Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?
Fakta Kehidupan Mahasiswa Kedokteran di Luar Negeri, Seperti Apa, Ya?
17 September 2021
Ini Dia 5 Universitas dengan Program S2 Arsitektur Terbaik di Dunia, Catat, Ya!
Ini Dia 5 Universitas dengan Program S2 Arsitektur Terbaik di Dunia, Catat, Ya!
21 September 2021

Mau Unggul Tes TOEFL iBT Speaking? Catat Tips Ini!

toefl ibt speaking

Source: Unsplash

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) merupakan sertifikasi yang menilai kemampuan berbahasa Inggris  oleh Educational Testing Service (ETS), lembaga yang berbasis di Amerika Serikat. TOEFL kerap menjadi salah satu jenis sertifikasi bahasa Inggris untuk keperluan studi luar negeri ataupun kelengkapan berkas pendaftaran hal lainnya. 

Secara umum TOEFL terbagi menjadi dua yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test). Perbedaan keduanya berdasarkan skor maksimalnya dengan 500-600 untuk TOEFL ITP dan 120 untuk TOEFL iBT.

Dalam tes TOEFL iBT kamu akan menghadapi empat segmen soal yaitu reading, listening, speaking, dan writing yang masing-masing memiliki skor maksimum 30. Teman-teman perlu ingat bahwa masa berlaku skornya hanya selama dua tahun saja ya! Kalau ternyata kamu membutuhkan sertifikat tersebut untuk mendaftar perkuliahan atau beasiswa dan masa berlakunya sudah kedaluwarsa, kamu harus ambil tes ulang kembali.

Dari empat segmen tersebut, bagian speaking dalam tes TOEFL iBT memang menjadi tantangan tersendiri. Nah, kali ini SUN Education akan membahas secara khusus soal TOEFL iBT speaking biar kamu nggak kesulitan!

Secara umum, tes TOEFL mengandung 36-56 soal reading dengan kurun waktu 60-80 menit, listening yang berlangsung dalam waktu 60-90 menit dengan menyelesaikan 34-51 soal, lalu istirahat selama 10 menit sebelum memasuki bagian speaking dan writing. Sementara itu dalam tes speaking, kamu punya waktu 20 menit untuk menjawab enam pertanyaan dan tes writing selama 50 menit untuk menulis dua esai. 

Ingin tahu gimana bisa unggul dalam tes TOEFL iBT speaking? Yuk, simak tips dari SUN Education di bawah ini!

Pahami Struktur Tes

Pertama, lihat struktur tesnya sehingga kamu tahu apa yang akan kamu hadapi. Soal dalam tes TOEFL iBT speaking dibagi menjadi dua tipe yaitu tipe Independent Speaking Task sebanyak dua soal dan Integrated Speaking Test sebanyak empat soal. Pada tipe soal pertama, kamu akan menceritakan tentang seseorang, tempat, atau objek berdasarkan pendapat atau pengalaman pribadimu.

Dalam Independent Speaking Task kamu diminta memberikan jawaban lisan berdurasi 45 detik dan kamu memiliki waktu 15 detik untuk mempersiapkan diri. Di sini, kamu perlu menunjukkan kemampuan berbicara dengan jelas dan logis tentang topik yang ada. Ide-ide yang kamu sampaikan pun harus berasal dari pengalaman pribadi.

Moving on! Integrated Speaking Test terdiri dari empat soal yang dibagi menjadi dua bagian. Pada soal 3-4 kamu akan membaca tulisan singkat yang mengandung 100-120 kata tentang suatu topik. Kemudian kamu akan mendengarkan deskripsi mengenai topik yang sama. Biasanya topik berisi bahan pembelajaran dosen di kelas. Kamu memiliki waktu 30 detik untuk mempersiapkan diri dan satu menit untuk mengidentifikasi informasi penting!

Sementara itu dalam soal 5 kamu akan mendengarkan percakapan sekitar 2-3 menit tentang topik tertentu, biasanya berhubungan dengan materi belajar di kampus. Dalam soal 6 kamu akan mendengar bagian dari kuliah akademis dengan durasi yang sama. Kemudian kamu memiliki 20 detik untuk mempersiapkan dan kemudian satu menit untuk berbicara tentang poin-poin utama dari soal yang baru kamu dengarkan.

Dalam dua soal terakhir, kamu hanya mendapat bagian mendengarkan yang cukup panjang. Untuk itu, lebih baik kamu mencatat saat mendengarkan agar nggak lupa dengan poin utama.

Perkaya Kosakata

toefl ibt speaking

Source: Unsplash

Memperkaya kosakata atau perbendaharaan kata adalah salah satu cara untuk menguasai suatu bahasa, tidak terkecuali untuk bahasa Inggris! Kalau kamu nggak familiar sama kosakatanya, gimana bisa berkomunikasi secara alami dalam bahasa tersebut? Untuk itu, kamu perlu memperkaya kosakata dengan cara menggunakan kosakata baru saat berbicara atau menulisnya agar melekat dalam ingatan.

Setiap kali kamu mempelajari kata baru, pastikan untuk tahu pengucapannya yang benar. Sebagian besar kamus online memiliki tanda kecil di sebelah definisi kata, klik itu untuk memeriksa pengucapan atau pelafalan dari kata-kata yang kamu pelajari.

Fun fact, rapper terkenal asal Amerika Serikat, Eminem, mengaku bahwa buku favoritnya adalah kamus bahasa Inggris! Sejak remaja, ia hobi membaca kamus untuk mencari kosakata aneh dan mencoba membuat kata itu berima. Maka dari itu, coba menemukan kata-kata bahasa Inggris baru demi memperkaya kosakatamu dan membantumu menghadapi tes TOEFL iBT speaking!

Catat Poin

toefl ibt speaking

Source: Unsplash

Untuk mempermudah kamu mempersiapkan jawaban selama tes TOEFL iBT speaking, kamu bisa mencatat poin-poin penting dalam bentuk kata yang perlu diingat. Hal ini bisa membantumu merangkai kalimat secara natural nantinya.

Mencatat menjadi kunci saat membaca dan mendengarkan dalam Integrated Speaking Test.  Jangan hanya terpaku mendengarkan saja karena ada bagian pertanyaan yang mengharuskan kamu untuk mendengarkan sebuah paragraf dibacakan. Karena waktu terbatas, kamu nggak bisa menuliskan seluruh kalimat. Biasakan mencatat dengan ringkas tanpa mengalihkan fokusmu dari apa yang kamu dengar.

Coba fokus pada kata-kata kunci saat membaca dan mendengarkan. Kata-kata kunci penting karena mereka merangkum ide-ide utama dari sebuah bacaan dan atau soal yang perlu kamu dengarkan.

Tetap Tenang

Remember to relax! Meskipun nggak mudah, usahakan untuk tetap tenang saat menjawab soal tes. Kalau kamu terburu-buru, itu justru akan mempengaruhi struktur grammar serta kejelasan pelafalanmu. Selain itu, dengan berusaha tetap tenang, jawabanmu akan terdengar lebih natural dan spontan.

Sering Berlatih

toefl ibt speaking

Source: Unsplash

Lastly, practice makes perfect! Jangan lupa terus berlatih dengan cara menggunakan bahasa Inggris secara aktif dalam keseharianmu. Semakin banyak latihan pasti akan membuatmu semakin mahir! Gimana caranya? Coba cari lawan bicara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama untuk memperlancar keahlian berbicaramu. Khususnya untuk tes TOEFL iBT speaking, coba berlatih menjawab soal dengan menggunakan timer.

Untuk merasakan pengalaman TOEFL iBT speaking, kamu juga wajib memperbanyak praktik atau latihan soal. Ini gunanya biar kamu bisa lebih familiar dengan soal-soal yang nantinya akan dihadapi. Sering berlatih seperti ini juga akan berkontribusi bagi poin sebelumnya yaitu membuatmu lebih terbiasa dan tetap tenang saat menghadapi tes sesungguhnya!

Salah satu cara ampuh dalam berlatih adalah untuk merekam percakapanmu dan mendengarkannya kembali berulang-ulang. Hal ini guna melihat apakah ada pelafalan atau grammar yang salah saat kamu berbicara. Misalnya ada kesalahan, kamu bisa ingat dan menghindari membuat kesalahan yang sama saat ujian.

Selain itu, kamu bisa meningkatkan kemampuan pelafalanmu dengan membaca secara keras atau mendengarkan tutur kata seorang native speaker kemudian mencoba menirunya. Tetapi ingat! Yang terpenting adalah ucapanmu bisa dimengerti, bukan harus terdengar persis seperti seorang native speaker.

Selain berlatih secara mandiri, kamu juga butuh bantuan profesional yang bisa memberikan nilai atau feedback dalam persiapanmu menghadapi tes TOEFL iBT. Nah, dalam hal ini pastinya tutor profesional bahasa Inggris di SUN English siap sedia dan bisa lebih dari membantumu dalam mempersiapkan diri! Ayo, daftarkan diri di SUN English secepatnya!

Itu dia tips-tips yang bisa SUN Education berikan untuk membantumu unggul dalam tes TOEFL iBT speaking. Pastinya dengan kemampuan dan usaha besar, anything is possible! 

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya di sini. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Tinggalkan Balasan