Konsultasi gaya hidup sehat
Mari Bedah Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Ilmu Gizi Yuk!
7 Juli 2022
Bangunan Kampus LJMU
Kuliah di Kota Tercantik di Inggris, Liverpool John Moores University
8 Juli 2022

Termasuk Jurusan Keren, Apa Sih Manfaat Kuliah Sinematografi?

jurusan sinematografi

Pernah nggak bisa move on dari beberapa scene film yang kamu tonton? Tos! Terkadang, selain jalan cerita dan pemain yang mendukung, sinematografi dari sebuah film bisa meninggalkan impression yang menarik dan nggak terlupakan. Itu karena dari sebuah film yang tercipta, banyak aspek yang diperhatikan dan memerlukan kolaborasi kreativitas yang luar biasa. Seperti halnya dari sisi sinematografi! Ternyata di dunia pendidikan, bidang ini juga digandrungi banyak peminat, lho. Saking bertumbuhnya industri perfilman, banyak dari mereka yang antusias mengambil perkuliahan di jurusan Sinematografi.

jurusan sinematografi

Jurusan Sinematografi sendiri merupakan ilmu dan teknik yang menggabungkan seni dan fotografi untuk mendapatkan hasil shot yang tepat. Film dengan sinematografi yang bagus tentunya memiliki teknik pengambilan gambar yang nggak main-main! Angle, efek, dan faktor lainnya jadi penentu besar dalam menghasilkan seni gambar yang mind blowing. Emang cukup menantang, sih. Tapi, jurusan keren ini punya keunggulan yang nggak bakal bikin kamu nyesel!

Ini dia manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kuliah di jurusan Sinematografi:

1. Eksplorasi Kreativitas Lebih Maksimal

Ide-ide menarikmu bakal berkesempatan untuk punya kehidupan di jurusan ini. Tiap hari kamu bakal berpikir bagaimana caranya supaya bisa out of the box. Intinya, kamu bisa mengeksplorasi sisi kreatifmu dalam perfilman sebanyak-banyaknya. Seru, kan? Mulai dari bagaimana cara menggunakan alat-alatnya, improvisasi angle, bahkan mempelajari seni dan sejarah. Bakal semangat karena kegiatan perkuliahannya yang anti-monoton!

2. Mengamati Sisi Indah dari Bioskop

jurusan sinematografi

Yes. Sebagai mahasiswa jurusan Sinematografi, kamu bisa menjelajahi berbagai genre film yang ada dalam bioskop. Dari action, drama, horor, seni, sampai film yang dibuat berdasarkan buku atau kisah nyata. Kesempatan ini bisa membantu kamu jadi lebih familiar dalam menemukan tema-tema cerita alternatif. Kamu bisa memiliki sense lebih dalam—pengambilan gambar seperti apa yang menarik, memberi pesan, atau mencuri perhatian penonton. 

3. Peluang Karir Menjanjikan

Berita baik! Jurusan ini akan membuka pintu karir yang luas untukmu. Soalnya, industri ini terus bertumbuh dan kamu kamu bakal membagun koneksi secara produktif dengan orang-orang kreatif yang ada di lapangan. Namun, kamu juga harus bisa menciptakan etos kerja yang kuat, menjadi problem-solver, dan terus mengasah kreativitasmu!

Sinematografi memang bukan sesimpel tentang lensa dan kamera. Kamu akan menyelami dua dunia: seni dan teknologi. Jadi, pastikan fondasi ini kuat saat kamu berkuliah nanti, ya! Kamu bisa memilih kampus dengan akreditasi baik dalam jurusan tersebut. Selain harus dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas memadai, kamu wajib banget belajar dari tenaga pengajar dan program yang worth dan capable.

Biar lebih mengenal, yuk simak beberapa rekomendasi kampus terbaik di dunia dengan jurusan Sinematografi di bawah ini:

New York Film Academy


Salah satu sekolah sinematografi terbaik di dunia, nih! New York Film Academy punya dua program sinematografi, yaitu One-Year Conservatory Cinematography dan MFA Cinematography. Kamu bisa pilih untuk mengambil program satu tahun atau menempuh jenjang Master-nya. Mereka menyediakan fasilitas sangat lengkap mulai dari kamera, lampu shooting, dan alat-alat yang berkaitan dengan sinematografi dalam perkuliahan nantinya.

Bournemouth University

Sudah pernah nonton Star Wars: The Rise of Skywalker dan Avengers: Endgame, kan? Beberapa yang terlibat dalam produksi film tersebut adalah lulusan dari kampus bergengsi ini, lho. Dalam jurusan Sinematografi Bournemouth, kamu bisa langsung belajar dari akademisi berpengalaman yang bakal membimbing secara progresif dan eksklusif untuk belajar di dunia perfilman yang kompetitif.

Goldsmiths University of London

Goldsmiths University of London menyajikan program MA Filmmaking (Cinematography) dengan lingkungan yang mendukung pembuatan film secara inovatif. Di sini kamu bakal belajar lewat hands-on workshop, studio film, dan proyek film kolaboratif bernilai produksi tinggi. Mulai dari penggunaan peralatan sinematografi sampai kelas Directing dan Editing. Definitely helps develop many filmmaking skills!

Nah, itu dia manfaat kuliah di jurusan Sinematografi plus rekomendasi kampus terbaik yang bisa kamu pilih. Keren, kan! Sudah siap merantau ke luar negeri dan belajar mengambil shot terbaikmu di balik layar film?

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerja sama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi GRATIS melalui Hotline di 0821 33 34 35 36 atau datang langsung ke kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Images Source:

– Unsplash
– Bournemouth University

 

Comments are closed.