SUN Education Study Club by Qatar Airways
24 Agustus 2021
Belajar dengan Alam ala "The Lord of The Rings" di Lincoln University
Belajar dengan Alam ala “The Lord of The Rings” di Lincoln University
25 Agustus 2021

Sebelum Kuliah di Luar Negeri, Perhatikan Cara Memilih Asuransi Kesehatan!

memilih asuransi kesehatan

Sumber: Pexels

Berkuliah di luar negeri akan membuatmu menghadapi banyak hal baru dan situasi yang berbeda. Kamu harus bisa mempersiapkan semua hal penting agar sesampainya disana nggak perlu bingung! Belum lagi, ‘amit-amit’, kalau kamu nggak enak badan atau sakit dan harus berobat, kamu wajib tahu harus kemana. Sebagai pendatang dari luar, akan ada persyaratan yang berbeda dan kamu harus menyesuaikan. Oleh karena itu, pastikan kamu siap finansial dan sebaiknya memilih asuransi kesehatan yang sesuai untukmu.

memilih asuransi kesehatan

Sumber: Pexels

Menjadi mahasiswa internasional, kamu perlu memperhatikan akses layanan kesehatan maupun asuransi kesehatan di negara tujuan. Terkadang, mahasiswa internasional bisa nggak memenuhi syarat untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis dari pemerintah negara. Kalau case nya seperti ini, kamu memerlukan asuransi kesehatan yang pastinya bisa nge-backup situasi medismu! Jadi sebelum berangkat, yuk ketahui dulu strategi penting memilih asuransi kesehatan yang tepat. Berikut ini caranya:

1. Memilih Asuransi Sendiri atau Bersama Universitas

memilih asuransi kesehatan

Sumber: Pexels

Ada universitas yang memiliki asuransi kesehatan dan biasanya mereka gabungkan dalam biaya studi yang akan kamu bayarkan. Ada juga universitas yang mewajibkan mu memilih asuransi kesehatan dari penyedia asuransi yang mereka tunjuk. Terkadang pula ada universitas yang membebaskanmu untuk membeli asuransi kesehatan sendiri. Jadi, pastikan apakah nantinya kamu menggunakan asuransi dari kampus maupun mandiri!

2. Pastikan Polis Asuransi Sesuai dengan Masa Studi

Biasanya asuransi kesehatan untuk pelajar internasional diperbarui hingga 5 tahun. Namun jika kamu mengambil program di bawah masa itu, misalnya program Master atau PhD, kamu juga bisa kok memilih alternatif lain. Seperti asuransi perjalanan yang ternyata menanggung biaya kesehatan serupa dengan asuransi kesehatan. Untuk ini, kamu bisa berkonsultasi dengan pihak universitas maupun konsultan pendidikan internasional agar mengetahui izin atau detail lengkap jika menggunakan asuransi pengganti tersebut. 

3. Cari Tahu Manfaat yang Didapatkan

memilih asuransi kesehatan

Sumber: Pexels

Ini adalah aspek yang penting banget dalam memilih asuransi kesehatan! Kalau ingin mendapatkan standar pelayanan kesehatan sesuai yang kamu inginkan dan butuhkan, coba breakdown satu-satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi yang akan kamu pilih. Mana yang di-cover, mana yang nggak. Beberapa yang penting adalah seperti biaya konsultasi dokter, penebusan obat, maupun rawat inap. Setelah itu bisa untuk kebutuhan kesehatan lainnya; misalnya, mata, kacamata baru, dan juga gigi. Pastikan kamu menggali info lengkap mengenai manfaat asuransi—terlebih untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu dapatkan.

4. Ketahui Biaya Apa Saja yang Harus Ditanggung Mandiri

Selain membayar biaya premi asuransi, ada kemungkinan lain kamu bisa mengeluarkan dana saat mengurus klaim asuransi. Ini bisa terjadi ketika kamu mengambil jenis polis asuransi dengan kebijakan copayment atau pembagian pembayaran layanan dan biaya pengobatan antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi. So, coba tanyakan info lengkap mengenai biaya diluar polis sebelum kamu memilih asuransi kesehatan ya. Biar kedepannya nggak kaget kalau-kalau harus merogoh kocek lagi.

5. Ketahui Kebijakan Asuransi

Sumber: Pexels

Karena ada bentuk perjanjian serta keterangan di dalamnya, kamu wajib mengetahui dengan jelas asuransi yang kamu ambil nantinya. Kenali dengan baik dan seksama kebijakan atau peraturan yang mereka miliki dalam beberapa hal, salah satu contohnya terkait pembatalan asuransi. Kalau suatu saat kamu berada dalam situasi yang membuatmu ingin membatalkan asuransi, hal ini berguna untuk mengetahui jika kamu memenuhi syarat atau nggak dalam berhenti membayar premi maupun menerima pengembalian uang. Dengan kejelasan, kamu jadi tahu deh apa yang bisa terjadi maupun kamu peroleh dalam memilih asuransi tersebut!

Nah, itu dia tips penting yang harus kamu perhatikan saat memilih asuransi kesehatan! Gimana? Udah siap jadi pelajar internasional dan merantau di negara impianmu?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.