Murdoch Scholarships Promotion April – Mei 2021
1 Mei 2021
biaya kuliah teknik sipil
Bercita-cita Kuliah di Jurusan Teknik Sipil? Berikut Ini Perkiraan Biayanya!
3 Mei 2021

Ukur Tingkatan Kemampuan Bahasa Inggrismu dengan TOEFL, Yuk!

tingkatan toefl

Sumber: Unsplash

Globalisasi kian meningkat dan seluruh masyarakat dunia turut ‘menyeimbangkan langkah’. Kamu dituntut agar mampu mengikuti perkembangan inovasi dan memiliki keterampilan. Khususnya keterampilan berkomunikasi secara fasih dengan bahasa asing—yang satu ini nggak luput dari tuntutan ilmu yang wajib dikuasai! Kamu membutuhkannya baik untuk kepentingan sosial, studi, maupun pekerjaan. Contohnya, Bahasa Inggris sebagai bahasa global. Kamu sebagai pembicara yang bukan native harus menguasai tingkatan Bahasa Inggris dan untungnya di era sekarang kamu bisa mencari tahu hasilnya dengan sertifikasi TOEFL!

tingkatan toefl

Sumber: ETS

TOEFL adalah salah satu sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris yang cukup populer. Test of English as a Foreign English (TOEFL) ini diperlukan untuk memastikan bahwa tingkatan kemampuan dalam berbahasa Inggris kamu dinilai baik dalam berkomunikasi maupun mengikuti suatu kegiatan. Sebelum memahami seluk beluk TOEFL, ketahui dulu ‘level’ kelas Bahasa Inggris yang kamu miliki! “Sudah sampai dimana?” atau “Perlu ditingkatkan sampai yang mana ya?”. Nah, dibawah ini salah satu penjelasan 8 tingkatan Bahasa Inggris yang diterapkan di dunia:

1. Beginner

Beginner merupakan tingkatan pertama alias pemula dalam belajar Bahasa Inggris. Dalam tingkatan ini, kamu sebagai pelajar masih sangat awam, mencoba mengeksplorasi, dan bisa dikatakan belum mengerti Bahasa Inggris secara luas. Pembelajaran nya meliputi materi permulaan seperti huruf, angka, atau benda-benda umum. Biasanya yang berada dalam tingkatan ini adalah anak anak yang baru saja belajar Bahasa Inggris.

2. Elementary

Pada tingkatan Elementary, kamu bisa mulai memiliki sedikit pengetahuan Bahasa Inggris. Saat orang lain berbicara, kamu dapat memahami meskipun diucapkan secara perlahan dan santai. Dalam level Elementary pelajar dapat mencoba mengekspresikan apa yang dipikirkan serta mengutarakan dalam Bahasa Inggris sederhana.

3. Pre-Intermediate

Disini kamu dapat berkomunikasi dengan Bahasa Inggris sederhana dan mulai mengenal banyak kosakata serta kalimat. Kamu mulai mempelajari serta memahami sedikit tenses dan menerapkannya dalam percakapan.

4. Intermediate

Dalam tingkatan Intermediate, pelajar akhirnya mampu mencoba untuk menggunakan Bahasa Inggris beserta tenses dalam percakapannya! Grammar pun ditambahkan meskipun terkadang ada kesalahan dalam kosakata.

5. Upper-Intermediate

Lebih mahir dalam berkomunikasi? Pasti berada dalam tingkatan yang satu ini! Kamu cukup lancar berbicara bahasa Inggris dengan menggunakan tenses dan grammar yang baik meskipun terkadang masih ada kesalahan dalam pengaturan kalimat atau ucapannya.

6. Pre Advanced

Tingkatan Advanced sendiri masih terbagi dalam 3 kategori yang dimulai dari pre-advanced. Pada tingkatan ini pelajar memang sudah mahir dalam berbahasa Inggris meski terkadang masih membuat kesalahan grammar atau lawan bicara yang cukup kesulitan memahami yang diucapkan.

7. Advanced

Dalam tingkat Advanced pelajar sudah dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan lancar. Kosakatanya cukup banyak dan bahkan bisa berbicara dengan aksen Bahasa Inggris yang baik meski terkadang bisa juga bermasalah dengan variasi atau pilihan kosakata.

8. Upper Advanced

Upper Advanced adalah level tertinggi. Dalam tingkatan ini, kamu benar-benar mampu berkomunikasi dalam berbahasa Inggris dengan lancar. Mengerti dan memahami kosakata, tenses, serta grammar dengan sangat baik. Bahkan bahasan yang dibicarakan bisa dikategorikan sudah masuk ke dalam topik yang berat.

tingkatan toefl

Sumber: Unsplash

Itulah salah satu susunan level kelas bahasa Inggris yang biasanya dijadikan acuan! Sementara itu, perlu diingat kembali bahwa ada empat indikator penting Bahasa Inggris yang harus kamu kuasai. Kemampuan tersebut adalah speaking, listening, writing, hingga reading. Untuk mengetahui sejauh mana tingkatan kemampuan Bahasa Inggris yang kamu miliki, TOEFL adalah salah satu cara yang bisa kamu coba loh!

Durasi sertifikasi TOEFL menghabiskan waktu sekitar tiga jam dan memiliki empat bagian yang diuji. Grammar structure and written expression, listening comprehension, reading comprehension, dan writing. Dengan ‘paket lengkap’ tersebut, kamu bisa mengetahui kemampuan Bahasa Inggris sekaligus meningkatkannya. Sekarang TOEFL memiliki berbagai jenis tes yang dibedakan berdasarkan sistem penilaian, preferensi tes, dan tujuan. 

Beberapa jenis TOEFL yaitu PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), ITP (Institutional Testing Program), dan yang paling baru IBT (Internet Based Test). Masing-masing jenis tes tersebut tentunya memiliki karakteristik, acuan penilaian, dan rentang skor tersendiri. Pilihlah yang kamu butuhkan atau misalnya sesuai dengan keperluan persyaratan dalam sebuah pengajuan.

Selain dapat mengukur kemampuan Bahasa Inggris, sertifikasi TOEFL juga dapat kamu gunakan untuk kepentingan lainnya. Di Indonesia, TOEFL PBT dapat digunakan sebagai persyaratan pendaftaran pendidikan seperti sarjana, magister, hingga doktor dalam negeri. Kamu juga bisa melampirkan sertifikat PBT untuk melamar kerja. Sementara TOEFL iBT biasanya digunakan untuk mendaftar pendidikan di luar negeri seperti universitas di Eropa dan Amerika, melamar beasiswa, sampai nggak terkecuali melamar pekerjaan!

TOEFL adalah ujian yang cukup challenging. Sebelum menghadapi TOEFL, ada baiknya kamu menyiapkan diri serta kemampuan terlebih dahulu. Sebagai tips, berikut ini dua strategi belajar menarik dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sebelum tes:

a. Perbanyak Membaca!

Meningkatkan kemampuan reading serta penguasaan kata atau yang disebut dengan vocabulary bisa dilakukan dengan cara ini. Membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris akan membuat kamu semakin familiar dengan bahasa tersebut. Daya pikirmu akan terlatih dalam mengenal kata, struktur, serta makna keseluruhan bacaan. Apalagi, mengeksplorasi literatur berbahasa Inggris nggak hanya meningkatkan kemampuan reading saja. Kamu jadi bisa memperkaya ilmu pengetahuan umum dan itu bakal membantumu dalam TOEFL yang seringkali menyajikan soal dengan berbagai topik general.

b. Menonton Film atau Mendengarkan Audio Berbahasa Inggris

tingkatan toefl

Sumber: Unsplash

Seru banget kan kalau bisa belajar sekaligus refreshing? Menonton film ataupun mendengarkan lagu berbahasa Inggris merupakan cara ampuh dalam meningkatkan kemampuan listening. Coba deh diingat lagi, line lagu mana saja yang berbekas dalam ingatan kamu? Atau mungkin, scene dari film mana saja yang berkesan bagi kamu? Pastinya ada beberapa! 

Metode belajar yang satu ini terbilang menarik dan komprehensif. Kamu bisa mendengarkan percakapan sang aktor atau lirik lagu secara langsung dan secara bersamaan hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan vocab dan pemahaman makna. Dijamin kamu akan lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal listening TOEFL.

Nah, itu dia cara belajar menarik yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan diri untuk TOEFL. Setelah nanti hasil TOEFL keluar, kamu bisa tahu deh sejauh mana tingkatan kemampuanmu dalam Bahasa Inggris! Pastikan juga sebelumnya untuk latihan mengerjakan soal-soal TOEFL ya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui dimana titik lemah dan terkuatmu dan mencari cara dalam meningkatkannya.

Yuk tetap semangat dan lakukan semaksimal mungkin!

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya disini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Comments are closed.