biaya kuliah di amerika
Nikmatnya Jadi Mahasiswa di Amerika dengan Biaya Kuliah Super ‘Worth It’!
9 Juni 2021
Lulus Kuliah dengan 2 gelar di Xi’an Jiaotong Liverpool University
9 Juni 2021

Penting! Sudah Tahu Fakta TOEFL iBT dan Latihan Sample Test nya?

toefl sample test

Sumber: Freepik

Kamu pelajar sekolah menengah dan bercita-cita kuliah di luar negeri? Pasti udah familiar banget sama TOEFL! TOEFL sendiri merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Sertifikatnya dibutuhkan ketika ingin memasuki universitas luar, mendaftar sebuah program tertentu, ataupun memerlukan lampiran sebagai persyaratan. Termasuk challenging, biasanya pelajar mempersiapkan tes dengan mengikuti bimbingan maupun mengerjakan TOEFL sample test yang mudah diakses di internet.

toefl sample test

Sumber: Unsplash

FYI, TOEFL terdiri dari bermacam-macam versi loh. Ada tiga jenis TOEFL dan semuanya memiliki nilai perhitungan serta skor yang berbeda. Ketiga jenis TOEFL tersebut yaitu PBT, CBT, dan iBT. Jenis TOEFL yang akan kamu perlukan untuk ‘menembus’ universitas luar adalah TOEFL iBT. Yup, jenis iBT (Internet-based Test) ini sudah digunakan untuk menggantikan TOEFL PBT sejak tahun 2005 yang lalu! Dalam TOEFL iBT, kemampuan reading, listening, speaking, dan writing kamu akan diuji. Oleh karena itu, kamu harus memahami TOEFL iBT dengan baik dan juga mempelajari soal-soalnya sebagai latihan. Untuk memperluas pemahamanmu, ini dia beberapa fakta mengenai TOEFL iBT:

1. Letak Fokus

TOEFL iBT lebih menekankan pada kemampuan Bahasa Inggris secara umum. Nggak terlalu in-depth pada grammar dan structure. Sederhananya, selama kemampuan berbahasa Inggrismu baik dan cukup luas, kamu bisa menyelesaikan tes ini dengan mudah!

2. Tantangan Tes dan Skornya

Ada jeda selama 10 menit antar sesi listening dan speaking. Kamu harus bisa mengatur strategi pengerjaan soal agar tetap tenang, nggak kehabisan waktu, dan dapat berpikir jernih serta cermat dalam menjawab dengan tepat. Skor umum rata-rata TOEFL iBT adalah 90-100. Jangan lupa untuk mengetahui standar skor yang diperlukan oleh program kuliah tujuanmu.

3. Perlu Disiapkan Jauh Hari

toefl sample test

Sumber: Freepik

Antriannya cukup nggak menentu. Kamu harus mendaftar dari jauh-jauh hari sebelumnya. Jika kamu ingin mendaftar saat ini, kemungkinan bisa memulai tes paling cepat 1-2 bulan kemudian. Bisa juga ketika lagi kosong dan nggak terlalu padat, kamu bisa mendapatkan slot di minggu depan! Nah, tinggal dari kamunya aja ingin menyesuaikan di waktu yang mana.

4. Masa Berlaku

Sertifikat TOEFL iBT berlaku selama 2 tahun setelah tanggal tes. Ingatlah dan digunakan sebaik mungkin sesuai kebutuhanmu ya! Hasil tes akan langsung diberikan kepada kamu sebagai peserta setelah 10 hingga 12 hari dari tanggal penyelenggaraan tes. Nggak hanya iBT, TOEFL lainnya juga bisa kadaluarsa karena ETS hanya ingin memberikan informasi akurat mengenai peserta tes kepada institusi pendidikan. Hal ini bertujuan memudahkan institusi untuk menentukan apakah peserta mampu mengikuti perkuliahan dengan kemampuan yang dimiliki.

5. Kuncinya = Banyak Latihan

Sumber: ETS

Semakin sering mengerjakan soal-soalnya, kamu akan ‘memahami’ pola, jenis, hingga pertanyaan yang akan muncul dalam tes. Latihan bisa membantumu untuk menjadi familiar dengan soal-soal iBT. Sekarang, belajar untuk mempersiapkan TOEFL makin gampang dan fleksibel loh. Kamu bisa menggunakan internet dan sebagai rekomendasi yang top, ETS bisa jadi platform berisi TOEFL sample test untuk belajar! Langsung dari lembaganya sendiri dan lagi… gratis tis tis!

Itulah beberapa fakta yang wajib banget kamu ketahui mengenai TOEFL iBT! Nah.. bagaimana dengan belajarnya? Selamat! Ada cara yang gampang dan kamu nggak perlu mengeluarkan biaya! Seperti yang dijelaskan dalam poin ke-5 di atas, kamu bisa mengakses ETS TOEFL iBT Practice Tests sebagai sarana belajar. Cuma butuh internet ‘kenceng’ dan mungkin buku catatan atau memo smartphone, kamu sudah bisa mempersiapkan TOEFL iBT secara matang. 

Bisa dilihat selain menggelar tes itu sendiri, ETS memudahkan peserta untuk belajar sebelum menghadapi tes! Mereka menyajikan TOEFL sample test atau yang bisa disebut latihan TOEFL secara online. Beberapa segmen ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Bagian terbaiknya, dua segmen soal TOEFL iBT yang gratis ini juga lengkap. Jadi sama-sama berkualitasnya kok! Agar lebih jelas, yuk lihat kedua bagian latihan gratis TOEFL iBT dari ETS berikut:

1. TOEFL iBT® Free Practice Test

Sumber: ETS

Free Practice Test menampilkan tes lengkap dengan semua 4 bagian kemampuan. Selain itu, pertanyaan yang ada di bagian ini juga berasal dari ujian asli TOEFL iBT sebelumnya. Dalam Free Practice Test kamu dapat melihat jawaban benar di bagian reading dan listening, mendengarkan tanggapan dari sample test speaking, sampai membaca sample writing

2. TOEFL iBT® Practice Sets

Selain Free Practice Test, kamu bisa menikmati Practice Sets! Bagian yang ini lebih beragam dan terbagi dalam kelompok. Ada Reading Practice Sets, Listening Practice Sets, Speaking Practice Sets, dan Writing Practice Sets. Kamu bisa mempelajari setiap kemampuan dan jadi lebih familiar dengan jenis pertanyaan yang sebenarnya. Kamu akan lebih mudah memahami bagaimana bagian tes terstruktur. Khusus untuk pertanyaan listening, speaking, dan writing tidak dilengkapi dengan audio. Namun, kamu masih bisa mengakses transkrip audionya yang sudah mereka sediakan.

Nah, itu dia kedua tes latihan gratis TOEFL iBT dari ETS yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar! Termasuk lengkap dan mudah untuk kamu akses bukan? Setelah sering latihan dalam mengerjakan soal, kamu pasti akan lebih terbiasa dan jadi ‘akrab’ dengan pertanyaan-pertanyaan yang ada! Selain latihan soal-soal, kamu juga bisa loh memperkuat persiapan dengan cara belajar lainnya.

Sumber: Unsplash

Cobalah untuk perbanyak membaca literatur berbahasa Inggris untuk memperkaya kosakata barumu. Cara ini dapat melatih otak dan daya pikir dalam mengenal kata, struktur, dan makna konteks keseluruhan bacaan saat membaca teks tersebut. Penting juga untuk membaca majalah, berita online, konten sosial media berbahasa Inggris, karya ilmiah, ataupun jenis tulisan formal lainnya. Dalam TOEFL iBT biasanya ada beberapa soal yang membahas topik pengetahuan umum. Ini dapat membantu memperluas wawasanmu dalam berbagai macam bidang seperti sains, budaya, politik, maupun ekonomi. Dengan begitu, pemahaman umum yang kamu miliki menjadi lebih kontekstual dan luas!

Yang terakhir, sering-seringlah mengerjakan soal latihan TOEFL untuk mengetahui titik lemah dan terkuatmu. Misalnya, kamu memerlukan effort lebih besar dalam memahami soal writing. Strateginya, lakukan prioritas pengerjaan soal. Jika cukup sulit, kamu bisa mengerjakan yang lain terlebih dahulu dan nantinya kembali ke soal tersebut. Usahakan nggak berkutat lama dan kedepannya tetap mengasah kemampuan menjawab dalam kategori soal yang kurang kamu kuasai. Dengan begitu, kamu bisa menyelesaikan tes TOEFL iBT secara maksimal dan bisa mendapatkan skor sesuai keinginan!

Bagaimana? Kamu sudah siap menghadapi TOEFL iBT?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.