidikan Dokter adalah jurusan yang cukup kompleks dan challenging. Jurusan ini mempelajari ilmu medis, bagaimana memelihara kesehatan, pencegahan, hingga pengobatan penyakit. Cakupan kedokteran sangatlah luas—kamu harus memahami anatomi, fungsi, serta interaksi yang terjadi dalam tubuh manusia seperti tulang, saraf, otot, dan indera. Kamu pun akan menjumpai pelajaran tentang penyakit, obat-obatan, cara memeriksa pasien, sampai menginterpretasi hasil pemeriksaan yang kamu lakukan. Oleh karena itu, dibutuhkanlah syarat memasuki jurusan Kedokteran, bahkan di luar negeri sekalipun agar kamu bisa survive semasa perkuliahan dan berhasil lulus dengan ilmu serta pengetahuan yang luas dan kompeten.

Nah, agar siap menghadapi jurusan impianmu ini, perhatikan dari sekarang beberapa syarat masuk jurusan Kedokteran yang wajib kamu miliki kalau ingin merantau di luar negeri, seperti: 

1. Memahami Bidang Sains

Hihi, ini sih tentu saja! Sebaiknya kamu sudah ‘mengarungi’ jurusan IPA sewaktu di bangku sekolah. Pasalnya, semua materi yang berhubungan dengan Kedokteran adalah sains. Kamu harus bisa memahami dengan baik beberapa ilmu sains seperti biologi, kimia, fisika, dan bahkan konsep matematika. Saat kuliah di Kedokteran, kamu nggak hanya menjumpai pelajaran biologi saja. Justru kamu juga akan mendalami hubungan antar sel yang dibahas dalam pelajaran fisika serta kimia.

2. Kemampuan Berpikir Sistematis

syarat masuk jurusan kedokteran

Sumber: Pexels

Kamu perlu memiliki kemampuan berpikir ataupun mengolah pikiran secara runtut atau sistematis. Hal ini karena kamu nantinya akan mempelajari sebuah sistem yaitu sistem tubuh—dengan alur tersendirinya, mulai dari bagian sistem terkecil sampai sistem tubuh secara keseluruhan. Kinerja dalam alur sistem ini harus kamu pantau semuanya agar masalah dapat kamu analisa maupun temukan solusinya. Sebagai dokter, berpikir sistematis serta detail sangat diperlukan agar diagnosa nggak bersifat parsial!

3. Menguasai Bahasa Inggris

Poin ini akan selalu ada dalam syarat masuk jurusan Kedokteran di luar negeri. Jangankan luar negeri, di Indonesia aja kamu harus bisa Bahasa Inggris karena dalam Kedokteran kamu akan menjumpai textbook, istilah, ataupun referensi yang berbahasa Inggris. Belum lagi, di luar negeri kamu akan menggunakan bahasa global yang satu ini dalam berkomunikasi dan mengikuti seluruh rangkaian proses pembelajaran. Pastikan kamu sudah mempelajari Bahasa Inggris dengan baik dan mengambil sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris yang menjadi syarat sebelum berangkat! 

4. Proaktif di Masyarakat

syarat masuk jurusan kedokteran

Sumber: Pexels

Apapun tujuan akhirmu setelah mengambil jurusan Kedokteran, hampir dipastikan saat bekerja nantinya kamu akan bersinggungan ataupun berhubungan dengan masyarakat. Seorang calon dokter ataupun lulusan Kedokteran harus bisa aktif dalam lingkungan masyarakat karena kegiatan kamu akan berkaitan dengan hal-hal sosial. Kamu bisa berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti menjadi relawan dalam bidang medis, melakukan penelitian, atau bahkan ikut dengan komunitas lingkungan dan lainnya. Kalau begini, kamu juga jadi bisa sekaligus melatih kemampuan berkomunikasi dan kesabaran sebelum menjadi dokter bukan?

5. Siap Finansial

Ah, siap finansial. Yang nggak kalah penting dalam memenuhi syarat masuk jurusan Kedokteran di universitas luar negeri pilihanmu! Biaya studi dan hidup di luar negeri tentunya berbeda dengan di ‘kampung’ sendiri dan memerlukan dana lebih untuk kamu keluarkan. Sangat penting untuk melakukan riset pilihan universitas, program, serta negara terbaik yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Namun, jangan khawatir karena ada beragam pilihan negara yang menawarkan jurusan Kedokteran dengan harga bersahabat seperti Amerika, beberapa negara di Eropa, dan Cina! Kamu bebas menentukan negara yang sesuai dengan minat dan preferensi mu.

Well, itu dia beberapa syarat masuk jurusan Kedokteran yang perlu kamu penuhi kalau ingin merantau ke luar negeri! Bagaimana? Kamu sudah siap?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.