bournemouth university
Cari Tahu Tentang Fakultas dan Program Studi di Bournemouth University, Yuk!
5 April 2021
bellevue college
Persiapkan Studimu ke Amerika di Bellevue College Washington!
7 April 2021

Tips Lancar TOEFL Tanpa Khawatir dengan Konversi Nilai!

Sumber: Unsplash

Siapapun yang ingin kuliah di luar negeri maupun mendaftar program yang mewajibkan sertifikasi kemampuan berbahasa Inggris pasti nggak asing lagi dengan yang namanya TOEFL! Tes ini diperlukan sebagai persyaratan masuk kuliah untuk hampir seluruh universitas di luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, maupun Australia. TOEFL sendiri merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language yang dibuat oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga di Amerika Serikat. Sebelum mengikuti tes, terkadang siswa mencoba belajar manual dengan latihan soal sendiri sembari menghitung konversi nilai TOEFL nya.

Ada tiga jenis TOEFL dan semuanya memiliki nilai perhitungan serta skor yang berbeda. Ketiga jenis TOEFL tersebut yaitu PBT, CBT, dan iBT. Dibanding khawatir ataupun bingung dengan konversi nilai TOEFL secara manual, ada baiknya kamu ‘lebih’ mempersiapkan dirimu dalam menghadapi tes nantinya. Umumnya TOEFL menghabiskan waktu sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian, yaitu; grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing. Sebelum itu, pastikan kamu memaksimalkan kemampuan dalam 3 poin penting tersebut! Berikut ini tips singkat namun jitu untuk kamu lakukan agar lancar TOEFL:

Perbanyak Membaca

konversi nilai toefl

Sumber: Unsplash

Cara yang satu ini penting untuk meningkatkan kemampuan reading serta penguasaan kata atau yang disebut dengan vocabulary. Membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris akan membuat kamu semakin familiar dengan bahasa tersebut! Daya pikirmu akan terlatih dalam mengenal kata, struktur, serta makna keseluruhan bacaan. Apalagi, membaca literatur berbahasa Inggris nggak hanya meningkatkan kemampuan reading saja. Ilmu pengetahuan umum mu akan meningkat dan itu bisa membantumu dalam TOEFL yang seringkali menyajikan soal dengan berbagai topik general.

Menonton Film atau Mendengarkan Audio Berbahasa Inggris

Menonton film ataupun mendengarkan lagu berbahasa Inggris merupakan cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan listening mu. Ini sih sudah terbukti hingga saat ini! Hayooo, sudah berapa lagu ataupun line dalam suatu film yang masih kamu hafal ataupun berbekas dipikiranmu saat ini? Pastinya banyak, bukan? Nah, cara yang satu ini nggak hanya jitu tapi juga menyenangkan karena sifatnya yang entertaining

Kamu dapat mendengarkan percakapan aktor atau lirik lagu secara langsung dan hal tersebut justru dapat meningkatkan kemampuan vocab dan pemahaman makna. Ketika kamu tidak memahami sebuah kata atau kalimat yang diucapkan, kamu pun bisa melihatnya dengan subtitle Bahasa Inggris dan cobalah untuk mencari artinya melalui kamus. Belajar menjadi dua arah dan nantinya kamu akan jadi lebih mudah saat harus menjumpai soal listening TOEFL.

Memahami Kelas Kata dan Vocab

Cara ini bertujuan untuk meningkatkan nilai structure dalam TOEFL mu. Kamu perlu mengetahui serta memahami pembagian kata yang ada dalam satu kalimat dalam soal structure, seperti subject atau verbnya. Kamu bisa mencari contoh soal TOEFL yang ada di internet ataupun melalui media lain. Dengan cara tersebut, kamu bisa berlatih dengan memahami teks atau passage  yang ada dalam soal latihan reading. Jika sudah memahami kelas kata, kamu akan lebih mudah mengerjakan bagian structure nantinya. 

konversi nilai toefl

Sumber: Unsplash

Nah, itu dia 3 tips singkat  yang bisa mulai kamu persiapkan jika tidak ingin bingung latihan manual dengan konversi nilai TOEFL! Perlu diingat bahwa semuanya nggak ada yang instan, alias  kamu harus konsisten dalam belajar agar dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Semua pasti butuh proses⁠—dan jangan terlalu mengkhawatirkan hasil akhir! Yakinlah bahwa kamu pasti bisa mengerjakannya dengan baik. Jika sulit berlatih sendiri, kamu bisa meminta bantuan dan dukungan teman ataupun tenaga pengajar profesional untuk belajar bersama.

Tetap semangat saat belajar dan semoga strategi jitu diatas dapat membantumu ya!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.