12. Duolingo vs Linguaskill
22 Juli 2022
Bergmann Purba: Time Management Kunci Kuliah di Masa Pandemi
25 Juli 2022

Sherline: Berani Keluar dari Zona Nyaman untuk Belajar Setinggi-Tingginya

Berasal dari Jakarta, Sherline memilih pergi ke luar negeri untuk menimba ilmu setinggi-tingginya. Ia memilih Australia sebagai negara tujuannya. Menurutnya, Australia merupakan highly diversed country yang kerap melakukan inovasi ditambah dengan kualitas pendidikan yang dikenal sangat baik. Itulah alasan mengapa Sherline akhirnya memutuskan untuk mengepak tasnya dan memantapkan diri berkuliah di Negeri Kangguru ini

Saat ditanya tentang kampus yang dituju, Sherline dengan bangga menyebutkan University of Technology Sydney (UTS). Ia memilih mengambil Bachelor of Design and Visual Communication sebagai jurusan yang Ia pelajari. 

“Yang bikin aku enjoy kuliah di UTS ini adalah the classes are very small sekitar 20 siswa setiap kelas jadi terasa seperti SMA secara keseluruhan. Jadinya tutors tuh lebih fokus ke kita, lebih perhatiin ke kita jadi bisa memberikan individual feedback one on one.”

Membahas jurusan yang Sherline pelajari, Ia menjelaskan hal-hal yang disukainya. Mahasiswa tidak hanya belajar dari teori-teori yang didapatkan di buku atau Internet tapi juga didorong untuk mewujudkannya ke dalam desain yang sebenarnya. UTS memastikan ketika mahasiswanya lulus, semua karya yang mereka miliki dapat digunakan di dunia pekerjaan atau industri desain.

UTS is making sure semua yang kita lakukan akan ada commercial value as designer. That’s what I enjoy the most,” tutur Sherline.

Bagi Sherline, tantangan belajar visual communication adalah mahasiswanya dituntut untuk bisa menguasai semua disiplin desain. Sering disamakan dengan graphic design, Sherline memperjelas kalau visual communication sendiri terdapat graphic design, motion graphic, photography dan animation. Maka dari itu, mahasiswanya diwajibkan dapat menguasai elemen-elemen yang terdapat dalam visual communication ini.

“Jadi kita harus bisa semuanya dan terbiasa dengan media di bidang desain tersebut. Itu sih, yang menurutku menjadi tantangan sebagai visual communication student.

Sherline lalu lanjut menjelaskan apa saja keuntungan yang didapat saat menjadi mahasiswa internasional di kampusnya. Keuntungan yang dirasa adalah networking opportunity. Ia kini telah berteman dengan 33 mahasiswa/i dari 33 negara berbeda sehingga networking opportunity Sherline menjadi lebih bagus lagi.

Terakhir, Sherline memberikan tips untuk calon mahasiswa yang mau belajar ke Australia. Ia menyarankan untuk memanfaatkan waktu selama di SMA untuk banyak mengasah skill karena hampir semua orang yang ditemuinya telah mengantongi skill sebelum kuliah. Sesampainya di sana, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan yang datang dan cobalah keluar dari zona nyaman.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan